Home Gaya hidup Rachel Vennya Akhirnya Minta Maaf, Begini Cara Minta Maaf Yang Tulus Namun...

Rachel Vennya Akhirnya Minta Maaf, Begini Cara Minta Maaf Yang Tulus Namun Efektif

Telenews.id-Rachel Vennya akhirnya meminta maaf. Usai heboh simpang siur kabar dirinya kabur dari Wisma Atlet usai liburan ke luar negeri, ibu dua anak ini akhirnya mengungkapkan permintaan maafnya melalui akun media sosial miliknya.

Melalui story Instagram miliknya, wanita yang kerap disapa Buna itu mengungkapkan permintaan maaf dan penyesalannya. “Aku mau minta maaf sama kalian semua atas semua kesalahan aku,” tulisnya. Selain itu wanita yang katanya hanya menjalani tiga hari masa karantina di Wisma Atlet itu berharap, mendapatkan pelajaran berharga dari kasus yang kini tengah menjeratnya ini.

“Aku meminta maaf yang sebesar-besarnya dan semoga semua hal buruk yang pernah aku lakukan di hidup aku menjadi pelajaran buat aku. Untuk selalu berpikir saat melangkah ke depan dengan baik,” tulisnya lagi.

Ia juga mengungkapkan permintaan maaf atas sikapnya yang sombong dan merugikan orang lain. “Aku mau minta maaf sama kalian semua atas semua kesalahan aku. Kadang saya menyakiti orang lain, merugikan orang lain, egois, dan sombong,” tulisnya di story akun Instagram miliknya, @rachelvennya.

Permintaan maaf Rachel Vennya sebaiknya kita apresiasi, karena pada akhirnya dia memiliki itikad baik untuk menyampaikan permintaan maaf meski tanpa mengklarifikasi mengenai rumor ia kabur dari Wisma Atlet usai liburan ke luar negeri.

Meminta maaf sendiri merupakan suatu hal yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang permintaan maafnya justru makin menyulut emosi orang lain karena dianggap tidak ikhlas dan tidak tulus pula. Lalu bagaimana cara meminta maaf yang tulus serta efektif meredam emosi orang lain itu?

  1. Akui kesalahanmu
    Pertama-tama tentu kamu harus mengakui kesalahanmu. Kamu tidak bisa mengatakan “Aku minta maaf tapi aku…” karena itu akan terdengar tidak ikhlas dan kamu masih berusaha menutupi kesalahanmu. Selain itu kamu harus mengungkapkan kesalahan apa yang kamu lakukan, dan tak hanya mengatakan permintaan maaf secara umum saja.
  2. Bertanggung jawab
    Selain mengakui kesalahan, kamu juga harus bertanggung jawab dengan apa yang telah kamu lakukan. Bertanggung jawab artinya kamu menyadari bahwa apa yang kamu lakukan salah, dan melukai serta merugikan orang lain. Tunjukkan kalau kamu menyadari apa yang kamu lakukan menyakiti orang lain, dan kamu akan bertanggung jawab atas kerugian yang mungkin mereka alami.
  3. Jangan bertele-tele
    Ketika kamu minta maaf pada orang lain, usahakan untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan tak bertele-tele. Kamu bisa membela diri, namun yang pertama tentu kamu harus mengakui dulu kesalahanmu dan menunjukkan penyesalanmu. Gunakan bahasa yang simple, namun menunjukkan kalau kamu benar-benar menyesal melakukan kesalahan tersebut.
  4. Tunjukkan penyesalanamu
    Menunjukkan kalau kamu menyesal dan tak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa depan, akan membuat permintaan maaf mu lebih efektif dan juga tulus. Tunjukkan kalau kamu tahu apa kesalahan yang kamu lakukan, dan kamu menyesal telah melakukan hal buruk tersebut. Katakan pada orang yang kamu sakiti kalau kamu akan berusaha memperbaiki keadaan, atau menanggung kerugiaan atas kesalahan yang kamu lakukan.
  5. Bersabar
    Kalau kamu sudah meminta maaf dengan tulus, menunjukkan penyesalanmu dan berjanji tak akan mengulangi kesalahan itu lagi, maka tugasmu sudah selesai. Permintaan maaf yang tulus, seharusnya ditanggapi dengan penghargaan yang tulus pula. Jadi tugasmu telah selesai disini. Bersabarlah karena mungkin orang yang kamu lukai butuh waktu agak lama untuk memberimu maaf. (Yuyun)
Baca juga :  Tips Mudah Namun Efektif untuk Merawat Rambut di Musim Hujan, Kamu Wajib Coba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Single ‘Patah’, Pembuktian Eksistensi Karier Seorang Arie Solois

TELENEWS.ID – Seorang penyanyi asal Serang, Banten, Arie Solois membuktikan bahwa dirinya mampu merintis kariernya sebagai penyanyi dari jalanan menuju gemerlap panggung...

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...