Home Metropolitan Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID – Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat sebesar Rp. 2,1 Triliun yang sedianya digunakan untuk pembangunan SPAM, atau Sistem Penyediaan Air Minum di Provinsi DKI Jakarta.

“Terima kasih kepada Kementerian PUPR yang memberikan bantuan awal berupa investasi awal sebesar Rp2,1 triliun untuk mengamankan SPAM hilir itu yang menjadi pusat kita,” kata Anies, dalam konferensi pers, Senin (3/1/2022) yang lalu.
Dengan adanya pembangunan SPAM ini, maka Pemprov DKI Jakarta menargetkan kebutuhan air dengan perpipaan 100 persen di tahun 2030 mendatang sehingga penyaluran air minum ke masyarakat bisa mencapai 100%.

Dilansir dari laman Kementerian PUPR, pembangunan SPAM ini menggunakan skema kerja sama antara Pemerintah dan Badan Usaha. Ada 2 SPAM yang dibangun yakni SPAM I yang meliputi regional Jatiluhur, dengan memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur. Sementara yang satunya lagi SPAM Karian-Serpong yang memanfaatkan air baku dari Bendungan Karian yang ada di Provinsi Banten.

Nantinya, SPAM I akan mendistribusikan pasokan air minum sebanyak 4750 liter/detik kepada 380.000 Sambungan Rumah yang ada di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat yang meliputi Kota dan Kabupaten Bekasi, dan juga Kabupaten Karawang.

Proyek pembangunan SPAM I ini diprakarsai oleh Konsorsium dari Manggala Pratama Tbk dan juga PT Wijaya Karya dan PT Tirta Gemah Ripah dengan nilai investasi mencapai angka 1,7 Triliun untuk masa 30 tahun kerja sama. Konstruksi tersebut sudah dimulai pada Januari 2022 dan direncanakan akan rampung pada bulan Juni tahun 2024 mendatang.

Sedangkan untuk SPAM Karian-Serpong dikerjakan oleh perusahaan swasta dengan Konsorsium Korea Water Resources Corporation, kemudian PT Adhi Karya, dan juga LG International. Proses tersebut melalui lelang yang dilaksanakan oleh Panitia Badan Usaha Pelaksana SPAM Regional.

Baca juga :  Kontroversi Penunjukan Jaya Konstruksi Manggala Sebagai Pemenang Tender Sirkuit Formula E

DKI Jakarta sendiri masih mengalami masalah air bersih, terutama untuk wilayah Jakarta Utara yang memiliki kontur wilayah yang lebih rendah. Selain itu, wilayah Jakarta Utara memiliki area yang dekat dengan laut sehingga warga di kawasan teluk Jakarta kesulitan untuk mendapatkan air bersih dari tanah.

Hal ini tentu saja menjadi tanggung jawab dari Pemprov DKI Jakarta dan PT PAM Jaya sudah diminta oleh Pemprov DKI untuk melakukan berbagai macam pekerjaan seperti misalnya melakukan perbaikan pipa yang mendistribusikan air kepada masyarakat di kawasan Teluk Jakarta.

Baca juga :  Sultan Sahroni: Memborong 1,2 M untuk Tiket Formula E

Pemprov DKI sendiri menargetkan 79,61 persen warganya mendapatkan akses air bersih pada tahun 2022 nanti. Data terbaru menyebutkan bahwa baru sekitar 65 persen warganya yang sudah menerima atau bisa mendapatkan akses air bersih. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...