Home Travel Destinasi Ragam Wisata Religi Kristiani di Indonesia

Ragam Wisata Religi Kristiani di Indonesia

TELENEWS.ID – Sebagian masyarakat Indonesia memanfaatkan momen liburan Natal bersama keluarga. Selain wisata alam atau taman bermain, beberapa orang memilih untuk berwisata religi. Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ternyata Indonesia juga memiliki destinasi wisata religi yang cocok dikunjungi pada saat libur Natal.

Gua Maria Lourdes Pohsarang Kediri

Di Kediri terdapat patung Bunda Maria yang merupakan replika dari Gua Maria di Lourdes, Perancis. Namanya, Gua Maria Lourdes Pohsarang yang berada di Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Lokasinya berada satu wilayah dengan Gereja Pohsarang. Selain patung Bunda Maria, wisatawan juga bisa melakukan Jalan Salib dengan khusyuk.

Salib Kasih Tapanuli Utara

Wisata religi yang ada di Sumatera Utara ini terdapat sejarah di balik pembangunan destinasinya. Yaitu, Bukit Salib Kasih yang berada sekitar 2 kilometer dari Kota Tarutung, tepatnya di Bukit Dolok, Siatas Barita, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Salib Kasih ini dibangun untuk mengenang jasa seorang misionaris kristen berasal dari Jerman, bernama Ingwer Ludwig Nommensen. Dan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama saat Natal dan Paskah.

Graha Maria Annai Velangkanni Medan.

Unik dan menarik. Gereja Katolik ini dibangun dan didedikasikan untuk Bunda Maria, sebagai Bunda Penyembuh yang terkenal di India sebagai Annai Velangkanni Arokia Matha. Arsitekturnya yang berupa kuil membuat banyak umat kristen dan wisatawan berkunjung kesana. Terlebih lagi, pintu gerbang masuknya dihiasi kombinasi rumah adat Batak Toba dan Karo.

Prasasti Salib Besar Manokwari

Destinasi wisata religi ini berada di Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat. Pulau Mansinam sangat bersejarah bagi masyarakat setempat, karena disini pertama kali penyebaran Injil. Prasasti Salib Besar ini dibangun untuk mengenang dua pendeta yang berasal dari Jerman, yaitu Carl William dan Goltlob Geisller yang menebarkan ajaran kristen di pulau tersebut. Di pulau ini pula dibangun patung kedua pendeta tersebut.

Baca juga : Sumatera Barat Rilis Agenda Wisata 2021

Patung Yesus Buntu Burake Tana Toraja

Patung Yesus ini memiliki tinggi 45 meter dan berada di puncak Bukit Buntu Burake setinggi 1.700 meter di atas permukaan laut di Kabupaten Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Disebut pula sebagai Patung Yesus tertinggi di dunia mengalahkan Patung Yesus Sang Penebus Dosa di Rio de Janeiro, Brasil yang memiliki tinggi 38 meter.

Patung Bunda Maria Nilo Maumere

Tak hanya patung Yesus yang berukuran besar, Indonesia juga mempunyai patung Bunda Maria berukuran besar yang berada di daratan Maumere. Namanya Patung Maria Bunda Segala Bangsa yang memiliki ketinggian 28 meter dan beratnya mencapai 6 ton. Lokasi patung ini tepatnya berada di Bukit Keling Nilo, Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita dan jaraknya 7 kilometer dari Kota Maumere. Suasana di bukit Nilo ini sangat menenangkan, sehingga wisatawan yang berkunjung bisa berdoa dan beribadah dengan nyaman dan khusyuk.

Larantuka Flores Timur

Larantuka berada di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Larantuka juga dijuluki sebagai Kota Seribu Kapel dan juga sebagai wisata favorit umat beragama Katolik. Ada banyak kapel yang bisa dikunjungi di lokasi ini. Di sepanjang garis pantai, terlihat beberapa altar di depan kapel-kapel. Sangat unik dan begitu kental nuansa religinya. Lokasi ini ramai dikunjungi saat Natal atau Paskah.

Penulis: Dwi Eppy

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Cerita Korban Penyekapan Diduga Oleh Rentenir di Tangerang Diminta Layani Seks

TELENEWS.ID - Polres Metro Tangerang telah meminta keterangan terhadap Sulistyawati (45), korban dugaan penyekapan dan pengancaman gegara persoalan utang di kawasan Ciledug...

Viral Video Belatung di Alat Vital, Ternyata Hewan Kecil Ini Juga Bisa Hidup di Kelamin Manusia

TELENEWS.ID - Jagat media sosial tengah dihebohkan dengan tagar #belatung. Usut punya usut, tagar yang trending di Twitter dan TikTok ini membicarakan...

10 Jajanan Khas Jawa Timur Identik Dengan Rasa Gurih

TELENEWS.ID - Banyak konsep hidangan berupa jajanan khas memberi cita rasa menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ketika Anda berlibur ke Jawa Timur terdapat...

10 Cara Mudah Pilih Camilan Sehat Untuk Travelling dan Sehari-hari

TELENEWS.ID - Berbicara tentang pemilihan camilan sehat untuk aktivitas travelling dan sehari-hari tentu saja membuka banyak daftar terbaik. Namun, tidak hanya fokus...