Home Gaya hidup Psikolog Peringatkan Efek Buruk Akibat Suka Pamer Kemewahan Seperti Indra Kenz

Psikolog Peringatkan Efek Buruk Akibat Suka Pamer Kemewahan Seperti Indra Kenz

TELENEWS.ID – Sebelum ditetapkan sebagai tersangka investasi bodong, Indra Kenz dikenal sebagai salah satu selebgram dan infleuncer yang tak sungkan memamerkan harta kekayaannya. Di akun media sosial miliknya, Indra kerap memamerkan kemewahan yang dimilikinya mulai dari rumah, barang branded hingga koleksi mobilnya.

Tak heran cap “sombong” pernah diterima oleh pria asal Medan ini. Selain aksi pamer harta yang ia lakukan, pernyataan Indra yang menyebut bahkan Tuhan pun tak akan bisa membuatnya miskin kembali jadi viral di media sosial.

“Kira-kira Tuhan kalau ubah nasib gua kembali jadi miskin gimana ya? Nih, nih, enggak bisa nih. Karena ketika gua sombong, gua pamer, udah mau dibuat Tuhan aku miskin, tiba-tiba baik aku, beramal, bersedekah, bantuin orang, (Tuhan jadi) bingung” ujar Indra beberapa waktu yang lalu.

“Habis aku dikasihlah aku makin kaya, dapat lagi rezeki itu, sombong lagi aku, pamer lagi, mau dimiskinkan lagi, aku beramal lagi, bersedekah lagi, maka Tuhan pun bingung, enggak tahu mau diapain lagi aku ini, hahaha,” tambahnya lagi.

Selain itu Indra juga menyebutkan segala pencapaian yang ia dapatkan, di usia 25 tahun. “Orang terkaya di Medan, Bang? Jelaslah. Umur 25 boy, lihat nih foto gua, tahun 2015 waktu gua masih dihina-hina orang, waktu gua masih miskin. Gua berani jamin umur 25, cuma gua satu-satunya di Medan yang punya jam harganya Rp 7 miliar. Punya Lamborghini, biasa. Punya rumah, biasa. Jam sekecil gini Rp 7 miliar, mampu enggak bos,” katanya.

Sejatinya selain Indra, banyak juga orang yang suka memamerkan kemewahannya di media sosial. Bahkan fenomena ini pernah menjadi bahan penelitian sejumlah psikolog dan ilmuwan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa 66% orang cenderung memilih mobil mewah daripada mobil biasa. Tetapi saat diminta memilih teman, para partisipan cenderung memilih berteman dengan orang yang biasa-biasa saja.

Baca juga :  Ilmuwan Berhasil Ubah Sampah Plastik Jadi Perasa Vanila

“Jadi, orang mengira simbol status seperti mengendarai mobil mewah akan meningkatkan minat pertemanan. Akan tetapi rupanya simbol status seperti itu, justru membuat calon teman kurang tertarik dengan pertemanan,” ujar salah satu peneliti, Stephen Garcia.

Efeknya juga sama ketika seseorang memamerkan jam tangan mewahnya. Satu kelompok peserta dalam eksperimen berpikir mengenakan jam tangan branded Tag Heuer yang mahal, akan membantu mereka mendapatkan teman. Tetapi mereka yang berperan sebagai calon teman mengatakan, mereka lebih suka bertemu dan orang dengan jam tangan yang lebih murah.

Menurut Garcia, psikolog menyebut efek ini sebagai perbedaan perspektif dalam perbandingan sosial. Menurutnya saat kita bergaul dengan orang, kita berusaha menunjukkan sisi paling sempurna dari diri kita. Kita juga ingin membuat orang lain terkesan dengan kita.

Namun menurut Garcia lagi, hal ini akan membuat kita sulit menemukan teman sejati. Ini karena orang cenderung tidak mau bergaul dengan orang lain yang lebih segalanya dari mereka. Tidak ada orang yang mau menjadi bayangan bagi orang lain, begitu kata Garcia lagi.

Baca juga :  Biar Makin Modis, Yuk Simak 4 Jenis Sepatu Wanita yang Diprediksi Bakal Trend di Tahun 2022

Jikapun ada yang mau berteman, Garcia memperingatkan adanya tujuan tersembunyi dari orang tersebut. Apakah tulus atau hanya mengambil keuntungan demi kepentingan mereka sendiri.

Jadi sementara kita membandingkan diri kita dengan orang lain, dan cenderung ingin menjadi lebih baik dari mereka, kita harus ingat bahwa semua orang melakukan hal yang sama. Ini artinya akan terus ada persaingan diantara teman, sehingga esensi pertemanan itu sendiri tak akan pernah bisa kita dapatkan lagi. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Tips Makeup Simpel untuk Datang ke Kondangan Pernikahan

TELENEWS.ID - Datang ke kondangan pernikahan menjadi hal yang cukup tricky untuk kaum Hawa. Selain harus memilih busana apa yang tepat untuk...

Kata Ahli, 5 Jenis Makanan Ini Harus Dikonsumsi Anak Setiap Hari

TELENEWS.ID - Orangtua akan melakukan segala cara agar buah hati mereka mendapatkan yang terbaik. Termasuk dalam urusan gizi dan kesehatan. Salah satunya...

Rakernas Partai Pelita Dihadiri Gatot Nurmantyo dan Ahmad Riza Patria

TELENEWS.ID – Pada Senin (16/05/2022) Partai baru, Partai Pelita mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Hotel Mercure Ancol, Jakarta Utara. Pada acara...

Wajarkah Merasa Cemas Setelah Jokowi Perbolehkan Lepas Masker di Area Terbuka? Ini Penjelasannya!

TELENEWS.ID - Presiden Jokowi mulai melonggarkan aturan penggunaan masker di ruangan terbuka. Presiden menyampaikan hal ini melalui video pernyataan pers yang disiarkan...