Home Olah Raga Potential Young Guns: Amunisi Muda yang Siap Meledak Di EURO 2020

Potential Young Guns: Amunisi Muda yang Siap Meledak Di EURO 2020

Perhelatan EURO 2020 menjadi panggung megah bagi sejumlah punggawa muda yang siap mengangkasa bersama negara mereka masing-masing. Berikut kami jabarkan lima ‘wonderkid’ berusia di bawah 20 tahun yang diprediksi akan ‘meledak’ di sepanjang putaran final Piala Eropa nan gegap gempita.

1. Adam Hlozek (Republik Ceko)

Adam Hlozek (source Bundesliga News)

Umur: 19 tahun

Posisi: Sayap Kanan

Digadang-gadang sebagai bakat terbesar Republik Ceko setelah Tomas Rosicky, Hlozek menjalani musim yang luar biasa di liga domestik bersama Sparta Praha musim ini. Sayap kanan lincah tersebut mampu menjadi top skorer dengan torehan 15 gol dari 19 laga saja. Tak heran jika pelatih Jaroslav Šilhavý kepincut dan memasukkan namanya ke dalam daftar pemain yang berlaga di EURO 2020. 

Hlozek memulai debut internasionalnya di tim nasional Republik Ceko pada bulan September 2020 silam dan menjadi pemain termuda sepanjang sejarang yang melakukannya di usia 18 tahun. Sayangnya, ia cukup rentan cedera dan kini tengah berjibaku untuk memulihkan diri dari cedera pinggul minor yang dideritanya. Namun selain itu, tak ada alasan bagi coach Sihavy untuk tidak menurunkannya di fase grup.

2. Ryan Gravenberch (Belanda)

Ryan Gravenberch (source Twitter @AjaxYA)

Usia: 19 Tahun

Posisi: Deep-Lying Playmaker

Secara fisik, Gravenberch adalah pemain yang cukup menonjol di lapangan karena tinggi badannya yang sudah di atas rata-rata. Namun kemampuan tekniknya lah yang membuat pemain muda Ajax Amsterdam itu mampu menembus tim inti Belanda untuk ajang EURO 2020. Kendati berposisi sebagai gelandang, Gravenberch memiliki naluri menyerang luar biasa dan telah mencetak gol perdananya bagi Oranje di laga pemanasan EURO 2020 terakhir ke gawang Georgia.

Para pengamat menilai kemampuan Gravenberch mirip dengan Paul Pogba, namun sang pemuda sendiri lebih suka menyamakan dirinya dengan sang maestro Zinedine Zidane. Pola permainan Gravenberch yang piawai menarik lawan dan memberikan ruang bagi rekan-rekannya tentu akan mempermudah Giorginio Wijnaldum dkk untuk mencetak gol dengan leluasa.

3. Pedri (Spanyol)

Pedri (source Twitter @ScoutedFtbl)

Umur: 18

Posisi: Penyerang Sayap / Deep-Lying Playmaker

Didatangkan Barcelona dari Las Palmas setelah baru melakoni tiga pertandingan, Pedri langsung menjadi idola baru di Camp Nou dan telah bermain di 50 laga bersama Blaugrana hingga musim ini. Pelatih Luis Enrique langsung memberi sang wonderkid debut internasionalnya bulan Maret silam setelah Pedri menjadi pemain Barca yang paling sering diturunkan dibanding pemain lainnya, termasuk Lionel Messi.

Baca juga :  5 Negara Ini Jadi Kandidat Kuat Juara Euro 2020

Kendati sejatinya berposisi sebagai penyerang sayap, Pedri memiliki visi dan teknik mumpuni untuk menjadi playmaker dalam (Deep-Lying Playmaker). Kemampuan bermain multiposisi ini tentu akan mempermudah rekan-rekannya di tim nasional Spanyol untuk melancarkan skema penyerangan maupun bertahan. Sebagai pemain bertipe menyerang, statistik membuktikan bahwa Pedri adalah salah satu pemain Barcelona dengan reaksi terbaik setelah kehilangan bola (ball-recovery).

4. Josko Gvardiol (Kroasia)

Josko Gvardiol (source Bundesliga)

Umur: 19 Tahun

Posisi: Bek Sayap Kiri/ Tengah

Dengan nama yang terinspirasi dari sang pelatih legendaris Pep Guardiola, Gvardiol kini digadang-gadang menjadi andalan utama RB Leipzig sepeninggal Ibrahima Konate. Mampu bermain sebagai bek sayap kiri dan sentral sama baiknya, Gvardiol menjalani masa peminjaman sukses di Dinamo Zagreb musim silam dan menjadi pilihan inti di sepanjang musim.

Gvardiol telah menunjukkan aksinya di laga pembuka EURO 2020 kontra Inggris. Kendati harus menelan kekalahan 1-0 karena gol Raheem Sterling, pemuda berusia 19 tahun itu menuai banyak pujian karena ketenangan serta kecermatannya yang menyamai seniornya di lini tengah, Domagoj Vida, dalam menghalau gelombang serangan berbahaya Three Lions.

Baca juga :  5 Negara Ini Jadi Kandidat Kuat Juara Euro 2020

5. Jude Bellingham (Inggris)

Jude Bellingham (source Twitter @brfootball)

Umur: 17 Tahun

Posisi: Gelandang Box-To-Box

Salah satu bakat terbesar Inggris saat ini, Bellingham resmi menyandang predikat sebagai pemain termuda di putaran final EURO sepanjang sejarah kala dimainkan Gareth Southgate di 10 menit terakhir laga kontra Kroasia hari Minggu (13 Juni) kemarin. Kendati hanya tampil sejenak, Bellingham sukses mengawal Luka Modric sehingga playmaker legendaris tersebut kesulitan mengembangkan permainan di sisa laga.

Pelatih Garreth Southgate memberikan satu slot bagi Bellingham setelah sang ABG tampil impresif bersama Borussia Dortmund di sepanjang musim Bundesliga 2020/2021. Dari 46 penampilan, ia berkontribusi dalam torehan empat gol dan empat assist. Bellingham juga berhasil menggeser seniornya, Eric Dier sebagai salah satu dari 25 nama yang dibawa ke putaran final Piala Eropa tahun ini. Menarik untuk disimak apakah Southgate bakal menurunkannya secara penuh di sisa dua laga fase grup Inggris menghadapi Skotlandia dan Republik Ceko. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...