Home Metropolitan Pemprov DKI Hapus Denda dan Beri Diskon Pajak Bumi dan Kendaraan

Pemprov DKI Hapus Denda dan Beri Diskon Pajak Bumi dan Kendaraan

TELENEWS.ID – Para pelaku usaha di wilayah DKI Jakarta bisa bernafas lega karena Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan dua relaksasi atas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) umum untuk angkutan penumpang dan Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2).

Keputusan ini tercantum dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 115 Tahun 2020 tentang Pemberian Keringanan Pokok Pajak dan/atau Penghapusan Sanksi Administratif tahun pajak 2020.

Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta telah mensyahkan dan mengundangkan Pergub ini pada 14 Desember 2020 yang lalu.

Dalam Pergub Nomor 150 Tahun 2020 ayat 1, dinyatakan “Gubernur dapat menghapuskan sanksi administratif dan karena jabatannya dapat memberikan keringanan pajak setinggi-tingginya 50% (lima puluh persen) dari dasar pengenaan pajak atau pokok pajak berdasarkan pertimbangan atau keadaan tertentu antara lain kondisi perekonomian sedang resesi.”

Relaksasi pertama yang diberikan seperti yang terdapat dalam Bab II pasal 2 Pergub tersebut adalah memberikan potongan sebesar 50 persen dari pokok pajak untuk PKB dan 20 persen untuk PBB-P2, dengan syarat tidak ada tunggakan pada tahun sebelumnya.

Sedangkan relaksasi yang kedua adalah pemberian penghapusan sanksi admistratif atau denda sesuai dengan Bab III pasal 3.

Secara jelasnya isi pasal tersebut tertulis, “Terhadap sanksi administratif atas PBB-P2 dan PKB kendaraan bermotor umum yang digunakan untuk angkutan orang diberikan penghapusan secara jabatan untuk seluruh tahun Pajak,”

Pemberian relaksasi ini dimaksudkan untuk membantu peningkatan pemasukan para pelaku usaha karena adanya dampak dari pandemi Covid-19.

Penting untuk diingat bagi warga DKI Jakarta, relaksasi ini hanya berlaku untuk pembayaran sampai dengan 30 Desember 2020.

Hal yang serupa juga tengah diberikan oleh sejumlah Pemerintah Provinsi lainnya. Diantaranya ialah DIY, Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, Bali, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Riau, Aceh, Bengkulu, dan Papua Barat. Namun ada sedikit perbedaan dalam ketentuan dan jangka waktu pemberian insentifnya. (MG)

Baca juga :  Cegah Covid-19, Dinas Bina Marga DKI Pasang Wastafel di Kantor Dinas Teknis Jatibaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....