Home Nasional Politik Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo Subianto, Terjadi Kesepakatan ?

Pertemuan Surya Paloh dan Prabowo Subianto, Terjadi Kesepakatan ?

TELENEWS.ID – Pada 1 Juni 2022 lalu Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto melakukan pertemuan di kantor DPP Partai Nasdem. Saat diwawancara oleh media setelah pertemuan, Surya Paloh menjelaskan sudah terjadi kesepakatan antara Gerindra dengan Nasdem. Kesepakatan tersebut adalah seluruh kader Nasdem dan Gerindra sepakat untuk bersama-sama menjaga stabilitas nasional bersama dalam pemilu 2024 mendatang.

Lebih lanjut Surya Paloh menjelaskan kedua kader partai beserta pendukungnya akan selalu berusaha menjaga sikap saling menghargai antarporos politik yang berbeda. Hal ini dilakukan agar pemilu 2024 dijalankan dengan politik yang sehat dan tidak saling menjatuhkan. Selain itu kedua partai juga akan menjaga para kader serta pendukungnya untuk tidak melakukan politik identitas.

Selain itu Prabowo juga menjelaskan bahwa seluruh kader Nasdem dan Gerindra memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga komitmen demi kesatuan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia tidak boleh terpecah menjadi dua kubu yang tidak sehat saat pemilu dilaksanakan hingga berakhirnya pemilu. Pemilu 2024 mendatang tidak boleh menyisakan dua kubu bangsa Indonesia yang masih berseteru dan tidak ikhlas dalam melihat kemenangan dan kekalahan calon presiden dan partai yang didukungnya.

Sementara itu para pakar politik mulai bersuara terkait dengan pertemuan Surya Paloh dan Prabowo Subianto tersebut. Salah satunya datang dari Dosen Ilmu Politik Universitas Paramadhina, Khoirul Umam yang melihat bahwa tidak adanya indikasi koalisi yang dijalin dalam pertemuan kedua partai besar tersebut. Hal ini dikarenakan Khoirul melihat bahwa pandangan politik Prabowo Subianto dan Surya Paloh cukup berbeda.

Khoirul menjelaskan bahwa Surya Paloh adalah salah satu orang yang sangat menentang keras politik identitas yang pada pemilu 2019 cukup dimainkan oleh banyak pihak pendukung Prabowo Subianto. Surya Paloh sendiri adalah pihak yang tidak menginginkan Prabowo Subianto masuk ke dalam pemerintahan waktu itu karena politik identitas ini.

Baca juga :  Polri : 5 Ribu Lebih TPS Rawan di Pilkada 2020

Hal lain adalah Surya Paloh merupakan salah satu King Maker yang ikut memutuskan siapa yang pantas menjadi calon presiden terutama yang akan didukung partainya nanti. Untuk itu Surya Paloh tidak akan mau terganggu dengan Partai Gerindra yang hanya memiliki Prabowo Subianto sebagai satu-satunya calon presiden untuk pemilu mendatang.

Lebih lanjut Khoirul menjelaskan bahwa kemungkinan pertemuan ini dilaksanakan keduanya untuk menggalang dukungan pencalonan ketua umum Partai Golkar, Airlangga Hartanto sebagai calon presiden pemilu 2024 mendatang. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...