Home Travel Domestik Rasakan Sensasi Belerang Gunung Kapur di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

Rasakan Sensasi Belerang Gunung Kapur di Pemandian Air Panas Tirta Sanita Ciseeng

TELENEWS.ID – Taman Wisata Pemandian Air Panas Tirta Sanita terletak di Kecamatan Ciseeng, Bogor. Tempat wisata ini tercipta karena letusan gunung berapi yang terjadi beberapa ratus tahun lalu. Bukan hanya itu, tempat ini menyemburkan air panas yang mengandung belerang, garam dan zat kapur.

Tirta Sanita didirikan pada tahun 1990 dan diresmikan dua tahun kemudian. Meskipun kini telah berganti nama menjadi Tirta Sayaga karena berganti pengelolaan, namun warga sekitar masih menyebut tempat ini dengan nama Tirta Sanita.

Terdapat beberapa kolam rendam yang ada di Tirta Sanita ini. Menariknya, semua kolam rendam tersebut tercipta secara alamiah. Tak ayal, sebagian besar kolam berwarna putih karena kapur yang mengendap. Tirta Sanita menawarkan pemandian air panas yang mata airnya bersumber dari Gunung Kapur.

Ada dua jenis kolam rendam di tempat pemandian air panas ini yaitu kolam rendam tertutup dan kolam rendam terbuka. Bagi anda yang ingin menikmati berendam air panas di kolam rendam tertutup, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 15,000 saja per orang. Sedangkan jika ingin merasakan sensasi berendam di kolam rendam terbuka, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 5,000 saja per orang.

Selain kolam berendam air panas, Tirta Sanita juga menyediakan berbagai macam wahana bermain. Jadi bagi anda yang membawa anak-anak dijamin tidak akan bosan bila berkunjung ke tempat wisata ini.

Waterpark menjadi salah satu destinasi favorit bagi anak-anak. Di area ini anak-anak bisa bermain perosotan dengan meluncur deras ke area kolam yang cukup besar.

Selain itu kereta api mini juga menjadi wahana yang bisa membuat anak-anak betah berlama-lama disini. Kereta api mini ini akan mengangkut anak-anak untuk mengelilingi area seluas 50 meter persegi ini.

Baca juga :  Wallace, Si Pencipta Jalur Ekspedisi di Indonesia

Bagi anda yang suka tantangan, Tirta Sanita ini juga menyediakan Arena Outbond. Banyak hal seru yang bisa anda dapatkan di area outbond ini seperti berjalan di atas jembatan besi yang digantung memakai tali, lalu melangkah di atas jembatan tali serta merangkak melewati jaring tali. Petualangan anda bisa diakhiri dengan meluncur menggunakan flying fox dari ketinggian. Sangat seru, bukan?!

Bukan hanya menawarkan pemandian air panas dengan berbagai macam wahana bermain, Tirta Sanita juga memiliki spot-spot foto yang sangat indah.

Sebuah batu besar berwarna putih akan anda temukan ketika memasuki gerbang utama. Batu tersebut adalah hasil dari endapan kapur putih yang disebut Bocca Travertin.

Batu kapur tersebut tercipta karena hasil endapan yang terbawa oleh air panas yang bersumber dari dalam perut bumi. Jangan sampai lewatkan untuk mengabadikan foto di lokasi yang menjadi ciri khas dari tempat wisata air panas ini.

Baca juga :  Wisata ke Labuan Bajo Wajib Rapid Test Antigen

Selain Bocca Travertin, anda juga bisa berfoto ria dengan latar belakang gunung, pohon-pohon, persawahan ketika anda sedang berendam di kolam terbuka. Dengan kolam rendam yang memiliki ciri khas, sayang sekali untuk dilewatkan.

Beberapa fasilitas di Tirta Sanita ini bisa dibilang cukup lengkap dengan adanya warung-warung makanan, toilet, mushola dan tempat parkir yang sangat luas.

Jika anda ingin mengadakan gathering atau sejenisnya, Tirta Sanita pun menyediakan gedung serba guna.

Selain itu, tempat wisata ini juga menyediakan penginapan yang biasanya disebut pesanggrahan atau tempat istirahat. Dengan desain kayu dan bamboo, suasana pedesaan akan semakin membuat anda melupakan sejenak kemacetan yang ada di kota.(Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...