Home Daerah Pemprov Sumut Jalin Kerja Sama di Bidang Pertanian dengan Belarusia

Pemprov Sumut Jalin Kerja Sama di Bidang Pertanian dengan Belarusia

TELENEWS.ID – Untuk memastikan potensi pertanian di daerahnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara akan menjalin kerja sama dengan Belarusia. Diantara yang jadi pembahasan adalah ekspor komoditas dan alat pertanian hingga pertukaran ilmu pengetahuan terkait teknologi pertanian.

Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah mengatakan, sampai kini sektor pertanian masih jadi andalan Pemprov Sumut untuk membangkitkan sektor ekonomi.

“Kita senang menyambut Belarusia, semoga dengan pertemuan ini akan ada peluang apakah barang atau komoditas Sumut yang bisa diekspor ke Belarusia,” kata Musa Rajekshah.

Sektor pertanian memang jadi andalan Pemprov Sumut, setidaknya ada 25 produk komoditi ekspor yang diekspor di keluar negeri. Ke-25 komoditas yang diekspor itu ialah ampas sawit, karet lembaran, karet lempengan, kayu karet, kulit kayu manis stik, tepung kulit kayu manis, kelapa parut, kopi biji, kopi instan, kopra, lidi, dan nipah.

Selanjutnya ada pinang biji, pinang bulat, RBD palm stearin, santan kelapa, teh, tembakau kering, keladi tikus, durian beku, kentang, lobak beku, kubis, tepung ubi jalar, serta ubi jalar beku. Komoditi pertanian itu diekspor ke-21 negar yang tersebar di beberapa negara Asia, Eropa, dan Timur Tengah.

Pada pertemuan yang berlangsung di ruang kerja wagub, Lantai 9, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, dia mengatakan, Sumut saat ini sedang terbuka lebar bagi investor untuk proyek infrastruktur. Diantaranya pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, Pelabuhan Kuala Tanjung, hingga destinasi wisata Danau Toba, Bukit Lawang dan Tangkahan.

“Kita juga sangat mendukung dan terbuka bagi para investor yang masuk ke Sumut, kami Pemprov Sumut sedang gencar mencari investor ke Sumut,” katanya.

Dia juga tertarik dengan kerja sama di bidang pendidikan. Terutama dengan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia yang ingin kuliah di Belarusia. Untuk itu, diperlukan beasiswa demi menunjang kerja sama di bidang pendidikan itu.

Baca juga :  Berebut Kursi Wawako Padang, PKS dan PAN Saling Usul Calon

Duta Besar Belarusia Valery Kolesnik mengaku tertarik dengan kerja sama di bidang pertanian. Pihaknya menawarkan ekspor pupuk ke Sumut. Belarusia, kata dia, juga dikenal sebagai salah satu negara produsen pupuk terbesar di dunia. Negara tersebut juga dikenal sebagai negara produsen alat pertanian seperti traktor dan lainnya.

Baca juga :  Jelang Lebaran, Pengunjung Pusat Perbelanjaan dan Pasar Tradisional di Bogor Naik 100%

“Ke Sumut, kami khusus melihat potensi pertanian, kami memiliki banyak produk pertanian, diharapkan kerja sama dapat ditingkatkan,” kata Valery. (Taufik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...