Home Gaya hidup Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19

Pentingnya Olahraga Bagi Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19

TELENEWS.ID – Pandemi Covid-19 yang tengah melanda hampir di seluruh dunia termasuk di Indonesia menjadikan kesehatan adalah hal yang sangat berharga bagi semua orang saat ini. Para ahli kesehatan di seluruh dunia menyarankan agar kita selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan untuk meminimalisir resiko tertular Covid-19.

Salah satu upaya untuk menjaga kesehatan yang paling mudah adalah dengan berolahraga. Pentingkah olahraga di kondisi pandemic Covid-19 ini?. Olahraga tentu sangat penting! Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik membuat tubuh lebih bugar

Olahraga membuat badan sehat dan bugar. Sumber Gambar Freepik

dan sehat sehingga daya tahan tubuh lebih kuat dan dapat mengurangi resiko tertular virus.

Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah mengampanyekan #HealthyAtHome atau #SehatdiRumah lewat kegiatan fisik di tengah pandemi. Menurut WHO, olahraga tak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, melainkan juga kesehatan mental. Meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi sangatlah penting untuk melindungi diri dari Covid-19. Selain itu, mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, mengelola stress, istirahat yang cukup, mengikuti protokol kesehatan, dan rutin berolahraga juga sangat penting untuk dilakukan.

Pentingkah olahraga di kondisi pandemik Covid-19?

Sebelum membahas jenis-jenis olahraga mari kita membahas arti pentingnya olahraga atau aktivitas fisik sebagai bagian dari PHBS yang sangat penting di masa pandemik Covid-19 yang masih berlangsung saat ini. Dikutip dari International Journal of Cardiovascular Science, olahraga atau aktivitas fisik, terutama pada intensitas dan durasi sedang, dapat mendukung respon imun dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Sedangkan, olahraga dengan intensitas tinggi dan berkepanjangan tidak disarankan untuk dilakukan karena dapat menyebabkan imunosupresi atau menurunkan imunitas tubuh.

berolahraga sedang dapat meningkatkan imun tubuh. Sumber gambar Freepik

Beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa olahraga atau aktivitas fisik dapat mencegah terjadinya gangguan mental yang dialami oleh sebagian orang karena adanya penerapan karantina dan isolasi, maupun jaga jarak (physical dystancing) akibat pandemik Covid-19. Gangguan mental tersebut misalnya depresi, kecemasan, sindrom kelelahan dan stress.

Baca juga :  Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik juga dapat menghindarkan seseorang dari penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, penyakit yang kemungkinan besar dapat terjadi pada masa pandemik Covid-19 karena kurangnya aktivitas fisik masyarakat yang cenderung menghabiskan waktu di rumah dengan menonton televisi, menggunakan handphone, dan bermain game, sehingga berisiko mengalami penyakit seperti gagal jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

Agar kita selalu bugar dan terhindar dari penyakit-penyakit di atas berikut adalah beberapa jenis olahraga yang dapat kita lakukan selama pandemi diantaranya :

Olahraga Aerobik atau Kardio

Olahraga ini bermanfaat untuk melatih jantung dan paru-paru. Latihan aerobik dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan peralatan yang ada. Contoh olahraga ini yaitu senam aerobik, lompat tali, naik turun tangga, berlari di treadmill dan masih banyak lagi.

Olahraga Anaerobik

Olahraga ini bermanfaat untuk melatih fisik dengan durasi pendek. Latihan ini membutuhkan energi yang besar contohnya adalah push upsit upsquat, angkat beban, wall push up dan masih banyak lagi.

Banyak sekali kan olahraga yang bisa dilakukan di rumah? Maka dari itu, untuk menjaga daya tahan tubuh dan mejauhkan kita dari virus Covid-19, yuk berolahraga di rumah saja!

Baca juga :  Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Yang pelu diperhatikan saat berolahraga dikondisi pandemik Covid-19?

Yoyic teman sehat sehari-hari. Sumber Gambar: YoyiC Dairy Indonesia

Jika berolahraga di luar ruangan, selalu gunakanlah masker dan jaga jarak dengan orang lain, serta mencuci tangan. Sesuaikan durasi berolahraga sesuai dengan kondisi fisik anda. Lakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin dan jadikan kebiasaan. Jangan lupa minum YoyiC Fermented Milk secara rutin , karena kandungan bakteri baik didalam YoyiC Fermented Milk membantu jaga kondisimu dimasa pandemi.(YoyiC Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....