Home Nasional Hukum Praperadilan di Tolak, Hakim Akui Penetapan Tersangka Irjen Napoleon Sesuai UU yang...

Praperadilan di Tolak, Hakim Akui Penetapan Tersangka Irjen Napoleon Sesuai UU yang berlaku


TELENEWS.id, JAKARTA – Majelis Hakim Pengadilam Negeri Jakarta Selatan menolak gugatan Irjen Napoleon Bonaparte atas penetapan tersangka dirinya oleg Bareskrim dalam kasus dugaan korupsi dan suap hilangnya red notice Djoko Tjandra.


Keputusan tersebut,  itu dibacakan dalam sidang putusan Praperadilan dengan nomor 115 /Pid.Pra/2020/PN.Jkt.Sel.” Menolak  permohonan praperadilan untuk seluruhnya,” kata Hakim tunggal Suharto membavakan putusan, seperti dikutip RMOL, Selasa (6/10/2020).


Sementara itu, Hakim Suharto mengatakan penetapan tersangka oleh Kabareskrim selaku termohon terhadap Irjen Napoleon sebagai pemohonan telah memenuhi dua alat bukti yang cukup sesuai dengan pasal 184 KUHAP dan sesuai dengan  Putusan MK 21/2014.


Kemudian, rangkaian penyelidikan dan penyidikan yang dilakukan oleh Bareskrim telah sesuai dengan UU yang berlaku.


“Menghukum pemohon membayar biaya perkara sejumlah nihil,” tutup Hakim Suharno.


Dalam persidangan tersebut, diikuti oleh tim kuasa hukum Irjen Napoleon antara lain, Gunawan Raka, Putri Maya Rumanti dan Indri Wulandari.


Sementara itu, tim kuasa hukum Bareskrim yang mengikuti jalannya sidang yaitu Kombes Widodo, Kombes Fidian dan Kombes Mulya.


Dalam perkara  ini Napoleon dijerat dengan Pasal 5 ayat (2), Pasal 11,Pasal 12 huruf a dan Pasal 12 huruf b UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana  Korupsi sebagaimana diubah  dengan UU No 20/2001 tentang perubahan atas UU 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 KUHP.

Diketahui, sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan Djoko Tjandra dalam dua perkara yang berbeda yakni, kasus dugaan pemalsuan surat jalan dan dugaan suap penghapusan Red Notice. Dalam kasus dugaan suap penghapusan red notice, Bareskrim juga menetapkan Tommy Sumardi dan Djoko Tjandra sebagai pemberi suap. Sedangkan tersangka yang disangka menerima suap adalah Brigjen Prasetijo Utomo dan Irjen Napoleon Bonaparte.

Baca juga :  Sidang Habib Rizieq Shihab, Vonis Dipertanyakan, Tolak Pengampunan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...