Home Otomotif Polda Metro Jaya Memfasilitasi Bagi Pembalap Liar di Ancol Januari 2022

Polda Metro Jaya Memfasilitasi Bagi Pembalap Liar di Ancol Januari 2022

TELENEWS.ID – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran bakal menggelar balap resmi bagi pembalap liar. Rencananya, ajang tersebut bakal digelar di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Hal itu diungkapkan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, usai bertemu dengan Fadil di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/12/2021).
Dalam pertemuan tersebut turut hadir Dirut PT Taman Impian Jaya Ancol Tbk, Teuku Sahir Syahali.

“Hari ini kami dari IMI dan Polda Metro turut mengundang Dirut Ancol untuk sama-sama menemukan tempat untuk menampung kegiatan ini. Akhirnya kami sepakat Ancol menjadi salah satu tempat anak muda menyalurkan hobi balapnya,” kata Bambang.

Menurut Bambang, ajang balap resmi bagi pembalap liar ini rencananya akan dimulai pada 15 Januari 2022. Beberapa kategori balapan yang bakal digelar di antaranya road race dan drag race.

“Mudah-mudahan dengan berbagai kegiatan ini, tingkat balapan yang mengganggu masyarakat dan berpotensi mengganggu keselamatan orang lain itu bisa dikurangi bahkan mudah-mudahan sudah tidak ada lagi. Karena sudah disiapkan tempatnya di Ancol,” ujar Bambang.

Gelar Ajang Balap Resmi
Fadil telah lama mengutarakan rencananya menggelar ajang balap resmi bagi anak muda yang biasa melakukan aksi balap liar. Fasilitas tersebut diberikan kepada mereka dengan harapan dapat menciptakan pembalap berprestasi.

Fadil menyampaikan rencananya itu ketika bertemu pembalap Moto3, Mario Suryo Aji di Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Selasa (30/11/2021).

“Doakan saya mudah-mudahan (terealisasi). Saya akan membuat balapan untuk para balap liar,” ujar Fadil.

Menurut Fadil, aksi balap liar di jalan dapat membahayakan pelaku dan orang lain. Dia tak memungkiri aksi balap liar masih terjadi di beberapa lokasi.

“Anak-anak kita ini yang suka aneh-aneh, jalan raya dipakai balap sehingga mengganggu orang lain bahkan membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain,” katanya.

Baca juga :  Resmi, Tim Besutan Valentino Rossi Gabung ke Ducati

Atas hal itu, Fadil menilai perlu adanya pembinaan terhadap para pelaku kegiatan balap liar. Salah satunya dengan memfasilitasi mereka lewat penyelanggaraan balap resmi.

“Saya sudah dapat banyak masukan dari masyarakat supaya Pak Kapolda tolong ini balap liar malam hari dibina, bukan ditangkapi, tetapi dibina,” pungkasnya.

Undang Joki
Belakangan Fadil mengundang joki hingga mekanik yang biasa mengikuti aksi balap liar di jalan. Mereka diundang Fadil untuk diajak berdiskusi terkait rencananya ini.

Fadil meminta joki hingga mekanik yang diundang tak perlu khawatir atau berpikir buruk soal rencananya itu.

“Nggak usah khawatir, santai saja. Ini bukan jebakan seperti yang beredar, biar Kapolda punya datanya, nggak,” kata Fadil lewat Instagram @kapoldametrojaya seperti dikutip suara.com, Selasa (14/12/2021).

Baca juga :  Tips Atasi Mobil Matic Sulit Distarter, Ketahui Apa Faktor Penyebabnya Seperti Berikut

Mantan Kapolda Jawa Timur itu menegaskan, dirinya benar-benar memiliki niat untuk memfasilitasi pelaku balap liar agar bisa mengikuti ajang balap resmi.

“Saya ingin betul-betul memfasilitasi adik-adik saya supaya jiwanya bisa kita selamatkan dan kalau yang punya bakat bisa kita salurkan. Mudah-mudahan akan lahir pembalap-pembalap Moto GP dari event kita ini, dari Polda Metro Jaya,” tutur Fadil. (Nanang Middin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...