Home Internasional Presiden Joko Widodo Bertemu Xi Jin Ping, Bendera Indonesia Berkibar di Kota...

Presiden Joko Widodo Bertemu Xi Jin Ping, Bendera Indonesia Berkibar di Kota Terlarang China

TELENEWS.ID – Pada Selasa (26/07/2022), Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke China dan bertemu dengan Presiden China, Xi Jin Ping di kota Beijing. Presiden Jokowi menjadi kepala negara pertama yang melakukan kunjungan ke negara China setelah masa pandemi covid-19 berakhir.

Presiden Jokowi beserta rombongan diketahui tiba di Beijing Capital Internasional Airport pada Senin (25/07/2022) pukul 21.37 waktu Beijing. Pada Selasa, Presiden Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Xi Jin Ping bersama dengan Perdana Menteri China, Li Ke Qiang di Diao Yu Tai, Beijing. Kunjungan Presiden Jokowi ini bersifat tertutup mengingat China masih cukup ketat menerapkan protokol kesehatan dan pembatasan orang yang masuk ke dalam ruangan. Hal ini dilakukan karena di China sendiri angka penderita covid-19 kembali mengalami peningkatan drastis.

China sendiri merupakan salah satu dari sekian mitra dagang Indonesia terlepas dari beberapa konflik yang terjadi di antara kedua negara salah satunya adalah perbatasan laut Natuna. Pada tahun 2021, kerja sama China dan Indonesia menghasilkan dana sebesar 110 miliar Dollar Amerika. Sedangkan China juga melakukan investasi di Indonesia dan merupakan investor ketiga terbesar untuk Indonesia dengan total investasi 3,2 miliar Dollar Amerika pada tahun 2021.

Hal yang menarik dari kunjungan Presiden Jokowi kali ini adalah terlihat bendera Indonesia berkibar di Lapangan Tiananmen, Kota Terlarang China di Beijing. Bendera Indonesia terlihat berkibar bersama dengan bendera resmi negara China. Pengibaran bendera negara lain ini merupakan hal yang langka yang terjadi di negara China sendiri. Pengibaran bendera Indonesia ini sontak menjadi perhatian dari wisatawan lokal dan mancanegara yang sedang berwisata di sekitar Kota Terlarang.

Baca juga :  Mahathir Mohammad Khawatir Najib Rajak Salahgunakan Kekuasaan

Kunjungan Presiden Jokowi ini diketahui bertepatan dengan liburan musim panas yang terjadi di seluruh negara China, sehingga wajar jika Kota Terlarang saat itu terlihat dipadati wisatawan. Menurut salah satu perwira kepolisian China yang mendapat tugas mengibarkan bendera Indonesia di Kota Terlarang. Pengibaran bendera ini merupakan simbol dari dukungan masyarakat China terhadap kerja sama yang dijalin antara China dan Indonesia.

Sementara itu sejumlah media asing seperti Aljazeera dan Reuters menyoroti kunjungan Presiden Jokowi ke China kali ini. Menurut mereka sejak pandemi covid-19 berakhir belum ada pejabat negara lain yang berani melakukan pertemuan dengan Presiden China bahkan mengunjungi negaranya. Selain itu kunjungan Indonesia ke China memberikan kesempatan besar bagi Indonesia membahas banyak hal bersama China terutama masalah ekonomi dan investasi.

Sementara Indonesia juga memiliki banyak sumber daya alam melimpah yang merupakan sebuah kesempatan besar bagi China untuk melakukan kerja sama. Adapun beberapa sumber daya alam tersebut seperti forenikel, batu bara, tembaga, dan gas alam yang sangat menggiurkan bagi negara lain. Sementara salah satu media Malaysia, The Star menganggap kunjungan Indonesia ke China merupakan salah satu moment besar yang paling dinantikan China saat ini. China berharap dapat membangun lebih kuat rasa saling percaya yang strategis dan kerja sama praktis di antara keduanya. Selain itu China juga berharap dapat membangun model bisnis yang saling menguntungkan dalam situasi dunia seperti saat ini. (Angela Limawan)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...