Home Gaya hidup Penelitian Ini Ungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Aroma Parfum Favoritnya

Penelitian Ini Ungkap Kepribadian Seseorang Berdasarkan Aroma Parfum Favoritnya

TELENEWS.ID – Sebagian besar orang tentu kerap memakai parfum untuk menunjang penampilannya agar tetap harum dan terhindar dari bau tak sedap yang membuat tak percaya diri.

Namun selain untuk menjaga penampilan, ternyata pilihan terhadap aroma parfum favorit yang dipakai sehari-hari juga dapat menggambarkan kepribadian diri seseorang.

Temuan ini diungkapkan oleh seorang peneliti aroma, Alan R. Hirsch, MD, yang melakukan tes kepribadian kepada 18.631 orang, lalu membandingkan hasilnya dengan preferensi aroma dan rasa peserta.

“Ini pada dasarnya seperti tes psikologi Rorschach yang menggunakan preferensi aroma,” ujarnya.

Hasil temuan ini juga memiliki implikasi yang besar terhadap orang-orang untuk dapat memahami dengan lebih baik apa yang mereka sukai. Misalnya ketika sedang berkencan, kepribadian pasangan dapat diketahui dengan mencium aroma parfum yang dipakainya.

“Sering kali pada kencan pertama, orang tidak menunjukkan sifat aslinya dan cenderung berperilaku sebaik mungkin,” jelasnya.

Meskipun tak selalu akurat, namun temuan ini bisa membuat kita mendapatkan gambaran yang baik agar bisa memahami bagaimana kepribadian seseorang.

Berdasarkan temuan Hirsch, inilah berbagai jenis wewangian yang digemari seseorang sesuai dengan kepribadiannya.

  1. Pecinta Aroma Mawar, Penuh Pertimbangan

Hirsch mengungkapkan, orang yang memilih aroma mawar pada parfum favoritnya, biasanya sangat mawas diri, berhati-hati dan peka terhadap apa yang dibutuhkan orang lain.

Mereka cenderung klasik, penuh kelembutan, dan mempertimbangkan apapun dengan matang sebelum membuat sebuah keputusan.

Pecinta aroma mawar bahkan akan meluangkan waktu untuk merenungkan keputusan sebelum langsung terjun mengambil sebuah tindakan.

Mereka yang menyukai wewangian beraroma mawar biasanya hanya memiliki sedikit penyesalan dalam hidupnya.

  1. Penyuka Aroma Buah Adalah Orang yang Moody

Yang terbayang dalam benak seseorang terhadap pecinta parfum beraroma buah mungkin merupakan orang yang manis, semanis aromanya. Namun ternyata tidak demikian.

“Mereka cenderung lebih mudah tersinggung, rewel, dan pesimis,” terangnya.

Jika Anda menyukai apa pun yang beraroma beri, apel, atau buah-buahan tropis, mungkin Anda salah satu di antaranya. Pecinta aroma buah dikatakan cenderung sinis dan mudah kesal, bahkan lebih melihat kesalahan dalam suatu hal.

Jika memang benar demikian, Anda mungkin harus berusaha menghilangkan sifat moody, agar tidak terisolasi dari orang sekitar.

  1. Pecinta Aroma Citrus, Si Pemimpin

Jika Anda menyukai aroma citrus atau jeruk yang segar, maka Anda merupakan orang yang cenderung suka memimpin di dalam suatu kelompok. Aroma citrus sendiri digambarkan sebagai semangat yang tinggi dan gairah yang segar, namun ringan.

“Kebanyakan penyuka aroma citrus adalah orang yang ambisius secara alami. Mereka mungkin dianggap dominan dan agresif, namun sekaligus suka memimpin,” terang Hirsch.

Meskipun demikian, menjadi orang yang suka memimpin di tempat kerja tidak salah dan tidak berpengaruh terhadap kehidupan percintaan. Akan tetapi, pastikan juga untuk tidak terlalu kecewa jika Anda tidak mendapatkan apa yang diinginkan.

  1. Pecinta Aroma Vanilla, Pribadi yang Energik

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa orang yang penyuka aroma vanila itu cenderung datar dan memiliki kepribadian yang tenang seperti vanila, tapi ternyata sebaliknya. Pecinta aroma vanila kebanyakan adalah orang yang lincah, energik, menyukai pesta. Mereka jauh dari vanila yang kebanyakan orang bayangkan akan kelembutannya.

“Ini kebalikan dari apa yang dipikirkan karena mereka sangat menyenangkan,” ungkapnya.

Apabila Anda mencium aroma vanila yang hangat dan langsung menyukainya, maka besar kemungkinan Anda merupakan orang yang tahu bagaimana cara bersenang-senang.

