Home Internasional Pulau-Pulau ini Terlarang untuk Dikunjungi

Pulau-Pulau ini Terlarang untuk Dikunjungi

TELENEWS.ID – Terdapat banyak sekali pulau indah di dunia yang menjadi destinasi berlibur andalan wisatawan seperti Hawaii, Bali, Maladewa (Maldives), Bora-Bora dan lainnya. Namun ada juga sejumlah pulau terpencil yang terlarang untuk dikunjungi dengan beragam alasan mulai dari sarang ular hingga suku pembunuh. Berikut kami rangkumkan beberapa di antaranya.

  1. Miyake-Jima (Jepang)
    Anda bosan harus mengenakan masker di luar rumah karena pandemi Corona? Hal tersebut rupanya sudah dilakukan penduduk sebuah pulau di Jepang setiap hari sejak tahun 2000 silam. Warga yang menetap di pulau Miyakejima terpaksa harus mengenakan masker di kehidupan sehari-hari akibat erupsi dari gunung Oyama. Bukan hanya bahaya letusan, gunung berapi itu juga menguarkan konsentrasi gas sulfur beracun dari tanahnya.
Miyake-Jima (source Pinterest)

Pada tahun 2000, terjadi erupsi besar gunung Oyama yang menimbulkan reaksi gas beracun masif sehingga seluruh warganya harus dievakuasi. Lima tahun berselang, mereka baru diijinkan kembali ke tanah kelahiran mereka, dengan syarat wajib mengenakan masker gas setiap hari demi keselamatan jiwa mereka.

  1. Pulau Sentinel (India)
    Terletak di bagian Utara India, pulau Sentinel merupakan ‘rumah’ bagi sebuah suku primitif selama ribuan tahun. Mereka memiliki ciri-ciri fisik kulit berwarna hitam, rambut ikal, dan tidak mengenakan pakaian. Suku sentinel pun masih menggunakan tombak dan busur serta anak panah untuk memburu hewan-hewan yang berkeliaran di pulau kecil yang dikelilingi hutan.
Pulau Sentinel (source Pinterest)

Terisolasi mereka dari dunia luar merupakan pilihan yang memang diambil oleh suku sentinal. Mereka dikenal sangat membenci pendatang dan tak segan menembakkan panah mereka pada orang-orang yang berniat mengunjungi pulau tersebut.

Pada tahun 2016 silam, seorang Misionaris Kristen asal AS bernama John Allen Chau bahkan harus merenggang nyawa karena nekat berusaha menyebarkan ajaran agamanya ke pulau Sentinel. Jasadnya pun tidak bisa diambil dan dikuburkan dalam sebuah tumpukan pasir di pulau tersebut.

  1. Ilha da Queimada Grande (Brasil)
    Kendati sekilas terlihat biasa, bahkan indah dengan perpaduan tebing karang, laut biru jernih dan hutan tropis nan asri, Ilha da Queimada Grande sangat tidak direkomendasikan untuk dikunjungi. Bahkan pulau ini mendapat predikat sebagai tempat paling berbahaya di muka bumi! Pasalnya, Ilha da Queimada Grande merupakan habitat dari ribuan ular Viper tombak emas yang racunnya bisa membunuh manusia dalam waktu satu jam. Tak heran jika ia juga disebut sebagai Snake Island atau Pulau Ular.
Baca juga :  Diduga Trauma, Veteran Israel Bakar Diri Usai Berperang di Gaza
Ilha de Queimada (source Twitter @SeriousStrange)

Konon menurut cerita, bahaya Pulau Ular diketahui setelah kematian sejumlah nelayan yang berniat memetik pisang di pulau tersebut. Pemerintah setempat pun pernah membangun sebuah mercu suar, namun keluarga yang menempatinya pun kabarnya tewas karena dipatuk ular-ular tersebut. Kini, Pulau Ular tak berpenghuni sama sekali; kendati banyak pemburu gelap yang ‘nekat’ menyambanginya untuk menangkap ular-ular viper tombak emas demi menjualnya dengan harga ribuan dolar per ekor.

  1. Pulau Gruinard (Skotlandia)
    Mungil, sepi dan berwarna kehijauan, Pulau Gruinard tampak damai dan tak berbahaya. Namun di tahun 1940, ada kisah mengerikan di pulau tersebut. Tepatnya pada masa awal Perang Dunia 2, aliansi Sekutu tengah menyelidiki bahaya dari penyakit Antrax yang marak digunakan Jepang sebagai senjata biologis.
Pulau Gruinard (source Reddit)

Karena bakteri penyakit tersebut dapat bertahan dalam kondisi yang keras hingga berabad-abad, mereka membutuhkan sebuah pulau terpencil dan tak berpenghuni untuk melakukan tes sekaligus tempat karantina. Pulau Gruinard ditemukan cocok untuk tujuan tersebut. Pada tahun 1942, sekitar delapan puluh domba dibawa ke pulau itu dan bom berisi spora antraks kering meledak di dekat tempat domba-domba itu diikat. Dalam beberapa hari terpapar, domba-domba itu berjatuhan seperti lalat.

Baca juga :  Akuisisi Perusahaan Mobil di Inggris, David Beckham Bersiap Bisnis Mobil Listrik

Spora antraks dari percobaan tersebut menolak mati sehingga tak bisa dihuni selama lima puluh tahun. Pada tahun 1986, sebuah perusahaan Inggris dibawa untuk mendekontaminasi pulau itu dengan cairan formaldehida. Meski demikian, tak ada yang bisa memastikan apakah virus antraks memang telah lenyap dari pulau Gruinard, sehingga tempat itu masih tak direkomendasi untuk dikunjungi hingga kini.

  1. Pulau Macquarie (Australia)
    Berada di bagian Selatan Samudra Pasifik, Pulau Macquarie merupakan pusat penelitian para ahli biologi untuk melihat ratusan jenis burung laut dan mamalia yang berkembang biak setiap musim semi. Saat ini, pulau tersebut menjadi ‘surga’ bagi ribuan spesies pinguin dan ratusan anjing laut yang berkumpul disana setiap tahunnya.
Pulau Macquarie (source Tasmania Parks and Wildlife Service)

Melihat fenomena tersebut, pemerintah setempat pun akhirnya menjadikan Pulau Macquarie sebagai tempat konservasi eksklusif dan melarang adanya kunjungan manusia ke sana. Mereka yang diperbolehkan tinggal di Pulau Macquarie adalah para ilmuwan biologi yang bekerja di stasiun penelitian. Maksimal hanya 40 orang yang boleh tinggal di Macquarie selama musim panas, dan 20 pada musim dingin. (Billy Bagus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....