Home Ekonomi Figur Rafathar Cemburu pada Adik Barunya, Ikuti 4 Tips Ini Agar Anak Pertama...

Rafathar Cemburu pada Adik Barunya, Ikuti 4 Tips Ini Agar Anak Pertama Tak Cemburu pada Adik Mereka

TELENEWS.ID – Raffi Ahmad dan Nagita Slavina akhirnya dikaruniai anak kedua. Kelahiran anak kedua pasangan sultan Andara ini sempat diwarnai dengan kabar bahwa Rafathar Malik Ahmad, putra pertama mereka sempat merasa cemburu pada adik barunya itu.

“Jadi, tadi Rafathar sudah ketemu sama dedek bayinya, tapi kayaknya Rafathar sedikit cemburu,” kata Raffi. “(Rafathar) Memang agak-agak cemburu, tapi nanti coba kita akurin,” tutur Raffi mengenai kecemburuan anak pertamanya itu pada adiknya.

Kecemburuan seorang kakak saat adiknya lahir ke dunia ini memang wajar terjadi. Beberapa orang beranggapan hal ini merupakan sesuatu yang lucu dan menggemaskan. Namun ternyata jika dibiarkan, hal tersebut bisa berakibat buruk pada si anak itu sendiri.

Jika tidak ditangani dengan tepat, kecemburuan yang ekstrem di antara saudara kandung dapat menyebabkan kesulitan bergaul saat mereka dewasa nanti. Bahkan hal itu bisa menjadi ancaman signifikan terhadap kesehatan emosional sang anak di masa mendatang.

Ketika seorang anak baru lahir, saudara yang lebih tua sering merasa terabaikan dalam keluarganya. Sebagai akibatnya, mereka menganggap adik barunya sebagai saingan untuk mendapatkan perhatian orang tua. Inilah dasar dari kecemburuan dan persaingan saudara kandung yang sering terjadi.

Tanda-tanda kecemburuan pada anak yang lebih tua termasuk perilaku lebih rewel dan menuntut, perubahan suasana hati atau amarah dengan lekas marah, mendadak terus bergantung pada orangtuanya dan mengalami perubahan kebiasaan makan dan tidur. Lalu apa yang bisa dilakukan orangtua agar anak tertua mereka tak merasa cemburu pada adik barunya?

  1. Pujilah si sulung karena telah menjadi kakak laki-laki atau perempuan yang baik
    Memuji si sulung adalah hal yang bisa dilakukan orangtua untuk mengatasi kecemburuan mereka pada adik barunya. Pujilah si sulung saat mereka berperilaku baik dan menjaga adik mereka. Ini karena jauh lebih mudah untuk menjaga perilaku positif mereka melalui pujian, daripada memperbaiki perilaku negatif si sulung.
  2. Tanamkan pada anak untuk bekerjasama dan bukan bersaing
    Persaingan menjadi pemicu kecemburuan antar saudara kandung. Karena itulah bering dorongan pada mereka untuk bekerja sama, bukan saling bersaing. Saat mereka melihat adik mereka sebagai partner kerjasama, maka orangtua bisa menanamkan nilai-nilai saling memiliki dan menyayangi antara saudara.
  3. Jangan sisihkan si sulung
    Saat adik mereka lahir ke dunia, si sulung akan merasa tersisih dan tak lagi jadi pusat perhatian keluarganya. Karena itulah jangan pernah menyisihkan si sulung dan libatkan dia dalam aktivitas-aktivitas yang orangtua lakukan. Ajaklah dia untuk membantu mengganti popok adiknya, atau mengajak untuk bermain dengan saudara barunya.
  4. Bicara dengannya
    Raffi Ahmad sendiri berencana untuk memberikan pengertian pada Rafathar mengenai adik barunya. Hal ini bisa dilakukan oleh orangtua, terutama jika si sulung sudah cukup besar untuk memahami bahwa mereka kini memiliki seorang adik. Karena itulah orangtua bisa bicara dan memberikan pengertian bahwa kasih sayang untuknya masih tetap sama meski kini dia telah memiliki adik.
  5. Jangan pernah bandingkan mereka
    Salah satu kebiasaan toxic orangtua adalah membandingkan anak-anak mereka. Hal ini tentu bukan sesuatu yang benar, sebab anak-anak sekalipun mereka bersaudara, punya sikap dan kelebihan masing-masing. Alih-alih membandingkan, bicarakan pencapaian masing-masing anak tanpa membandingkannya dengan yang lain. Hindari memberi label atau sebutan kurang baik pada anak, karena itu akan membuat mereka percaya bahwa mereka memang lahir dengan sifat itu.
Baca juga :  Tak Bisa Keluar Rumah Karena Hujan? Cobain 5 Aktivitas Seru Saat Natal Bersama Keluarga di Rumah
Baca juga :  Terungkap, Inikah Alasan Ilmiah Dibalik Mimpi Gigi yang Copot?

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua, agar anak sulung mereka tak cemburu ketika adik barunya lahir ke dunia ini. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...