Home Travel Kuliner Rayakan Festival Pertengahan Musim Gugur, Yuk Cobain 5 Rasa Kue Bulan Populer...

Rayakan Festival Pertengahan Musim Gugur, Yuk Cobain 5 Rasa Kue Bulan Populer Ini

TELENEWS.ID-Mid Autumn Festival atau festival pertengahan musim gugur adalah salah satu tradisi warga Tionghoa yang telah dirayakan sejak beribu-ribu tahun lamanya. Meskipun di Indonesia tidak ada musim gugur, namun tetap saja saudara-saudara kita etnis Tionghoa tak ketiggalan untuk merayakan festival ini.

Festival yang unik dan megah ini memiliki ciri khas tersendiri yang pastinya akan sangat mudah diingat oleh banyak orang. Ya tentu saja hadirnya kue bulan atau moon cake, sebagai salah satu hidangan wajib untuk merayakan festival ini. Tak heran jika kemudian festival ini juga identik dengan nama festival kue bulan.

Tahun ini festival kue bulan atau Mid Autumn Festival jatuh pada tanggal 21 September, dan tentu saja gaung serta kemeriahannya masih terasa hingga hari ini. Inilah waktu yang tepat bagi mereka etnis Tionghoa untuk berkumpul bersama keluarga, sambil menikmati lezatnya kue bulan ini.

Pastry yang juga dikenal dengan nama yuèbing ini memang memiliki cita rasa lezat, dan menjadi salah satu hidangan wajib dalam berbagai perayaan atau hari-hari besar bagi orang China. Dengan rasa yang dominan manis, kue yang dipercaya sebagai kesukaan para dewa ini juga memiliki varian filling atau isian di dalamnya.

Pasta kacang merah yang legit dan kenyal merupakan salah satu filling atau isian kue bulan yang paling umum ditemui. Dipadu dengan kulit pastry yang renyah, isian kacang merah menjadi favorit banyak orang. Meski begitu ternyata selain kacang merah, ada beberapa lagi isian kue bulan yang memberikan rasa unik dan tak kalah lezat. Apa sajakah itu?

  1. Isi kuning telur asin
    Kue bulan tak hanya identik dengan rasa manis dan legit. Ada juga kombinasi dengan isian kuning telur asin yang memberikan sensasi asin gurih pada penganan yang satu ini. Biasanya selain kuning telur asin, isian kue bulan juga akan dikombinasikan dengan pasata kacang merah atau daging sesuai dengan selera pembuatnya.
  2. Isi biji bunga teratai
    Sulit didapat membuat moon cake atau kue bulan dengan isi bunga teratai dihargai cukup mahal. Awalny diperkenalkan oleh orang-orang Kanton, moon cake isi biji tertai semakin populer hingga ke berbagai penjuru dunia. Namun karena bahannya sulit didapat, saat ini banyak yang mengganti biji teratai dengan kidney bean yang berwarna putih.
  3. Isi cokelat
    Di zaman modern ini, perpaduan antara budaya China dan barat menjadikan cokelat sebagai salah satu isian kue bulan yang cukup digemari. Dengan rasa yang lezat dan juga pastrynya yang renyah lembut, membuat kue bulan rasa cokelat banyak digemari oleh orang-orang muda.
  4. Isi daging
    Daging juga menjadi salah satu isian populer untuk kue bulan atau moon cake ini. Daging babi panggang yang telah di suwir atau dihaluskan, menjadi salah satu yang cukup banyak ditemui di dalam kue bulan. Namun kini ada juga yang membuat moon cake dengan isian daging sapi di dalamnya.
  5. Isi buah-buahan
    Segar dan manis, buah-buahan juga menjadi salah satu isian kue bulan yang membuat makanan ini memiliki cita rasa lezat nan unik. Aneka jenis buah seperti stroberi, jeruk, persik, nanas dan bahkan durian menjadi buah-buahan yang cukup populer sebagai isian moon cake.
Baca juga :  Sampai Kapan Daging Kurban Aman Disimpan?
Baca juga :  Sejarah dan Pergeseran Makna Sambal

Itulah berbagai rasa kue bulan yang unik dan juga tak kalah lezat. Happy mid-autumn festival semuanya. (Yuyun)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....