Home Nasional Pengamat :Gejolak Sosial Akan Terjadi Jika Pemerintah Tidak Menjamin Kehidupan Masyarakat Yang...

Pengamat :Gejolak Sosial Akan Terjadi Jika Pemerintah Tidak Menjamin Kehidupan Masyarakat Yang Tedampak Covid -19

TELENEWS. id, Direktur Eksekutif, Center of Energy and Resources Indonesia (CERI), Yusri Usman menilai para kepala daerah dipilih oleh rakyat bukan oleh Presiden, meskipun menurut UU nomor 6 tahun 2018 tentang karantina kesehatan bahwa status karantina wilayah merupakan keputusan pemerintah pusat.

Yusri mengatakan langkah pemerintah daerah melakukan lockdown merupakan sikap tegas yang harus diambil oleh kepala daerah dalam mencegah penyebaran Covid-19 yang telah mengancam warganya.

“Mungkin saja beberapa kepala daerah baik Gubernur, Bupati dan walikota lebih cepat bersikap menutup wilayah dari dampak penyebaran covid 19, tentu karena pemerintah pusat lambat dan kurang tegas menyikapi keresahan didaerah daerah yang infrastruktur kesehatan nya masih serba terbatas, bagaimana mungkin dokter dan perawat medis dijadikan garda didepan tanpa perlindungan diri yang memenuhi standar WHO” kata Yusri kepada telenews.id, Senin (30/3/2020).

Namun saat ditanya soal adanya gejolak sosial ditengah akibat wabah Covid-19, ia menyebutkan gejolak sosial akan terjadi apabila pemerintah pusat tidak mampu memberikan jaminan hidup seperti diatur dalam pasal 55 UU nomor 6 tahun 2018 kalau status karantina wilayah diberlakukan.

“Bisa saja gejolak sosial terjadi kepada masyarakat kalau pemerintah tidak serius memberikan jaminan hidup seperti kebutuhan masyarakat karena kondisi ekonomi yang tidak stabil dan berlakunya lockdown , ” ujarnya.

Selain itu juga gejolak sosial akan terjadi jika pemerintah tidak perhatikan nasib pekerja informal yang kehilangan penghasilan karena pemberlakuan karantina tersebut.

Diketahui, sebelumnya beberapa daerah telah melakukan lockdown sebagai pencegahan penyebaran Covid-19. Pemerintah daerah yang telah melakukan lockdown diantaranya. Kota Tegal, Tasikmalaya, Papua dan beberapa kota lainnya.






Baca juga :  Innalillahi, Ibunda Presiden Jokowi Meninggal Dunia di Solo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Agar Tak Salah Pilih, Pertimbangkan 5 Faktor Ini Dulu Sebelum Membeli Tote Bag!

TELENEWS.ID - Praktis, simpel, dan memiliki banyak desain menjadikan tote bag sebagai pilihan banyak orang. Belakangan ini tas jinjing atau tote bag...

Belajar Dari Marshanda, Lakukan 5 Hal Ini untuk Membantu Teman yang Mengalami Masalah Kesehatan Mental

TELENEWS.ID - Artis Marshanda dikabarkan menghilang saat sedang berada di Los Angeles, Amerika Serikat. Hal ini diketahui saat salah satu teman Caca,...

Arumi Bachsin Dituding Menolak Bersalaman, Ternyata Ada Risiko Kesehatan Dibalik Kebiasaan Berjabat Tangan

TELENEWS.ID - Artis sekaligus istri wakil gubernur Jawa Timur, Arumi Bachsin menjadi sorotan warga net. Pasalnya beredar video yang menunjukkan bahwa istri...

Hati-hati, Inilah Minuman yang Meningkatkan Risiko Kanker Prostat pada Pria!

TELENEWS.ID - Salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti oleh pria adalah kanker prostat. Dikenal sebagai silent killer atau pembunuh diam-diam, kanker...