Home Nasional Sosial Budaya Peneliti Ungkap Manusia Pertama Yang Meninggal Dunia Karena Wabah

Peneliti Ungkap Manusia Pertama Yang Meninggal Dunia Karena Wabah

TELENEWS.ID – Para peneliti berhasil mengidentifikasi manusia pertama yang meninggal dunia karena wabah penyakit. Hasilnya menunjukkan bahwa manusia tersebut meninggal sekitar 5.000 tahun lalu di Latvia.

Kemudian hasil penelitian juga mengungkap penyebab kematiannya adalah infeksi strain pertama wabah Black Death.

Wabah tersebut menyebar di benua Eropa sekitar tahun 1300an dan angka kematiannya sangat tinggi, bahkan bisa dibilang separuh populasi dunia yang terinfeksi meninggal dunia.

Salah satu peneliti bernama Dr Ben Krause-Kyora dari dari University of Kiel, Jerman, mengatakan bahwa jasad yang disebutkan di atas ditemukan terkubur bersama tiga jasad lainnya di dekat sungai Salac di Latvia, dan sampai saat ini, diidentifikasi sebagai korban wabah tertua.

Para peneliti kemudian memeriksa DNA keempat individu yang terdiri dari tulang dan gigi, lalu mengujinya untuk mengetahui apakah terdapat jejak bakteri dan virus.

Hasilnya pun mengejutkan karena salah satu jasad terinfeksi oleh strain Black Death, yaitu bakteri bernama Yersinia pestis.

Dr Ben menjelaskan bahwa kemungkinan besar korban tersebut digigit oleh tikus yang membawa Yersinia pestis sehingga menyebabkan infeksi dan meninggal dunia.

Para peneliti menyebutkan 7000 tahun yang lalu sudah mulai muncul strain kuno dari Black Death, saat aktivitas pertanian mulai marak di area Eropa tengah dan bakteri yang ada sudah berpindah dari hewan ke manusia tanpa menimbulkan wabah dalam skala besar.

Beberapa waktu setelahnya, bakteri itu berkembang semakin kuat dan menginfeksi manusia hingga terjadi wabah Black Death yang mengakibatkan jutaan orang meninggal dunia. (Dhe)

Baca juga :  Ide-Ide Menarik Rayakan Lebaran di Rumah Saja Tanpa Mudik
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...