Baca juga :  Lianhua Qingwen, Obat Herbal China, Benarkah Dapat Menangkal Covid-19?

Berdiam di rumah pada akhir pekan dengan secangkir teh atau kopi, bukanlah hal yang menyenangkan, karena Anda lebih menyukai menghabiskan waktu bersama-sama di tempat yang ramai.

  1. Pemakai Aroma Floral, Orang yang Stabil

Aroma Gardenia atau Floral kerap dikaitkan dengan kesegaran kebun bunga, yang memiliki berbagai wangi aroma bunga-bungaan.

Penikmat wangi floral cenderung merupakan orang yang stabil, tenang, dan mencintai kehidupan.
Mereka umumnya dapat diandalkan dan menjadi panutan bagi orang lain, dapat bekerjasama, dan menyenangkan.

Mereka juga lebih suka berada dalam hubungan jangka panjang yang nyaman daripada menanggung ketidakpastian atau kekecewaan karena buru-buru jatuh cinta.

Pecinta wangi gardenia umumnya bisa mempertahankan persahabatan dan tidak pernah kehilangan kontak teman-teman, meskipun sudah berjarak secara fisik.

  1. Penggemar Aroma Cendana, Pribadi yang Perfeksionis

Jika Anda tertarik pada parfum dengan aroma kayu cendana, kemungkinan Anda termasuk orang yang perfeksionis.

Aroma cendana terasa berat, kuat, dan dalam. Pecinta cendana umumnya ingin mencapai sesuatu yang terbaik dengan penuh pemikiran.

Baca juga :  Bisa Bikin Sakit Kepala, Kenali Tanda Kamu Memakai Bra dengan Ukuran yang Kurang Tepat

Selain itu, aroma kayu juga dikaitkan dengan kepribadian yang bersemangat namun bijak, sehingga mereka lebih unggul, baik dalam akademisi maupun dalam karir.

“Pencinta cendana biasanya memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap diri sendiri dan orang lain. Mereka sangat kritis, mudah tersinggung oleh komentar fisik, dan dapat salah menafsirkan apa yang orang lain katakan tentang mereka,” jelasnya lagi.

Hirsch kemudiam menganjurkan agar pecinta kayu cendana lebih rileks menghadapi hidup dan tidak terlalu terpengaruh pada ucapan orang lain.

  1. Penyuka Aroma Lavender Merupakan Teman yang Baik

Sebagian besar orang rasanya setuju, bahwa Lavender adalah aroma yang memberi kehangatan. Apabila Anda suka memakai wewangian beraroma lavender, kemungkinan Anda adalah pribadi hangat yang memiliki banyak teman.

Kebanyakan orang menganggap Anda mudah dalam bergaul, hal itu menyebabkan Anda bisa dijadikan teman baik bagi siapapun.

“Orang yang suka lavender cenderung menghargai persahabatan dan bekerja dengan baik dalam kelompok. Mereka dianggap kontemplatif dan bijaksana,” kata Hirsch.

  1. Penggemar Linen, Suka Terhadap Tantangan

Linen merupakan campuran aroma dari wangi lemon, bergamot, mawar, melati, dan musk, yang menghasilkan aroma yang segar dan bersih.

Jika Anda pencinta wangi linen, maka kemungkinan besar Anda merupakan seseorang yang suka terhadap sesuatu yang menantang.

Anda senang berlatih untuk mencapai sesuatu yang luar biasa, namun tak pernah merasa cukup dengan tes fisik dan mental, karena Anda menikmati sesuatu yang mendorong batas kemampuannya dan percaya segalanya dapat dicapai dengan usaha yang keras.

“Pencinta aroma linen biasanya berorientasi pada aksi. Mereka menikmati tantangan fisik dan mental,” ujar Hirsch.

“Mereka cenderung percaya diri, intuitif, berorientasi pada tujuan, dan selalu memegang kendali,” lanjutnya.

  1. Pecinta Aroma Melati, Cenderung Liar

Aroma melati memang terasa mewah, sensual, dan terkesan menggoda. Penggemar aroma bunga melati atau jasmine memiliki kemiripan dengan penggemar aroma vanila, namun mereka selangkah lebih maju dalam mengambil kesenangan.

“Pencinta wangi jasmine, umumnya menyukai hal baru dan menikmati petualangan yang menarik,” jelasnya.

Pada umumnya, mereka tipe orang yang provokatif, suka bersenang-senang, dan banyak menghabiskan banyak waktu di luar rumah.

Itulah beberapa tipe kepribadian yang dapat dilihat dari aroma parfum favoritnya. Manakah aroma favorit yang menggambarkan kepribadian Anda?. (Hifziyah).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...