Home Nasional Puan Maharani, Imbau Pemerintah Perlu Turunkan Harga Pangan Menjelang Idul Adha

Puan Maharani, Imbau Pemerintah Perlu Turunkan Harga Pangan Menjelang Idul Adha

TELENEWS.ID – Lonjakan harga bahan pangan seperti cabai merah dan lainnya menjelang Idul Adha masih memberi beban ekonomi cukup berat bagi masyarakat.

Melihat dari hal tersebut Ketua DPR Puan Maharani meminta kepada pemerintah untuk bisa cepat mengoptimalkan semua agenda dan rancangan program bantuan sosial.

Hal tersebut memang perlu dilakukan untuk bisa menstabilkan harga pangan menjelang momen Idul Adha.

“Ibu-ibu sekarang menjerit, Mayoritas harga kebutuhan pangan melonjak cukup tinggi, dan ini harus segera diatasi untuk menjamin kesejahteraan masyarakat,” kata Puan pada Selasa 21 Juni 2022.

Pada sisi kenaikan harga bahan komoditas pangan saat ini sudah mengalami kenaikan sejak masa Idul Fitri lalu.

Hanya saja dari ketersediaan harga dan juga stabilnya beberapa komoditas masih sulit ditekan sehingga harganya masih tinggi.

Seperti halnya harga cabai rawit yang mana mencapai angka Rp 130.000 per kg. Kemudian pada harga bawang merah mengalami kenaikan menjadi Rp 60.000 per kg dari sebelumnya mencapai Rp 40.000 per kg.

Adanya kenaikan harga pada beberapa komoditas seperti telur, daging ayam, tomat hingga sayuran lainnya karena faktor cuaca.

Namun, Puan juga meminta kepada Pemerintah untuk bisa melakukan intervensi terutama pada harga minyak goreng di pasaran relatif belum menurun.

“Pemerintah melalui kementerian-kementerian terkait harus mengambil langkah tepat untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok yang sudah sangat meresahkan masyarakat.” kata Puan.

Puan juga menambahkan bahwa perlunya inovasi dan proses distribusi komoditas pangan hingga sentra produksi yang membutuhkan pasokan perlu diperhitungkan.

Adanya pasokan kebutuhan pangan yang tidak mengalami ketimpangan akan menjadi satu solusi kenaikan harga bisa turun.

“Pemangku kebijakan di sektor perdagangan dan pangan harus bisa bersinergi dalam mengatasi persoalan kenaikan harga pangan,” kata Puan.

Baca juga :  Tragedi Malari 1974, Tonggak Berdirinya Cita-Cita Ekonomi Negara yang Mandiri

Puan juga memberi himbauan kepada Pemerintah untuk bisa memaksimalkan pemberian bansos untuk rakyat kecil.

Sebab, dari pendapat Puan sendiri tingginya harga kebutuhan pokok tersebut masih berdampak terhadap kehidupan masyarakat terutama pada warga yang kurang mampu.

“Pemerintah pusat segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait pelaksanaan program bantuan sosial yang berfungsi sebagai jaring pengaman sosial bagi masyarakat miskin dan rentan miskin. Segera realisasikan bantuan yang masih tertunda seperti BLT subsidi gaji bagi para pekerja,” kata Puan.

“Negara harus bisa memastikan masyarakat dapat mengakses bahan pokok secara mudah dan harga terjangkau jelang hari raya Idul Adha,”: tambah Puan.

Pada sisi lain, Puan masih tetap memberi apresiasi terhadap rencana pemerintah yang memberi tambahan subsidi energi dan listrik.

Baca juga :  Peringati HUT ke- 75, TNI Gelar Donor Darah dan Bagikan Paket Sembako Bagi Masyarakat

Puan berharap bahwa dari inisiasi masih diberlakukan di semua program bantuan lainnya agar masyarakat tidak mampu bisa tercover sempurna.

“Termasuk pastikan dana Program keluarga Harapan (PKH) tersalurkan dengan tepat sasaran untuk rakyat yang berhak,” kata Puan. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...