Home Daerah Pintu Perlintasan Kereta Api Jl. MA Salmun Ditutup, Warga Kompak Menolak

Pintu Perlintasan Kereta Api Jl. MA Salmun Ditutup, Warga Kompak Menolak

TELENEWS.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta berencana akan menutup pintu perlintasan jalur kereta api yang terletak di Jalan MA Salmun, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Ditutupnya perlintasan yang dilakukan Selasa (15-06-2021) pada pukul 20.00 tersebut tentu membuat hilir mudik para warga akan terganggu.

Penutupan tersebut telah tertuang dalam surat nomor KA. 203/VI/1/DO.1-2021 tertanda Jakarta, 8 Juni. Rujukan dari surat tersebut mengacu pada Undang-Undang 23/2007 perihal perkeretaapian. Kemudian Undang-Undang 22/2009 perihal LLAJ. Lalu Peraturan Pemerintah No. 56/2009 perihal penyelenggaraan perkeretaapian.

Eva Chairunnisa selaku Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta mengungkapkan bahwa rencana penutupan perlintasan tersebut memang dilakukan pada hari Selasa (15-06-2021) pada jam delapan malam.

Eva menuturkan bahwa penutupan tersebut harus dilaksanakan mengingat kegiatan para warga yang ada di lokasi tersebut sangat padat dan perjalanan Kereta Api yang melewati Stasiun Bogor juga sangat padat. Eva juga menjelaskan bahwa penutupan perlintasan kereta api tersebut juga ada kaitannya dengan keselamatan para pengguna jalan.

Di lain pihak, Eko Prabowo selaku Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor menuturkan belum mendapatkan informasi tentang rencana penutupan perlintasa tersebut. “Kami baru mendapatkan surat tebusan saja. Eksekusi langsung mereka lakukan berdasarkan aturan yang berwenang,” ujarnya.

Namun penutupan perlintasan kereta api ini mendapatkan pertentangan dari warga setempat. Kelompok yang menyebut diri mereka Masyarakat Bogor Tengah (Marbot) melakukan aksi protes sambil membentangkan spanduk dengan tulisan ‘kami warga Cibogor menolak keras penutupan perlintasan Kereta Api Jl. Ma Salmun’.

Firman sebagai sekretaris Marbot mengungkapkan bahwa pihaknya menggelar aksi protes sebagai bentuk penolakan keras atas ditutupnya perlintasan kereta api yang membuat warga Cibogor rugi. Bukan hanya masyarakat setempat namun juga juru parkir hingga pedagang yang ada di kawasan lintasan kereta api.

Baca juga :  Lembah Sukhoi, Mengenang 9 Tahun Tragedi Superjet 100 di Gunung Salak

Firman pun menambahkan jika perlintasan kereta api tersebut ditutup, maka kemacetan akan terjadi. Kendaraan bermotor tentu saja akan mencari jalan alternatif di Cibogor dengan cara melewati Jembatan Lengkung.

Firman menambahkan bahwa pihaknya akan mengunjungi kantor pemerintahan Kecamatan Bogor Tengah sebagai tindak lanjut aksi protes.

“Dugaan kami, pihak pemkot serta kecamatan pun mengetahui penutupan perlintasan kereta api ini. Oleh karena itu, kami akan mendatangani kantor kecamatan untuk mengadap camat. Jika alasan ditutupnya lintasan ini semata karena rawan kecelakaan, namun masih ada lintas lain seperti Kebon Pedes yang tidak ditutup. Jika kemacetan menjadi alasan dan akan segera dibangun flyover, sepatutnya jalan dibangun terlebih dulu. Bukan malah menutup lintasan kereta api. Hal ini tentu saja membuat warga dan pedagang rugi,” ungkapnya.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...

Manchester United Ditangan Ralf Rangnick, Apakah Mampu Bersaing?

TELENEWS.ID - Belakangan nama Ralf Rangnick mencuat di kancah dunia sepak bola untuk menjadi juru taktik klub Manchester United. Seperti diketahui bersama,...

Etika Berinteraksi dengan Penyandang Disabilitas

TELENEWS.ID - 3 Desember diperingati sebagai Hari Penyandang Disabilitas Internasional. Peringatan ini digagas untuk meningkatkan kepedulian kepada para penyandang disabilitas, yang sering...