Home Metropolitan Pembangunan Proyek Infrastruktur PUPR 2021 Senilai Rp 46 Triliun Dilelang Dini

Proyek Infrastruktur PUPR 2021 Senilai Rp 46 Triliun Dilelang Dini

TELENEWS.ID, JAKARTA – Guna mempercepat realisasi pelaksanaan kegiatan infrastruktur Tahun Anggaran 2021, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai proses pelelangan proyek infrastruktur.

Sebanyak 4.060 jumlah paket telah dilelang dengan nilai Rp46,64 triliun, di mana pelelangan tersebut dimulai sejak Oktober 2020.

Jumlah paket lelang proyek tersebut seiring waktu masih akan terus bertambah, sesuai informasi yang terekam dalam sistem e-monitoring pada status per 28 November 2020.

“Lelang dini dapat meningkatkan kualitas pembelanjaan anggaran pembangunan infrastruktur karena pekerjaan dapat dimulai lebih awal,” demikian dikatakan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Menurut menteri Basuki, kualitas kontruksi akan selalu menjadi perhatian utama guna menjaga kepercayaan masyarakat dalam membelanjakan uang negara melalui berbagai proyek pembangunan infrastruktur.

Dalam keterangan tertulis, yang dikutip dari Antara Minggu (29/11/2020), menteri Basuki mengatakan, “Kontraktor penyedia jasa yang berkualitas dengan sendirinya akan banyak dicari oleh pengguna jasa.”

Dan, untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dampak Pandemi Covid-19, Kementerian PUPR akan fokus pada enam program. Demikian dijelaskan menteri Basuki.

Enam program tersebut adalah peningkatan ketahanan pangan, pengembangan konektivitas, peningkatan kesehatan lingkungan dan masyarakat, serta peningkatan investrasi.

Selanjutnya penguatan jaringan pengamanan nasional seperti diantaranya Program Padat Karya Tunai, pembelian produk rakyat, pemberdayaan pengusaha lokal, dan terakhir adalah program peningkatan ketahanan bencana dan perubahan iklim.

Pagu anggaran Kementerian PUPR Tahun Anggaran (TA) 2021 adalah sebesar Rp149,81 triliun, sesuai dengan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2021 yang telah disetujui oleh Komisi V DPR RI.

Dimana pengalokasian anggaran tersebut adalah senilai Rp58,55 triliun untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air, Rp26,56 triliun untuk permukiman, dan Rp8,09 triliun untuk perumahan.

Baca juga :  Ingin Pulihkan Pariwisata, Pemkab Bogor Galakkan Promosi Wisata Digital

Selanjutnya senilai Rp563,79 miliar untuk pengembangan sumber daya manusia, Rp757,68 miliar untuk pembinaan konstruksi, Rp273,68 miliar untuk pembiayaan infrastruktur, Rp748,20 miliar untuk dukungan manajemen, Rp101,74 miliar untuk pengawasan, serta Rp206,18 miliar untuk perencanaan infrastruktur.

Sedangkan yang terekam dalam sistem e-monitoring status per 27 November 2020, untuk pelaksanaan tender proyek tersebut adalah sebanyak 1.910 paket untuk infrastruktur bidang sumber daya air senilai Rp18,31 triliun, sebanyak 1.235 paket untuk infrastruktur konektivitas senilai Rp18,8 triliun, 630 paket untuk infrastruktur permukiman senilai Rp7,38 triliun, dan sebanyak 257 paket untuk perumahan senilai Rp1,88 triliun dari total pagu anggaran.

Asal kontrak paket pekerjaan tersebut adalah dari seluruh unit organisasi Kementerian PUPR yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Baca juga :  Underpass Senen Extension Siap Digunakan

Dalam proses pelelangan diharapkan dapat dilakukan peningkatan pemanfaatan Teknologi Informasi, penyederhanaan regulasi, peningkatan penggunaan Produk Dalam Negeri (TKDN), peningkatan peran UMKM, dan optimalisasi pengawasan untuk menindak tegas terhadap pelanggaran dan praktik KKN, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pungkas menteri Basuki. (MG)

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...