Home Nasional Politik Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID – Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum, setelah membaca di Media hari ini, permohonan Anies Baswedan untuk bertemu Bapak Presiden, membicarakan masalah Formula-E, bersama ini ingin memberi saran kepada Bapak untuk hal berikut ini:

Ide Formula E asalnya dari Anies Baswedan sendiri, tanpa melibatkan Bapak Presiden.
Formula E adalah proyek mercu suar Anies Baswedan, diluar janji kampanye Anies Baswedan ketika mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI.
Hubungan hukum dengan Co-Founder Formula E, Alberto Longo, pihak pengusaha asing, adalah atas initiatif Anies Baswedan sendiri.
Penasehat hukum yang mendampingi Anies Baswedan untuk meng-review perjanjian business tersebut, sama sekali tidak melibatkan Bapak Presiden atau oleh yang ditunjuk Bapak Presiden.
Tempat penyelenggaraan juga ditentukan oleh Anies Baswedan, tanpa konsultasi dengan pihak terkait. Mungkin saja apabila tempat penyelenggaraan yang semula disepakati, tak dapat dipenuhi oleh Anies Baswedan, citra janjia itu dapat menimbulkan sengketa hukum.
Perjanjian hukum business antara pihak penyelenggara Formula E Holding Limited (FEH) dan semua pihak terkait dengan Anies Baswedan, sepenuhnya tanggung jawab Anies Baswedan. Tanggung jawab tersebut termasuk sumbangan financiil pihak ketiga yang tidak dilaporkan. Akibatnya, pemeriksaan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) hasilnya berubah ubah.
Sumber keuangan penyelenggaraan menurut informasi berasal dari pihak ketiga, dan semua kebijakan pendanaan dan fee kepada penyelenggara Formula E Holding berasal dari rekan Anies Baswedan dan bisa saja sumbangan pihak ketiga yang diberikan kepada Anies Baswedan dalam kedudukan Anies Baswedan sebagai Gubernur bukan sebagai pribadi.
Sumbangan, fee dan semua sumber keuangan Formula E, baru terungkap ketika DPRD mempersoalkan proyek mercu suar Formula E nya Anies Baswedan.
Semua masalah penyelidikan yang bisa saja beralih ketingkat penyidikan, telah sementara dilakukan oleh KPK.
Seandainya Anies Baswedan yang melibatkan Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, Sekjen IMI Ahmad Sahroni dan PT. Jakpro Widi Amanasto sebagai tim untuk menemui Bapak, berhasil menemui Bapak, saya kawatir hal ini merupakan strategi akal – akalan Anies Baswedan untuk memberitahukan kepada publik, bahwa Bapak Presiden telah merestui penyelenggaraan Formula E dilokasi yang “katanya” direstui Bapak, sehingga dengan demikian pemeriksaan dugaan “korupsi” yang terjadi di Formula E, selesai dan dinyatakan pemeriksaannya ditutup oleh KPK ..
Perjanjian business antara pihak terkait yang tunduk kepada Arbitrase di Singapura, bisa saja menimbulkan sengketa, karena adanya syarat dan ketentuan yang tidak dipenuhi pihak Anies Baswedan.
Seandainya hal itu terjadi, bisa saja diforum penyelesaian sengketan dagang di Singapura, Bapak dilibatkan, akibat berhasilnya Anies Baswedan dengan rombongannya menemui Bapak.
Padahal dari semula penyelenggaraan Formula E, sama sekali baik pembicaraan pendahuluannya (preliminary agreement) maupun perjanjian pokoknya sama sekali diluar pengetahuan Bapak.
Saran. Sebaiknya, Bapak Presiden yang saya hormati, tidak terlibat sama sekali Formula E gagasan dan ciptaan Anies Baswedan. Saya kawatir usaha menemui Bapak Presiden dengan pihak asing yang terlibat Formula E dan Anies Baswedan, adalah langkah politik Anies Baswedan untuk menutup kasus sangkaan korupsi yang lagi di proses KPK. (Bevin)

Baca juga :  Covid -19,Bawaslu Berharap Ada Pasal Sapu Jagat di Pilkada 2020
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...