Home Nasional Hukum PT ALN Menggugat IKEA AG Supply, Apa Yang Digugat?

PT ALN Menggugat IKEA AG Supply, Apa Yang Digugat?

TELENEWS.ID – IKEA AG Supply, sebuah perusahaan pemasok produk dan peralatan rumah asal Swiss, tengah menghadapi tuntutan hukum yang dilayangkan oleh PT Agri Lestari Nusantara (PT ALN).

Mengutip dari laman resminya, PT ALN dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis yang menyediakan produk-produk turunan kelapa dari pengolahan sabut kelapa atau coco fiber di pabrik yang berdomisili di Bandar Lampung.

Sedangkan IKEA AG Supply adalah distributor dan pemasok resmi produk-produk rumah tangga asal Swiss. Produk-produknya meliputi peralatan kamar tidur, dekorasi ruangan, peralatan masak, ruang makan, elektronik, taman dalam ruangan, penerangan, hingga alat-alat binatu.

Baca Juga : Pemerintah Perketat Kembali PSBB di Jawa-Bali

Dikabarkan, PT ALN menuntut IKEA Supply AG Indonesia karena perbuatan yang melawan hukum. PT ALN pun meminta ganti rugi materil sebesar Rp 43 miliar dan immateriil sebesar Rp 500 miliar. Gugatan ini tertulis dengan nomor perkara 1170/Pdt.G/2020/PN Tng pada 14 Desember 2020 melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP).

Selain itu, PT ALN juga menuntut pengadilan untuk menjatuhkan denda kepada IKEA, selaku tergugat, agar membayar uang paksa (dwangsom) senilai Rp 50 juta. Jumlah uang paksa ini berlaku setiap satu hari penundaan jika IKEA tidak memenuhi hasil putusan perkara.

Penggugat juga menuntut adanya pernyataan secara hukum agar putusan perkara dapat diprioritaskan lebih dahulu walaupun ada upaya hukum lain yang diajukan oleh tergugat.

Penggugat juga menginginkan IKEA untuk membayar seluruh biaya yang diperlukan dalam mengurus perkara ini.

Sayangnya, setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut ke laman resmi sipp.pn-tangerang.go.id, di sana hanya tertulis “Perbuatan Melawan Hukum” sebagai klarifikasi perkara, tanpa keterangan lebih lengkap. Sejauh ini, belum ada informasi mengenai kasus apa yang mengakibatkan PT ALN menggugat IKEA AG Supply, entah itu wanprestasi atau hal lain.

Baca juga :  Berkas Perkara Belum Lengkap, KPK Perpanjang Penahanan Nurhadi selama 40 Hari

Menurut informasi terbaru, status perkara sudah memasuki tahap persidangan yang telah digelar pada 5 Januari 2021 silam. Persidangan berikutnya akan dilaksanakan pada 12 Januari 2021 mendatang.

Sementara, Communication and Community Manager IKEA Indonesia Metha Tri Rizka tidak mau berkomentar mengenai kasus hukum yang menjerat IKEA Supply AG. Alasannya, karena IKEA Supply AG dan IKEA Indonesia merupakan dua perusahaan yang berbeda.

Baca juga :  Sepekan Operasi Yustisi, Polri Tindak 800 Ribu Pelanggar Protokol Kesehatan

Dari hasil sidang pertama di pengadilan negeri Tangerang diketahui IKEA Supply AG adalah perusahaan asal Swiss dengan alamat perwakilannya di Tangerang, Provinsi Banten, Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

RSUP Persahabatan, Peninggalan Uni Soviet di Tanah Air

TELENEWS.ID – Siapa yang tak kenal Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan. Sebagian masyarakat, khususnya semua yang tinggal di Jakarta Timur, hampir...

Awas! BMKG Peringatkan Adanya Potensi Multirisiko Bencana

TELENEWS.ID – Nampaknya kita harus lebih waspada lagi di bulan-bulan awal 2021 ini.Baru-baru ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan...

Bedanya Investasi Emas Online vs Offline

TELENEWS.ID – Emas telah dikenal lama menjadi instrumen investasi yang disukai banyak orang.Kemudahan dan nilainya yang relatif stabil...

Tren Skincare 2021

TELENEWS.ID – Carut marutnya masa pandemi 2020 meninggalkan banyak kebiasaan dan pola hidup yang baru pada masyarakat dunia.Di...