Home Gaya hidup PTM Terbatas Mulai Dilaksanakan, Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat Kembali...

PTM Terbatas Mulai Dilaksanakan, Ini 6 Tips Jaga Kesehatan Anak Saat Kembali Sekolah

TELENEWS.ID-PTM atau Pembelajaran Tatap Muka secara terbatas mulai dilaksanakan di berbagai sekolah di wilayah PPKM level 1 hingga 3. Ini artinya sekolah-sekolah di daerah tersebut diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka, meskipun dengan jumlah siswa dan jam pelajaran yang terbatas.

Mendikbudristek Nadiem Makarim memang telah meminta sekolah-sekolah di daerah dengan PPKM level 1 dan 3 untuk segera melakukan pembelajaran tatap muka, meski terbatas dan dengan prokes yang sangat ketat.

“Dimana kita ingin mendorong semua kepala dinas bagi yang sudah di level 1 dan 3 mohon segera melaksanakan tatap muka terbatas. Mohon segera dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Nadiem saat berkunjung ke beberapa sekolah di Jakarta Timur yang telah melakukan PTM terbatas, Jumat (10/9/2021).

PTM terbatas tentu disambut secara beragam oleh masyarakat. Ada yang setuju karena anak-anak sudah terlalu lama belajar secara daring di rumah. Namun ada juga yang masih ragu, dan mempertanyakan kesiapan sekolah dan buah hati mereka untuk kembali belajar secara tatap muka.

Hal ini cukup beralasan sebab penyebaran virus COVID-19 di Indonesia masih cukup tinggi. Karena itulah jika ingin mempersiapkan anak-anak untuk PTM belajar, hal-hal berikut ini untuk tetap menjaga kesehatan buah hati selama kembali ke sekolah layak untuk diperhatikan!

  1. Pastikan buah hati sudah divaksinasi
    Vaksinasi menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan sebelum anak-anak kembali ke sekolah. Untuk memastikan kesehatan mereka, usahakanlah agar buah hati sudah mendapatkan vaksinasi yang aman dan dibutuhkan mereka.

Pemerintah sendiri merencanakan untuk melakukan vaksinasi massal kepada anak sekolah secara bertahap. Pihak Kemenkes menegaskan untuk sementara tak masalah jika anak-anak belum divaksin, asalkan guru dan staff pengajar di sekolah mereka sudah mendapatkan vaksinasi secara lengkap.

  1. Ajarkan anak-anak untuk selalu memakai masker
    Meskipun sudah divaksin dan berada di level 1 atau 3 PPKM, anak-anak tetap diwajibkan mengenakan masker. Karena itulah ajarkan anak-anak untuk selalu memakai masker, dan tidak melepasnya kecuali dalam kondisi tertentu.
  2. Bekali anak dengan masker cadangan dan hand sanitizer sendiri
    Untuk mencegah hal yang tak diinginkan, ada baiknya orangtua membekali anak mereka dengan masker cadangan dan juga hand sanitizer. Ini penting sebab terkadang anak lalai kemudian mengotori atau kehilangan masker mereka.
Baca juga :  Awas! Jangan Kenakan Pakaian Baru Tanpa Dicuci Lebih Dulu

Ajarkan pula anak-anak untuk tidak terlalu sering menyentuh wajah mereka. Bekali pula anak dengan hand sanitizer pribadi, dan ingatkan mereka untuk sering-sering mencuci tangan.

  1. Bekali anak dengan makanan dan minuman sendiri dari rumah
    Meskipun sudah diizinkan melakukan PTM terbatas, namun kantin sekolah tetap tidak diizinkan untuk buka. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumuman, dan resiko penyebaran virus dari makanan dan minuman yang kurang sehat.

Karena itulah bekali buah hati dengan makanan dan minuman sendiri dari rumah. Ingatkan mereka untuk tidak bertukar alat makan, dan selalu mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer yang mereka bawa dari rumah.

  1. Ajarkan anak untuk langsung pulang ke rumah
    PTM menjadi saat yang ditunggu oleh banyak anak karena mereka bisa bertemu, berkumpul dan bermain dengan teman-teman mereka lagi. Namun demi menjaga kesehatan mereka, ajarkan pada anak agar mereka langsung pulang saja setelah pembelajaran selesai dan tidak perlu bermain dulu dengan teman-teman mereka setelah pulang dari sekolah.
  2. Waspada akan kondisi kesehatan anak
    Orangtua juga harus awas dan waspada akan kesehatan anak selama PTM terbatas ini. Jika anak menunjukkan gejala sakit seringan apapun itu semisal batuk atau pilek, segera bawa mereka ke dokter dan jangan diizinkan untuk sekolah terlebih dahulu.
Baca juga :  Anda Tertarik Tinggal di Bulan? Segini Biayanya

Dengan syarat prokes yang ketatdari sekolah dan pemerintah, PTM terbatas boleh mulai dilaksanakan. Namun tentu saja orangtua tetap berperan penting untuk memastikan kesehatan anak selama masa PTM terbatas ini. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Berkaca Pada Celine Evangelista, Begini Cara Menciptakan Hubungan yang Sehat dengan Ibu

TELENEWS.ID - Hubungan Celine Evangelita dengan ibundanya, Vicentia Nurul kembali memanas. Belum lama ini Vicentia membongkar aib Celine, terkait kandasnya rumah tangga...

Jakarta International Stadium: Mega Proyek yang Dilalui 5 Orang Gubernur DKI

TELENEWS.ID - Jakarta International Stadium atau JIS adalah salah satu mega proyek Indonesia yang menyimpan banyak makna. Tidak hanya sarat dengan capital...

Jangan Panik, Ini Tips untuk Mengatasi Anak-anak yang Tidak Suka Makan Sayur dan Buah

TELENEWS.ID - Anak-anak memang tidak begitu menyukai buah dan sayuran. Padahal kedua jenis makanan itu merupakan sumber serat yang baik bagi kesehatan...

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID - Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik...