Home Internasional Peringati 60 Tahun Kerja Sama Kota Kembar, Taman Braunschweig Jerman Hadirkan Jembatan...

Peringati 60 Tahun Kerja Sama Kota Kembar, Taman Braunschweig Jerman Hadirkan Jembatan Bandung

TELENEWS.ID – Untuk memperingati 60 kerja sama kota kembar (Sister City), Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama dengan Pemerintah Kota Braunschweig, Jerman, mendirikan Jembatan Bandung di Taman Kota Braunschweig, Jerman. Annegret Ihbe selaku Wakil Wali Kota Braunschweig dan Ardian Wicaksono selaku Konjen RI Hamburg dalam siaran persnya menuturkan bahwa kerja sama antara Kota Braunschweig dan Bandung selalu dihiasi dengan sejumlah aktivitas positif sejak diresmikan pada tahun 1960.

Konjen Ardian menuturkan bahwa diresmikannya Jembatan Bandung ini diharapkan bisa menjadi pembuka kerja sama baru yang bersinergi dan dinamis serta bisa melibatkan masyarakat luas.

Karena masih dalam masa pandemi, peringatan tersebut digelar dengan sangat sederhana dan hanya sebatas meresmikan Jembatan Bandung.

Setiap tahun biasanya diisi dengan beberapa kegiatan seperti penataan kota, pembangunan gelanggang olahraga, pertukaran pemuda dan pergelaran festival budaya di kota masing-masing. Masing-masing kota pun mengharapkan bahwa kerja sama tersebut bisa terus membawa imbas positif untuk masa depan.

Sementara itu, Oded M Danial selaku Wali Kota Bandung menuturkan bahwa kerja sama Sister City ini di masa yang akan datang akan melibatkan masyarakat agar bisa merasakan secara langsung manfaatnya.

Meskipun Pemkot Bandung tidak bisa mengikuti acara peresmian Jembatan Bandung secara langsung, namun Oded mengungkapkan bahwa Pemkot Braunschweig mengharapkan bahwa pergelaran seni dan budaya Bandung yang digelar di Jerman dapat berjalan dengan baik setelah kondisi memungkinkan.

“Kerja sama ini diharapkan mampu menjadi standar bagi kerja sama sejenis lainnya yang akan dilaksakan di masa depan. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada Ikatan Persahabatan Jerman-Indonesia atau Deutsche-Indonesische Gesellschaft (DIG) di Braunschweig atas partisipasinya menggelar kerja sama dengan Braunschweig ini,” ujar Mang Oded.

Baca juga :  Inggris Dihantui Catatan Buruk Kontrak Jerman di Babak Knock Out Turnamen Besar

Kerja sama Braunschweig dan Bandung pertama kali diinisiasi pada tahun 1955 dan diresmikan pada lima tahun berselang. Hubungan kedua kota bukan hanya kerja sama biasa karena memiliki arti yang cukup dalam.

Kerja sama Sister City tersebut adalah kerja sama yang dilakukan oleh kota di Indonesia dengan kota di negara lain untuk pertama kalinya. Tak ayal, kerja sama ini akan menjadi patokan bagi kerja sama Kota Kembar lainnya yang akan terjadi nanti.

Peresmian Jembatan Bandung tersebut juga dihiasi oleh partisipasi dari diaspora Indonesia yang memperlihatkan beberapa jenis budaya khas tanah air seperti tarian Bali, musik keroncong dan juga gastrodiplomasi Indonesia.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

6 Manfaat Batubara Selain Dikenal Barang Tambang Ekspor

TELENEWS.ID - Manfaat batubara tidak hanya sebagai barang ekspor dengan nilai investasi tinggi. Pada dasarnya batubara mampu dijadikan akses bahan bakar pembangkit...

Belajar dari Citra Kirana, Ini Tips Menerima Masa Lalu Pasangan dengan Lapang Dada

TELENEWS.ID - Keputusan Citra Kirana untuk secara terbuka menerima masa lalu sang suami, Rezky Aditya membuat banyak orang salut padanya. Bagaimana tidak...

Waspada, Kebiasaan Mengkonsumsi Zat Ini Bisa Merusak Ususmu

TELENEWS.ID - Makan bukan hanya memasukkan makanan ke dalam mulut dan sekedar membuat perut terasa kenyang saja. Namun kita juga perlu memperhatikan...

Ternyata Bukan Raffi Ahmad yang Akuisisi Saham US Lecce

TELENEWS.ID – Sejak 27 Mei kemarin pemberitaan di Indonesia heboh dengan kabar bahwa Raffi Ahmad membeli saham club sepak bola asal Italia,...