Home Olah Raga Pencetak Gol Tercepat dan Tertua Hiasi Drama Final EURO 2020

Pencetak Gol Tercepat dan Tertua Hiasi Drama Final EURO 2020

TELENEWS.ID – Tim nasional Italia sukses keluar sebagai juara EURO 2020 setelah menghentikan perlawanan tim nasional Inggris via adu tendangan penalti. Kedua tim memang bermain cukup alot di waktu normal sehingga laga berkesudahan 1-1. Di babak perpanjangan waktu pun kedua tim tidak bisa menambah gol sehingga laga harus berlanjut ke babak adu penalti.

Gianluigi Donnarumma menjadi pahlawan kemenangan Italia setelah sukses memblok sepakan Bukayo Saka yang menjadi penendang terakhir. Italia pun akhirnya berhasil meraih gelar keduanya di turnamen terbesar Eropa ini.

Namun ada secuil torehan sejarah yang ternyata muncul pada partai final ini. Kedua pencetak gol dari masing-masing tim, Luke Shaw (Inggris) dan Leonardo Bonucci (Italia) adalah pencetak gol tercepat dan tertua dalam sejarah laga final EURO.

Sang bek kiri mencetak gol tercepat ke laga final kejuaraan Eropa kala laga baru berjalan dua menit. Bek kiri Manchester United tersebut merangsek masuk ke kotak penalti lawan sebelum menghantam bola hasil umpan silang Kieran Trippier dari sisi kanan. Sepakan kaki kirinya tak bisa dihentikan oleh Donnarumma dan membawa tim asuhan Gareth Southgate tersebut unggul cepat. Shaw memang menjadi salah satu pemain kunci bagi perjalanan Inggris hingga menuju partai puncak.

Gol tersebut menjadi gol perdana di penampilan ke-16 nya bagi tim nasional. Gol yang tercatat di menit pertama dan detik ke-57 tersebut melampaui rekor sebelumnya yang dicetak oleh Chus Pereda (Spanyol) melawan Uni Soviet pada edisi 1964 lalu di menit ke-5 detik ke-4.

Gol tersebut juga menjadi yang tercepat bagi the Three Lions di sebuah laga Piala Eropa. Gol yang dicetak Shaw lebih cepat 17 detik dari gol yang dicetak oleh Alan Shearer ke gawang Jerman pada edisi 1996.

Baca juga :  Lolos ke Semifinal, Italia Harus Kehilangan Pemain Penting

Di pihak tim lawan, Leonardo Bonucci juga mencatatkan namanya dalam sejarah Piala Eropa ketika mencetak gol penyama kedudukan di laga final. Bonucci menjadi pemain tertua yang pernah mencetak gol di laga final Piala Eropa.

Bek tengah Juventus berusia 34 tahun 71 hari mencetak gol di menit ke-67 setelah memanfaatkan kemelut di mulut gawang Inggris. Gol tersebut pun menyelamatkan muka Italia hingga akhirnya berlanjut ke babak perpanjangan waktu.

Bonucci yang melakukan debut untuk tim nasional Azzurri pada tahun 2010 lalu menjadi pemain tertua kedua untuk tim asal Eropa yang pernah mencetak gol di turnamen besar. Sebelumnya Nils Leidholm (35 tahun 264 hari) menjadi pemain tertua yang mencetak gol bagi Swedia kala melawan Brazil di final Piala Dunia 1958.

Baca juga :  Eriksen, Denmark dan Perjuangan Tak Kenal Lelah di Euro

Bonucci juga menjadi pemain Italia yang paling sering tampil di gelaran Piala Eropa dengan 18 kali penampilan. Torehan tersebut melampaui pemegang rekor sebelumnya yaitu Gianluigi Buffon dengan 17 kali penampilan. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...