Home Teknologi App Perusahaan Media Sosial Berkomitmen Pentingkan Keamanan Pengguna Wanita

Perusahaan Media Sosial Berkomitmen Pentingkan Keamanan Pengguna Wanita

TELENEWS.ID – Sejumlah perusahaan media sosial seperti TikTok, Facebook, Google dan Twitter berkumpul dalam Forum Generasi Kesetaraan PBB di Paris, Perancis akhir pekan lalu. Dalam pertemuan tersebut mereka sepakat untuk membasmi pelecehan dan kekerasan di dunia maya.

Para perusahaan raksasa di media sosial tersebut juga berkomitmen untuk mementingkan keamanan kepada pengguna wanita di setiap platform yang mereka tawarkan.

Komitmen ini muncul setelah melakukan diskusi dengan World Wide Web Foundation (WWWF) dalam satu tahun terakhir. Komitmen ini bertujuan untuk mencegah adanya pelecehan dan kekerasan pada gender tertentu di dunia online.

WWWF mengungkapkan pada diskusi tersebut bahwa wanita harus memiliki kontrol yang lebih besar untuk memutuskan siapa yang bisa memberikan komentar atau membalas postingannya di media sosial. Selain itu juga, wanita juga ingin mendapatkan banyak pilihan tentang apa yang mereka nikmati di media sosial.

Ada beberapa cakupan yang terdapat dalam peraturan tersebut antara lain siapa pengguna yang bisa melihat, berbagi dan mengomentari sebuah postingan. Peraturan yang melindungi setiap pengguna wanita tersebut akan muncul dalam bahasa yang sangat sederhana, dengan navigasi yang lebih mudah dan mudah untuk diakses.

Dan juga akses ke alat keselamatan juga akan diberikan oleh para perusahaan media sosial tersebut untuk bisa mengurangi jumlah postingan yang bisa mereka lihat perihal pelecehan dan kekerasan.

Namun kritikan tertuju kepada bagian ini karena pelecehan tersebut belum tentu akan hilang di media sosoal meskipun membatasi jumlah postingan perihal kekerasan dan pelecehan. Para pengguna tetap harus melaporkan postingan atau unggahan negatif untuk bisa mengatasi hal tersebut.

Perbaikan juga akan dilakukan oleh perusahaan media sosial tersebut pada sistem pelaporan yang tersedia. Dengan adanya sistem pengelolaan dan pelacakan laporan pengguna, para pengguna wanita pun memiliki cara tambahan untuk mendapatkan bantuan untuk melaporkan tindak kekerasan dan pelecehan.

Baca juga :  Indonesia-Korea Dirikan Aula Terbuka di Sentul Eco-Edu Tourism Forest

Perlindungan yang diberikan kepada para pengguna wanita terhadap pelecehan dan kekerasan di dunia online ini dinilai sebagai langkah yang sangat baik. Namun tidak ada informasi lebih lengkap yang diberikan oleh WWWF tentang rencana dari masing-masing perusahaan media sosial dalam melindungi pengguna wanitanya.

Kepala Hukum, Kebijakan Publik, dan Kepercayaan & Keamanan Twitter, Vijaya Gedde, menuturkan bahwa prioritas utamanya adalah melindungi semua pengguna Twitter agar terbebas dari penyalahgunaan.

Dirinya pun menegaskan bahwa perbuatan yang tidak senonoh tidak akan diterima di Twitter karena bisa merusak atmosfer dan lingkungan sehat yang ada di platform tersebut.

Antigone Davis selaku Kepala Keamanan Global Facebook menuturkan bahwa pihaknya sangat ingin menjalin kerja sama dengan perusahaan teknologi lain untuk bisa menjadikan internet rumah yang aman bagi para pengguna wanita.

Baca juga :  Dunia Maya Dikejutkan Dengan Pembakaran Bendera Merah Putih

Sementara itu Tara Wadhwa selaku Direktur Kebijakan TikTok AS menuliskan dalam blognya bahwa TikTok dalam beberapa bulan mendatang akan mengembangkan beberapa produk yang tujuan utamanya adalah menjaga keselamatan pengguna wanita. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...