Home Nasional Pengamat Kebijakan : Pemerintah Harus Sampaikan Keringan Kredit ke Publik Secara Terbuka

Pengamat Kebijakan : Pemerintah Harus Sampaikan Keringan Kredit ke Publik Secara Terbuka

TELENEWS.id, JAKARTA – Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan relaksasi kredit kepada masyarakat yang secara ekonomi terkena dampak virus corona atau covid-19 ramai menjadi pertanyaan publik. Sebagian masyarakat mulai menanyakan, bahkan meminta kepada perusahaan pembiayaan atau multifinance (leasing) untuk mendapatkan keringanan tersebut

Menanggapi hal tersebut, Syafril Sjofyan, Pemerhati Kebijakan Publik Dan Aktivis Pergerakan 77-78, menilai Presiden Joko Widodo terkesan terburu dalam menyampaikan kebijakan terkait keringan kredit bagi masyarakat yang pekerja informal, UMKM dan Ojek Online (Ojol) yang terdampak pandemi Covid -19.

“Presiden Jokowi ketika beliau anggap ini kebijakan yang bagus  untuk pencitraan buru- buru langsung menyampaikan ke media bahwa ada penundaan kredit selama setahun, tanpa adanya kesiapan di lapisan bawah dari pihak Lembaga Keuangan ataupun leasing. Jika diumumkan langsung oleh Presiden liputan media sangat luas sehingga Masyarakat luas mengetahui.,” kata Syafril kepada telenews.id, Jumat (3/4/2020).


Syafril mengatakan, seharusnya cukup diumumkan oleh Menteri Keuangan dengan memanggil Lembaga Keuangan/Bank dan Leasing tentang kebijakan tersebut. Sehingga masyarakat tidak menjadi bingung atas kebijakan tersebut.

Sehingga dipahami oleh pihak bank/Lembaga Keuangan dan mereka bisa langsung eksekusi, tidak seperti sekarang bank pelat merah dan swasta ramai – ramai, membuat pengumuman bahwa tetap harus bayar cicilan, sehingga yang malu Pak Presiden juga,” katanya. 

 Namun kata dia, sebaiknya Presiden Jokowi hentikan pernyataan untuk populeritas ,karena beliau sudah dua periode, tidak lagi bisa ikut Pilpres. Jika setiap yang diumumkan beliau akhirnya bermasalah dilapangan.

” Kasihan rakyat kecil sudah diberi harapan lalu bermasalah dan akhir nya mereka merana. Dalam salah tulisan di media, saya pernah utarakan jangan pakai ilmu kodok begitu ingat langsung lompat,” krtitiknya. 

Baca juga :  Redam Corona, Ridwan Kamil Minta Pemkot Bekasi Tutup Perkantoran Sementara


Sebelumnya,  Salah satu driver ojek online Ojol)  Sardi (37) warga  Pisang Batu , Pangeran Jayakarta, Jakarta Pusat, mengatakan hingga saat ini, cicilan motor masih ditagih oleh pihak leasing. Meskipun telah ada pengumuman dari Presiden Jokowi bahwa pekerja informal seperti dirver ojol dapat diberikan keringan kredit motor yang digunakannya. 


“Ya saya masih ditanyain tagihan cicilan motor,  jadi sayabmau tanya kenapa masih ditagih cicilan motor walaupun sudah ada pengumuman dari pemerintah soal keringanan, ” kata Sardi kepada telenews.id , Jumat (3/4/2020).


Sardi mengungkapkan,  dirinya merasa bingung dengan sikap pemerintah dengan menyatakan bahwa dirver ojol diberikan keringanan,  tetapi faktanya sampai saat ini pihaknya masih dikejar pihak leasing. 

Sementara itu dalam kesempatan lainnya,  salah pekerja driver ojol,  Agun warga Cilincing,  Jakarta Utara,  menyebutkan di tengah kondisi wabah Cobid-19 para driver ojol mengalami kesulitan mendapatkan penumpang dan penghasilan setiap hari yang di dapat mengalami penurunan dratis. 


“Ya sekarang karena ada pandemi Covid-19 semua penumpang sepi dan orderan semakin menurun, ” kata Agun. 

Baca juga :  PT KAI batalkan 28 Perjalanan Jarak Jauh 1 April hingga 1 Mei 2020


Agun mengungkapkan,  sepinya penumpang akan berdampak pada peghasilan atau perekonomian.” Kalau sudah sepi begini penumpang , maka penghasilan kita juga berkurang dan kami seperti pekerja ojol semakin sulit mendapatkan uang untuk makan,  dan penuhi biaya hidup anak,  istri, ” jelasnya. 

Ia juga mengeluhkan lambatnya pemerintah dalam mengambil langkah terkait memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 ini. 

“Sampai saat ini kita belum dapat bantuan dari pemerintah pusat dan daerah, ” ucapnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...