Home Nasional Politik Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

Rachmat Gobel Diisukan Jadi Menteri Pertanian?

TELENEWS.ID – Nama Rachmat Gobel belakang santer diisukan akan menjadi jajaran kabinet Presiden Jokowi. Rumor tersebut adalah pertimbangan dari beberapa pengamat politik yang menyematkan nama Rachmat Gobel sebagai hasil reshuffle yang dilangsungkan dalam waktu dekat.

Robertho Manurung, salah satu pengamat sosial politik mengatakan, Rachmat Gobel layak menjadi Menteri Pertanian karena selama ini juga telah berhasil mengembangkan tanaman jagung di Gorontalo.

Berdasarkan pendapat Robertho, Indonesia berat untuk kembali swasembada beras, namun dimungkinkan melakukan swasembada jagung dan hasil pertanian lainnya. “Penting didorong Indonesia bisa swasembada jagung agar menekan masuknya impor dari luar negeri yang tentunya bisa mempengaruhi kesejahteraan petani. Bahkan, bisa memiskinkan desa,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan masuknya Rachmat Gobel diharapkan bisa memacu aneka komoditas pangan di Tanah Air. “Derasnya impor produk pangan membuat harga produk dari petani menjadi rendah. Akibatnya, para petani menjadi kurang gairah bekerja,” ucapnya.

Ini, lanjutnya, diperparah dengan banyak pemuda di desa memilih hijrah ke kota dengan kemampuan seadanya. “Pun sesampai di kota hanya bekerja sebagai tenaga kasar,” imbuh Robertho.

Ia menegaskan, hal ini bila tidak cepat diantisipasi oleh Pemerintah, tentu akan membuat pertanian akan semakin merosot. “Kita butuh orang yang betul-betul punya kemampuan lebih dalam mengelola tanah di Indonesia sehingga menghasilkan produk-produk yang bukan saja mencukupi kebutuhan rakyat, tapi juga mampu menambah pendapatan negara,” ujarnya.

Rachmat Gobel, sambung Robertho, kemampuannya teruji dalam mengolah pertanian, khususnya tanaman jagung. Pun, dalam kapasitas sebagai Wakil Ketua DPR, sambungnya, beliau gencar menyerukan pemakaian produk dalam negeri sebagai bentuk kemandirian bangsa. “Karenanya, adalah tepat bila Rachmat Gobel dipercaya sebagai Menteri Pertanian,” pangkas Robertho.

Baca juga :  Ahok Dilaporkan Adhie Massardi CS Terkait Dugaan Korupsi

Seperti diketahui, relawan Jokowi menyuarakan bahwa kabinet pemerintahan Presiden Jokowi harus diberlakukan reshuffle kabinet. Salah satu yang tersorot yakni Menteri Pertanian. Bukan tanpa alasan, ada indikasi beberapa menteri yang bercokol sekarang ini mulai tidak fokus bekerja, tapi sudah memikirkan Pemilu 2024 nanti. (Dion)

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...