Home Gaya hidup Rachel Vennya Akhirnya Minta Maaf, Begini Cara Minta Maaf Yang Tulus Namun...

Rachel Vennya Akhirnya Minta Maaf, Begini Cara Minta Maaf Yang Tulus Namun Efektif

Telenews.id-Rachel Vennya akhirnya meminta maaf. Usai heboh simpang siur kabar dirinya kabur dari Wisma Atlet usai liburan ke luar negeri, ibu dua anak ini akhirnya mengungkapkan permintaan maafnya melalui akun media sosial miliknya.

Melalui story Instagram miliknya, wanita yang kerap disapa Buna itu mengungkapkan permintaan maaf dan penyesalannya. “Aku mau minta maaf sama kalian semua atas semua kesalahan aku,” tulisnya. Selain itu wanita yang katanya hanya menjalani tiga hari masa karantina di Wisma Atlet itu berharap, mendapatkan pelajaran berharga dari kasus yang kini tengah menjeratnya ini.

“Aku meminta maaf yang sebesar-besarnya dan semoga semua hal buruk yang pernah aku lakukan di hidup aku menjadi pelajaran buat aku. Untuk selalu berpikir saat melangkah ke depan dengan baik,” tulisnya lagi.

Ia juga mengungkapkan permintaan maaf atas sikapnya yang sombong dan merugikan orang lain. “Aku mau minta maaf sama kalian semua atas semua kesalahan aku. Kadang saya menyakiti orang lain, merugikan orang lain, egois, dan sombong,” tulisnya di story akun Instagram miliknya, @rachelvennya.

Permintaan maaf Rachel Vennya sebaiknya kita apresiasi, karena pada akhirnya dia memiliki itikad baik untuk menyampaikan permintaan maaf meski tanpa mengklarifikasi mengenai rumor ia kabur dari Wisma Atlet usai liburan ke luar negeri.

Meminta maaf sendiri merupakan suatu hal yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Banyak orang yang permintaan maafnya justru makin menyulut emosi orang lain karena dianggap tidak ikhlas dan tidak tulus pula. Lalu bagaimana cara meminta maaf yang tulus serta efektif meredam emosi orang lain itu?

  1. Akui kesalahanmu
    Pertama-tama tentu kamu harus mengakui kesalahanmu. Kamu tidak bisa mengatakan “Aku minta maaf tapi aku…” karena itu akan terdengar tidak ikhlas dan kamu masih berusaha menutupi kesalahanmu. Selain itu kamu harus mengungkapkan kesalahan apa yang kamu lakukan, dan tak hanya mengatakan permintaan maaf secara umum saja.
  2. Bertanggung jawab
    Selain mengakui kesalahan, kamu juga harus bertanggung jawab dengan apa yang telah kamu lakukan. Bertanggung jawab artinya kamu menyadari bahwa apa yang kamu lakukan salah, dan melukai serta merugikan orang lain. Tunjukkan kalau kamu menyadari apa yang kamu lakukan menyakiti orang lain, dan kamu akan bertanggung jawab atas kerugian yang mungkin mereka alami.
  3. Jangan bertele-tele
    Ketika kamu minta maaf pada orang lain, usahakan untuk menggunakan bahasa yang sederhana dan tak bertele-tele. Kamu bisa membela diri, namun yang pertama tentu kamu harus mengakui dulu kesalahanmu dan menunjukkan penyesalanmu. Gunakan bahasa yang simple, namun menunjukkan kalau kamu benar-benar menyesal melakukan kesalahan tersebut.
  4. Tunjukkan penyesalanamu
    Menunjukkan kalau kamu menyesal dan tak akan mengulangi kesalahan yang sama di masa depan, akan membuat permintaan maaf mu lebih efektif dan juga tulus. Tunjukkan kalau kamu tahu apa kesalahan yang kamu lakukan, dan kamu menyesal telah melakukan hal buruk tersebut. Katakan pada orang yang kamu sakiti kalau kamu akan berusaha memperbaiki keadaan, atau menanggung kerugiaan atas kesalahan yang kamu lakukan.
  5. Bersabar
    Kalau kamu sudah meminta maaf dengan tulus, menunjukkan penyesalanmu dan berjanji tak akan mengulangi kesalahan itu lagi, maka tugasmu sudah selesai. Permintaan maaf yang tulus, seharusnya ditanggapi dengan penghargaan yang tulus pula. Jadi tugasmu telah selesai disini. Bersabarlah karena mungkin orang yang kamu lukai butuh waktu agak lama untuk memberimu maaf. (Yuyun)
Baca juga :  Waspadai Jenis 5 Makanan Ini Bisa Bikin Penampilanmu Jadi Terlihat Tua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...