Home Internasional Peta Dunia Berubah? Kok Bisa?

Peta Dunia Berubah? Kok Bisa?

TELENEWS.ID – Siapa yang tahu bahwa peta dunia mengalami perubahan? Hal itu karena ada satu samudera baru setelah samudera Pasifik, Atlantik, Arktik dan Hindia.

National Geographic mengklaim adanya samudera kelima dan akan segera dipublikasikan.

Dinamakan Southern Ocean (Samudra Selatan), samudera tersebut diakui keberadaannya secara resmi oleh organisasi tersebut dan menjadi pertama kalinya membuat perubahan sejak satu abad yang lalu.

Pada tanggal 8 Juni, tepatnya Hari Laut Sedunia, National Geographic yang diwakili ahli geografi bernama Alex Tait mengatakan bahwa munculnya samudera kelima adalah hal unik, karena secara tradisional terdapat empat samudera yang ditentukan oleh daratan. Dan karena itu juga National Geographic ingin memberikan perhatian pada semua wilayah lautan.

Perlu diketahui, National Geographic membuat peta, atlas dan globe sejak tahun 1915. Namun ini menjadi pertama kalinya mereka menyusun kembali lautan serta membuat peta baru menyusul pengakuan National Oceanic and Atmospheric Administration terkait Southern Ocean pada tahun 1999, yang sudah disetujui oleh US Board on Geographic Names.

Sebenarnya para ahli tidak terkejut dengan perubahan itu. Salah satunya adalah pengakuan asisten profesor dalam studi lingkungan di University of Colorado, Boulder, Colorado, yang bernama Cassandra Brooks.

Dia juga mengatakan bahwa Southern Ocean sangat istimewa karena ditentukan oleh kuatnya Arus Lingkar Kutub Antartika yang membantu mengatur iklim Bumi. Karena itu, Brooks menganggap samudera kelima itu sebagai pusat lautan yang memompa air ke seluruh lautan di dunia. (Dhe)

Baca juga :  Anti-Islam Merebak di Kanada, 4 Anggota Keluarga Muslim Tewas Dibunuh
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...