Home Daerah Puluhan UMKM di Bandung Siap Tembus Pasar Istanbul

Puluhan UMKM di Bandung Siap Tembus Pasar Istanbul

TELENEWS.ID – Kota Bandung siap membuat sebuah gebrakan dengan membawa puluhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menembus pasar Istanbul, Turki. Kota Bandung memang dikenal dengan industri kreatifnya ini memiliki beberapa jenis produk yang bisa diandalkan, mulai dari sandang hingga pangan.

Puluhan UMKM di Kota Bandung memiliki potensi yang sangat besar untuk menembus pasar Istanbul dengan menonjolkan beberapa produk kerajinan, olahan makanan hingga produk lainnya seperti mukena, pakaian atau sepatu khas Cibaduyut.

UMKM yang dibina oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung akan menggandeng empat pengusaha diaspora Indonesia yang berada di Turki untuk menjajaki pasar di Istanbul.

Agar hal tersebut segera terealisasi, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengundang secara virtual keempat pengusaha diaspora tersebut untuk memberikan informasi mendalam tentang dunia perdagangan di Istanbul.

Keempat pengusaha diaspora tersebut adalah Fardal Yilmas dari IPEMI Turki, Yogi Abimanyu dari PERPAKI atau Kaya Sinerji, Lenny Mila dari KEMI Turki, dan Emilio Bisanto dari Entur Global. 

Emilio Bisanto selaku pemilik Entur Global, perusahaan yang bergerak di sektor ekspor dan impor, menuturkan bahwa kerja sama ini akan membuat pergerakan ini menjadi lebih efektif. 

Selain itu, proses pendalaman informasi tentang pasar juga akan membantu para pengusaha Indonesia sehingga produk yang ditawarkan akan lebih mudah untuk dipasarkan.

Sementara itu, Imam As’ari selaku Konsul Jenderal RI di Istanbul mengungkapkan bahwa pada triwulan pertama tahun 2021 ini perkembangan ekonomi di Turki sangat baik yaitu berada di 7%.

Imam pun menuturkan agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal oleh Indonesia perihal menembus pasar Internasional. Hal ini dikarenakan Turki juga sedang mendirikan depo-depo ekonomi di beberapa negara seperti Libya dan Amerika. 

Baca juga :  DPRD Jabar Desak Pemkab Garut Usulkan Garut Utara Jadi DOB

Imam pun menekankan sangat penting untuk mengetahui karakteristik pasar. Meskipun banyak kemiripan namun karakter Turki sedikit berbeda dengan Indonesia.

Bukan hanya inovasi dan kerja sama di beberapa aktivitas, namun pengusaha yang hadir dalam diskusi virtual tersebut dituntut harus bisa kompetitif perihal harga.

Imam juga berharap bahwa para pengusaha tersebut juga bisa mengikuti rekam jejas sukses brand mie instan ternama asal Indonesia yang telah sukses menembus pasar di Turki. Imam pun menuturkan bahwa salah satu kunci suksesnya adalah mampu membaca pasar. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Inilah 5 Trik Mudah untuk Bebas Stress Menjelang Perayaan Natal

TELENEWS.ID - Tinggal hitungan hari lagi maka umat Kristiani akan bersuka cita merayakan Natal. Selayaknya hari besar lainnya, banyak persiapan yang harus...

Ladies, Kenali 6 Tanda Cowok Parasit yang Perlu Diwaspadai

TELENEWS.ID - Hubungan mantan pasangan Laura Anna dan Gaga Muhammad kembali memanas. Laura yang merasa dirugikan baik secara fisik maupun finansial, akhirnya...

Mengenal Situationship yang Bisa Menjebakmu Dalam Hubungan Toxic Tanpa Status

TELENEWS.ID - Apakah kamu memiliki seorang teman yang memperlakukan kamu dengan mesra, dan memberikan perhatian lebih dari seorang teman? Akan tetapi sayangnya,...

Hati-hati, Dokter Peringatkan Bahaya Memakai Celana Jeans Ketat Bagi Organ Intim Wanita

TELENEWS.ID - Praktis, stylish dan bisa dipadukan dengan jenis busana apa saja membuat celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit kaum...