Home Metropolitan Polisi Tangkap Pelaku Kriminal Modus Ganjal ATM

Polisi Tangkap Pelaku Kriminal Modus Ganjal ATM

TELENEWS.ID – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Tasikmalaya membekuk oknum yang beraksi dengan modus ganjal Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang telah meresahkan warga masyarakat dan menimbulkan kerugian besar.

Polisi mendapatkan laporan dari Risdianto yang merupakan pengusaha asal Tasikmalaya yang mengalami kerugian akibat modus ganjal ATM sebesar Rp 467 juta. Dalam kejadian tersebut saldo rekeningnya sudah terkuras habis.

Hal ini membuat pihak Polresta Tasikmalaya bergerak cepat dan segera mengamankan komplotan yang berjumlah tiga orang tersebut. Diduga komplotan tersebut sudah sering menjalankan aksinya.

“Jadi awalnya pelapor menyuruh karyawannya untuk menarik tunai dan cek saldo di ATM BCA Jalan Perintis Kemerdekaan” Ujar AKBP Doni Hermawan, selaku Kepala Polresta Tasikmalaya di kantornya pada Kamis (15/04/2021).

Kejadian ini bermula dari karyawan yang hendak melakukan tarik tunai dan cek saldo di ATM Bank BCA. Ketika beberapa kali hendak memasukkan kartu ATM namun terganjal sesuatu, hal ini membuat karyawan merasa gusar.

Tidak berselang lama, ada seseorang yang datang dan menawarkan bantuan untuk mempercepat transaksi di ATM. Namun saat itu ATM dalam kondisi sepi dan hanya keduanya saja.

Karyawan yang merasa mendapatkan bantuan kemudian lengah dan membuat pelaku menukar kartu ATM yang sudah disiapkan sebelumnya. Transaksi tersebut tidak bisa dilakukan, ini karena ATM telah ditukar.

Karyawan tersebut lalu pergi karena tidak bisa mengakses ATM dan pelaku telah mendapatkan ATM dan nomor PIN yang sudah disebutkan tadi.

Pelaku yang berjumlah tiga orang tersebut lalu pergi setelah segera menguras isi ATM milik korban. Dari pengakuan tersangka, uang tersebut telah dibelanjakan secara debit di beberapa supermarket. Sebagian lagi uangnya di transfer ke rekening milik pelaku dan membaginya rata sesuai perjanjian awal.

Baca juga :  Anies Cat Genteng Warna-Warni di Tengah Pandemi, Apakah Perlu?

Dalam pengembangannya, Doni menyimpulkan jika komplotan pelaku modus ganjal ATM ini memang telah mengincar ATM yang sepi pada lokasi terpencil atau ATM yang berada di dalam toko. Hal ini guna mengelabui orang sekitar dan bertindak seperti pengguna ATM pada umumnya.

Hingga kini Doni masih melakukan penyelidikan pendalam, pasalnya modus ganjal ATM di Tasikmalaya sudah sangat sering terjadi dan menelan banyak korban dengan kerugian bervariasi. Pelaku juga bisa terjerat dengan hukuman berlapis jika terbukti telah lama melakukan aksinya dan tidak berlaku kooperatif saat pemeriksaan. (Chairunisa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dihadiri Penggemar, Final Liga Champions UEFA Resmi Pindah ke Portugal

TELENEWS.ID - Final Liga Champions UEFA untuk musim 2020-21 antara Manchester City dan Chelsea, yang dijadwalkan pada 29 Mei di Istanbul (Turki),...

Pantai Perasi, Pesisir Timur Bali dengan ‘Pasir Perawan’ Nan Eksotis

TELENEWS.ID - Jika anda menginginkan destinasi pantai di Bali yang masih relatif baru dan jarang tersentuh, Pantai Perasi bisa jadi alternatif yang...

Van Dijk Pastikan Diri Absen Di EURO 2020

TELENEWS.ID - Punggawa andalan Liverpool, Virgil Van Dijk, akhirnya resmi memutuskan untuk absen membela Belanda di ajang EURO 2020 mendatang. Bek sentral...

Terungkap! Jeff Bezos Sempat Iri Pada Elon Musk

TELENEWS.ID - Kendati telah memegang predikat sebagai orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos rupanya pernah kuatir dengan perkembangan perusahaan SpaceX...