Home Nasional Pertamina Temukan Sumber Minyak dan Gas Baru di Wilayah Jambi

Pertamina Temukan Sumber Minyak dan Gas Baru di Wilayah Jambi

TELENEWS.ID – Indonesia membutuhkan sumber energi baru dengan kapasitas lebih besar. Kebutuhan konsumsi bahan bakar baik itu minyak dan gas memang cukup tinggi. Tidak hanya itu beberapa akhir lalu Indonesia sempat melakukan larangan ekspor batu bara karena ketersediaannya menipis dan dipakai untuk kebutuhan dalam negeri dahulu.

Saat ini anak usaha PT Pertamina, PT Pertamina EP telah menyatakan penemuan sumber minyak dan gas baru di daerah Jambi. Untuk penemuan bahan bakar minyak tersebut berada di Sumur Eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 atau SGET -001 berlokasi di sekitar Field Jambi, kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi.

Dilansir dari pernyataan Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin menyatakan dari sumur SGET-001 berlokasi di sekitar 8km fasilitas produksi eksisting SP GS-02 kemudian masih berjarak kurang lebih 14km dari fasilitas produksi SP Ketaling.

Dari keterangan Jaffee Arizon, Senin 17/1/2022 tentu pekerjaan uji kandungan lapisan ataupun disebut sebagai Drill Stem Test) pertama masih dilakukan pada reservoir sandstone Formasi Air Benakat. Ada interval dan ketentuan batas pengolahan yakni 1.622 – 1624 meter sehingga keberhasilan mendapat sumber daya minyak dengan alju aliran mencapai 434 barel per hari sedangkan dari gas mencapai 0.18 juta MMSCFD.

Terdapat catatan khusus dimana semua upaya saat ini telah menjadi wujud komitmen dari PT Pertamina EP yang terus berusaha keras dalam meningkatkan cadangan hingga produksi migas di daerah Sumatera. Kemudian PT Pertamina EP sendiri telah memproduksi migas di Sumatera dan terus mendukung pencapaian target produksi migas secara nasional.

Tidak hanya dari perhitungan capaian semua temuan sumber daya saja, akan tetapi operasional di dalam penemuan sumber daya baru tersebut masih cukup efektif. Diketahui pada daftar sumur SGET 001 sudah diselesaikan lebih cepat dari prediksi sampai pada sisi biaya juga tidak terlalu tinggi.

Baca juga :  Menelisik Kerumitan Polemik Kartu Depok Sejahtera, DPRD Depok Layangkan Mosi Tidak Percaya

Nantinya proses pengeboran sumur SGET 001 tersebut akan dilaksanakan dengan memperhitungkan aspek HSEE kemudian tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19 secara ketat.

Secara teknis dan prestasi, penemuan sumber daya baru ini mampu memantik semangat Perwira yang dikenal sebagai sebutan pekerja Pertamina di daerah Sumatera untuk bisa menemukan cadangan migas baru hingga mencukupi semua kebutuhan nasional.

Selain itu, keterangan dari Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel, Anggono Mahendrawan juga menyatakan bentuk apresiasi terhadap semua pihak yang sudah berkecimpung di dalam proses penemuan cadangan migas baru di semua daerah kerja hulu migas terutama di daerah Sumatera bagian Selatan.

Tentu saja ada bentuk langkah dan usaha dalam mewujudkan semua cita-cita besar dari PT Pertamina EP yang selama ini terus bekerja keras untuk mendorong penemuan inovasi energi dan sumber energi lainnya.

Dari pencapaian penemuan sumber migas baru inilah menjadi satu motivasi ke depan hingga memberi manfaat bagi bidang industri hulu migas untuk memenuhi cadangan migas secara masif di beberapa tahun ke depan.

Baca juga :  Menelisik Kerumitan Polemik Kartu Depok Sejahtera, DPRD Depok Layangkan Mosi Tidak Percaya

Ada rasa optimis bahwa tujuan utama dari PT Pertamina PE ini harus bisa membangkitkan semua aspek baik itu semangat dan kemajuan dalam industri hulu migas hingga dapat memajukan seluruh sentra industri.

Seperti kita ketahui, ada banyak konsumsi bahan bakar migas di seluruh Indonesia terutama di Sumatera Selatan yang sampai saat ini terus memberi kontribusi terhadap dunia bisnis. Diharapkan PT Pertamina PE dapat menemukan sumber daya baru migas lainnya hingga membantu mencukupi kebutuhan energi secara nasional. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Kisah Kelam Keluarga Pendiri Gucci

TELENEWS.ID – Rodolfo Gucci atau biasa dikenal dengan Maurizio D’Ancora merupakan pendiri dan pencipta brand Gucci. Pada awalnya Rodolfo membuat brand Gucci...

Telkomsel Merugi Setelah Investasi di GOTO, Kok Bisa ?

TELENEWS.ID – PT Telkom Indonesia (Persero) melalui anak perusahaannya, Telkomsel melakukan investasi di PT Go To Gojek Tokopedia Tbk. Namun yang aneh...

Polemik Anggota TNI Aktif Dilantik Sebagai PJ Bupati

TELENEWS.ID – Pejabat pengganti Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun ini sudah banyak yang dilantik. Terakhir Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian telah melantik...

Kedatangan Ten Hag Memberi Angin Segar Bagi Maguire dan Van De Beek

TELENEWS.ID - Erik Ten Hag secara resmi ditunjuk sebagai pelatih utama Manchester United menggantikan Ralf Rangnick untuk musim 2022/2023. Erik datang ke...