Home Olah Raga Piala Eropa dan Impian Henri Delaunay Yang Jadi Nyata

Piala Eropa dan Impian Henri Delaunay Yang Jadi Nyata

TELENEWS.ID – Turnamen bergengsi yang menghadirkan persaingan sepak bola negara-negara di benua Eropa sedang berlangsung.

Piala Eropa atau Euro 2020 dimulai pada 12 Juni dan akan berakhir pada 12 Juli mendatang setelah mengalami penundaan tahun lalu karena pandemi Covid-19 melanda semua negara di dunia

Meskipun begitu, turnamen yang berlangsung kali ini tetap menggunakan nama Euro 2020.

Euro 2020 adalah edisi ke-16 dari turnamen yang memiliki nama resmi UEFA European Football Championship.

Gagasan membentuk turnamen antarnegara benua Eropa pertama kali dicetuskan oleh Henri Delaunay yang menjabat sebagai sekretaris jenderal Federasi Sepak Bola Perancis (FFF) pada tahun 1927.

Akan tetapi munculnya Piala Dunia FIFA yang digelar pada tahun 1930 di Uruguay membuat gagasan Henri sempat tenggelam.

Tahun 1954, Perancis, Belgia dan Italia menjadi pelopor dibentuknya UEFA (Asosiasi Sepak Bola Uni Eropa) dan saat itu, Henri ditunjuk sebagai sekretaris jenderal.

Setahun setelahnya, sekjen UEFA pertama itu meninggal dunia, tepatnya pada 9 November 1955.

Dua tahun kemudian, UEFA sepakat mengadakan turnamen sepak bola antarnegara Eropa untuk menghormati jasa-jasa Henri Delaunay. Sesuatu yang menjadi impian Henri sejak lama dan menjadi nyata.

European Nations Cup menjadi nama turnamen tersebut, dimana nama resmi trofi yang diperebutkan adalah Henri Delaunay Trophy.

Pada 28 September 1958, babak kualifikasi dimulai dan diikuti oleh 17 negara. Namun tiga negara anggota UEFA yaitu Inggris, Jerman dan Italia tidak termasuk di dalamnya.

17 negara peserta memperebutkan empat slot di putaran final (semifinal dan final). Kemudian babak penyisihan menggunakan sistem gugur dua leg, sedangkan babak semifinal dan final dilangsungkan di Perancis.

Akhirnya Uni Soviet, Perancis, Yugoslavia dan Cekoslowakia lolos dari babak penyisihan alias melanjutkan langkah ke semifinal.

Baca juga :  Tim Pertama Lolos ke 16 Besar, Sejauh Mana Italia Bakal Melaju?

Di babak ini, Cekoslowakia dikalahkan oleh Uni Soviet dengan skor 3-0. Di sisi lain, Perancis yang menjadi tuan rumah harus mengakui keunggulan Yugoslavia dengan skor 5-4.

Final digelar pada 10 Juli 1960 di Stadion Parc des Princes, dan Uni Soviet mengukuhkan diri sebagai juara pertama Piala Eropa setelah menaklukkan Yugoslavia dengan skor 2-1 melalui babak perpanjangan waktu.

Kala itu, Uni Soviet memiliki sosok Lev Yashin sebagai kiper andalan dan gol kemenangan dicetak oleh Viktor Ponedelnik pada menit ke-113.

Setelahnya, Piala Eropa menjadi ajang empat tahunan dan pada 1996, saat Inggris menjadi tuan rumah, nama turnamen itu adalah Euro 1996 dan nama ‘Euro’ pun digunakan sampai sekarang ini.

Baca juga :  Kejutan! Spezia Sukses Jegal Laju AC Milan

Pada tahun itu, UEFA juga membuat perubahan jumlah peserta menjadi 16. Format tersebut bertahan hingga Euro 2012 dan empat tahun kemudian, turnamen kembali mengalami perubahan dengan 24 negara menjadi peserta yang dibagi menjadi enam grup. (Dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...