Home Olah Raga Pesta Gol, Inggris Jejaki Semifinal Setelah 25 Tahun

Pesta Gol, Inggris Jejaki Semifinal Setelah 25 Tahun

TELENEWS.ID – Inggris lolos ke semifinal EURO 2020 untuk pertama kalinya sejak 25 tahun terakhir setelah menghancurkan Ukraina empat gol tanpa balas pada laga perempatfinal yang digelar di Roma.

Tim asuhan Gareth Southgate tersebut menyamai prestasi The Three Lions pada edisi 1996 lalu kala sang pelatih masih berstatus sebagai pemain dengan lolos ke babak semifinal. Inggris pun tampil apik dengan menekuk Ukraina.

Laga baru berjalan lima menit, Harry Kane membawa Inggris unggul setelah memanfaatkan umpan matang dari Raheen Sterling.

Kemudian Inggris bisa menggandakan keunggulan lewat sundulan Harry Maguire satu menit setelah turun minum memanfaatkan sepakan bebas Luke Shaw. Di menit ke-50 Kane kembali memperlebar keunggulan lewat sundulannya yang lagi-lagi berkat umpan silang Shaw.

Jordan Henderson menutup keunggulan di menit ke-62 lewat sundulan kepalanya memanfaatkan sepak pojok Mason Mount. Torehan tersebut adalah gol perdananya bagi tim nasional Inggris.

Inggris akan menghadapi Denmark di babak semifinal yang akan digelar di Wembley.

Southgate membuat kejutan dengan menurunkan Jadon Sancho dari menit pertama setelah pemain yang akan merapat ke Manchester United tersebut praktis tak dilirik sang pelatih sepanjang turnamen berjalan. Sancho pun hanya bermain 10 menit kala menghadapi Republik Ceko di laga terakhir fase grup.

Sancho pun membalas kepercayaan yang diberikan olehnya dengan tampil cukup apik mengancam lini pertahanan sebelah kiri Ukraina. Bagi Southgate, penampilan apik Sancho membuatnya dihadapkan pada situasi ‘klise’ perihal pemilihan pemain sayap mereka yang tampil moncer sepanjang turnamen.

Raheem Sterling yang menjadi pencetak gol terbanyak Inggris sebelum laga melawan Ukraina seolah berubah fungsi menjadi pemain yang doyan memberikan assist. Gol pertama Inggris yang dicetak oleh Kane adalah kreasi Sterling.

Baca juga :  Frustrasi Tanpa Trofi, Harry Kane Tinggalkan Spurs

Tim asuhan Andriy Shevchenko pun tak mampu membendung pemain Manchester City tersebut terutama di babak pertama. Kombinasi antara Sterling dan Kane pun semakin menakutkan di mulut gawang dimana keduanya kini telah menyumbang total enam gol di turnamen ini.

Meskipun Kane mencetak dua gol dalam laga yang digelar di Stadio Olimpico tersebut, namun Shaw lah yang mendapatkan perhatian khusus.

Ancaman Inggris memang sebagian besar hadir lewat sisi kiri penyerangan mereka di sepanjang laga. Shaw memberikan assist bagi gol kedua dan ketiga, setelah juga memberikan umpan matang pada gol Kane kala melawan Jerman di babak 16 besar.

Meskipun telah melakukan debut bagi tim senior tujuh tahun lalu, namun laga melawan Ukraina merupakan caps ke-14 nya. Tentu saja jumlah tersebut akan semakin bertambah dalam beberapa tahun kedepan jika menyaksikan performa apiknya di EURO 2020 ini.

Satu-satunya hal negatif dalam performa Inggris secara keseluruhan adalah penampilan Kyle Walker yang masih sedikit nervous dan ragu-ragu. Keyakinan Southgate pada bek sayap City tersebut tidak perlu diragukan lagi. Pengertiannya bersama John Stones di jantung pertahanan membuat lini belakang semakin kuat.

Baca juga :  Permainan Timnas Indonesia U-23 Dinilai Semakin Matang

Namun pemain berusia 31 tahun tersebut masih belum menunjukkan penampilan terbaiknya di sepanjang turnamen. Seringkali serangan berbahaya yang akhirnya menjadi peluang tim lawan selalu hadir dari posisinya. Walker seringkali meninggalkan posnya dan jika belum memperbaiki performanya, Denmark tentu saja bisa memanfaatkan celah tersebut.

Inggris memang sukses melaju ke babak semifinal dalam dua turnamen mayor beruntun. Mereka pun tentu saja diunggulkan sebagai favorit untuk melangkah ke partai final atau bahkan menjadi juara untuk pertama kalinya dalam sejarah. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...