Home Internasional Penemu Wikipedia Klaim Situsnya Kini Tidak Bisa Dipercaya

Penemu Wikipedia Klaim Situsnya Kini Tidak Bisa Dipercaya

TELENEWS.ID – Sebuah pernyataan mengejutkan disampaikan oleh salah satu pendiri Wikipedia, Larry Sanger. Pria asal Washington, Amerika Serikat itu menyebut situs buatannya sangat bias dan tak bisa dipercaya saat ini.

Hal tersebut diungkap dalam sebuah wawancara televisi hari Rabu (21 Juli) kemarin. Dilansir dari media News.com Australia, Larry menyebut pada awalnya Wikipedia didirikan tahun 2001 dengan semangat netralitas yang tinggi.

Namun kini, situs tersebut sudah digunakan banyak oknum sebagai sarana propaganda. Bahkan untuk urusan politik, Wikipedia telah resmi memblokir pandangan kaum konservatif dan mereka yang lebih berhaluan kiri.

“Anda tidak bisa mengutip Fox News untuk isu sosial politik, pasti akan di-banned. Kalau tidak ada di media mainstream kiri-tengah, maka tidak akan ada di Wikipedia,” tutur Larry blak-blakan. 

Lebih lanjut, Larry juga menyatakan bahwa keberagaman pendapat sudah mulai sirna di Wikipedia saat ini, dan diganti dengan pandangan yang lebih seragam. Ia mengklaim ada kekuatan politik tertentu yang mencoba mengubah Wikipedia menjadi kebenaran satu versi semata. 

“Dan mereka melakukan itu. Permainan rumit, besar, dan jahat di balik layar untuk membuat sebuah artikel mengatakan apa yang mereka ingin katakan,” cetus dia.

Sejumlah perusahaan Public Relation, diklaim Larry, secara spesifik berusaha mendongkrak nama baik klien mereka dengan menuliskan biografi sang klien sebaik-baiknya di Wikipedia. Ia mencontohkan Presiden AS, Joe Biden, dan juga COVID-19.

Untuk Joe Biden, Larry menyebut bahwa isinya semua positif dan tidak ada sudut pandang kritis dari kubu Partai Republik. Skandal politik terkait Biden juga ditulis pendek saja, terkesan dikecil-kecilkan meskipun perkaranya besar.

Kemudian untuk urusan COVID-19 di Amerika, Larry menyebut bahwa laman Wikipedianya saat ini hanya memuat pendapat dari sosok pro-pemerintah saja seperti Dr. Anthony Fauci, sementara pendapat dari para dokter kredibel dan pemenang Nobel lainnya seolah tidak diindahkan dan lenyap begitu saja.

Baca juga :  Selalu Jadi Rujukan Informasi di Internet, Inilah Sederet Fakta Wikipedia

“Bukan cuma tidak disambut di Wikipedia, mereka juga disensor di YouTube dan kadang Facebook dan Twitter karena narasi mereka berlawanan,” keluh Larry.

Meskipun demikian, Larry pun mengaku dirinya masih sangat berhaluan kanan (Libertarian Conservative) dalam wawancara tersebut. Ia juga tidak menjelaskan apakah Wikipedia hanya bias pada konteks Amerika semata atau memang terhadap isu dari seluruh dunia. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...