Home Internasional Pendudukan Taliban di Afghanistan, Blunder AS atau Strategi Biden?

Pendudukan Taliban di Afghanistan, Blunder AS atau Strategi Biden?

TELENEWS.ID – Taliban dikabarkan saat ini sudah menguasai Afghanistan dan sudah menduduki Istana Kepresidenan. Hal ini menandakan bahwa mereka kembali menguasai Afghanistan setelah pada tahun 2001 lalu mereka dipukul mundur dengan kedatangan tentara Amerika Serikat. Penguasaan Taliban atas Afghanistan terjadi setelah Amerika Serikat menarik semua pasukannya dari Negara tersebut pada tahun 2021 ini.

Amerika Serikat disebut melakukan kesalahan karena menarik pasukannya dari Afghanistan secara masif, padahal konflik masih terjadi di Negara tersebut. Badan Intelijen Amerika Serikat, CIA pernah memprediksi bahwa pemerintahan Afghanistan akan kolaps setidaknya 6 bulan setelah tentara Amerika pergi dari Negara tersebut. Apa yang diprediksi oleh CIA tersebut memang menjadi kenyataan bahkan terjadi lebih cepat.

Amerika mulai menarik pasukannya secara bertahap mulai awal bulan ini. Penarikan pasukan mereka terjadi secara cepat dan juga senyap, padahal tenggat waktu penarikan pasukan masih lama yakni pada tanggal 11 September 2021. Taliban tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini dengan mengambil alih beberapa kota dan provinsi di Afghanistan.

Amerika Serikat telah menghabiskan hamper 10 20 tahun di Afghanistan dengan anggaran yang mencapai triliunan Dollar. Namun, dengan penarikan pasukannya dari Afghanistan ini membuat Negara tersebut kembali bergejolak dan memakan banyak korban. Pasukan Afghanistan yang dilatih oleh NATO dan tentara Amerika Serikat tidak bisa berbuat banyak dalam menghadapi pasukan Taliban.

Hal ini menimbulkan banyak spekulasi diantaranya adalah Amerika Serikat kini mengalihkan focus mereka ke wilayah Asia Timur. Pasalnya, beberapa waktu terakhir ini pemerintah Amerika Serikat bersitegang dengan Korea Utara dan juga TIongkok. Selain itu, armada mereka kini ditempatkan di wilayah pasifik dengan membuat pangkalan militer di semenanjung Korea.

Baca juga :  Polemik Pesawat Kepresidenan: dari Anggaran Hingga Warna Pesawat

Amerika Serikat juga melaksanakan latihan militer dengan beberapa Negara yang ada di wilayah Pasifik TImur seperti misalnya Indonesia dan Korea Selatan. Hal ini menimbulkan polemik bahwa wilayah Pasifik di bagian Timur menjadi perhatian Joe Biden saat ini. (Latief)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...