Home Nasional Hukum Pengamat : Masyarakat Harus Waspada Tindakan Kriminal dan Teroris di Tengah Pandemi...

Pengamat : Masyarakat Harus Waspada Tindakan Kriminal dan Teroris di Tengah Pandemi Covid-19

TELENEWS.id, JAKARTA – Pengamat Intelijen Ridwan Habib mengatakan, kondisi perekononomian masyarakat ikut terdampak akibat adanya pandemi Covid -19, namun masyarakat juga harus waspada dengan kemungkinan adanya kejahatan dan kriminalitas. 

Ridwan menjelaskan,  semua elemen masyarakat harus waspada dengan adanya kemungkina n munculnya efek negatif tersebut. Selain adanya tindakan kriminalitas, kemungkinan adanya teroris. 

“Semua harus waspada,  karena situasi sulit dapat memicu kejahatan,  termasuk tindakan terorisme, ” kata Ridwan dalam keterangan tertulis kepada media, Selasa (7/4/2020).

Dia menjelaskan,  aparat keamanan tidak boleh lengaj selama masih adanya pandemi Covid-19 di tanah air. 

Ia menegaskan,  pengamanan objek vital harus tetap dijaga sebagai bentuk antisipasi  hal yang tidak diinginkan. 

Menurut dia,  Densus 88 Mabes Polri membongkar jaringan terorisme Jamaag Ansharut Daulah (JAD) di Batang,  Jawa Tengah,  pada akhir Maret lalu. Satu dari jaringan terorisme tersebut tewaa usai berusaha melawan petugas. 

“Kondisi situasi panik  menhadapi pandemi aparat keamanan harus tetap waspada pada pontensi terorisme dan radikalisme esktrim, ” ucapnya. 

Namun,  Ridwan mengungkapkan perihal 30 ribu tahanan yang dibebaskan sebagai bentuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di lembaga pemasyarakatan. 

Ridwan juga menjelaskan,  perihal 30 ribu tahanan yang dibebaskan sebagai bentuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di lembaga pemasyarakatan. 

Meskipun pembebasan ribuan tahanan dilakukan dengan proses yang ketat akan tetapi harus tetap diwaspadai. 

Dia menegaskan bahwa lingkungan rutan menjadi ladang perekrutan bagi kelompok teroris. Seperti kasus Bom Thamrin,  dimana pelaku eksekutor pengembomannya adalah napi kasus curanmor yang direkrut oleh JAD. 

“Ancaman terorisme dan radikalisme esktrim juga harus menjadi perhatian disamping upaya pemerintah mengatasi wabah corona, ” imbuhnya. 

Baca juga :  Cegah Covid-19, Gubernur Bali Minta Desa Adat dijadikan sebagai pengendalian di Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...