Home Teknologi Figur Rayakan Hari Ayah Nasional, Ini 5 Tips Untuk Menciptakan Hubungan yang Kuat...

Rayakan Hari Ayah Nasional, Ini 5 Tips Untuk Menciptakan Hubungan yang Kuat dengan Ayah Kita

TELENEWS.ID – Jika bulan depan tepatnya tanggal 22 Desember kita akan memperingati Hari Ibu, maka hari ini tepatnya tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.

Ya memang tak banyak yang menyadari bahwa di tanggal 12 November ini diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Peringatan ini sejarahnya dimulai sejak 2014 lalu dan digagas oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP). Di hari yang sama, deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Selain itu, diterbitkan pula buku ‘Kenangan untuk Ayah’, yang berisi 100 buah surat pilihan dari anak-anak Nusantara yang memenangkan lomba Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Tak bisa dipungkiri sifat mereka yang penuh wibawa, keras dan dingin membuat seorang anak jadi agak jauh dari ayah mereka. Padahal dibalik sikap mereka tersebut, seorang ayah pasti selalu memikirkan buah hati mereka. Kalau kamu ingin menciptakan hubungan yang lebih dekat dan kuat dengan ayahmu, maka kamu bisa mencoba berbagai tips ini.

  1. Sering-sering ngobrol dengan ayahmu
    Percayalah dibalik sikap mereka yang terlihat dingin dan galak, seorang ayah kadang merasa kesepian dan ingin bicara dengan anak-anak mereka. Karena itu cobalah ngobrol dengan ayahmu mengenai topik menarik yang kamu dan ayahmu sukai. Kamu juga bisa ngobrol ringan mengenai aktivitas sehari-hari.
  2. Dengarkan nasihat ayahmu
    Kecuali jika ayahmu adalah orang yang tidak benar, maka nasihat yang ia berikan tentu saja demi kebaikanmu sendiri. Ayahmu adalah pemberi nasihat terbaik yang bisa kamu miliki dalam hidup. Kamu mungkin mencari ide hadiah khusus hari ayah, tetapi mematuhi dan mendengarkan nasihat ayah ini adalah hadiah terbaik yang dapat kamu berikan kepada ayahmu. Kamu bisa menceritakan hal yang membuat khawatir, dan biarkan ayah memberi solusi yang akan mengubah cara pandangmu terhadap masalah.
  3. Habiskan waktu bersama ayah
    Kesibukanmu dan kesibukan ayahmu terkadang membuat kalian berdua menjadi jarang bicara. Padahal dengan saling bicara dan menghabiskan waktu bersama, bisa menguatkan hubunganmu dengan ayahmu. Di zaman sekarang, banyak orangtua yang merasa anak-anak mereka enggan untuk menghabiskan waktu bersama lantaran kesibukan dan keasyikan anak-anak menggunakan gadget. Jangan sampai perasaan kesepian ini dialami oleh ayah ibumu, karena itulah luangkan waktumu untuk bersama mereka juga.
  4. Lakukan aktivitas menyenangkan bersama-sama
    Menghabiskan waktu bersama dengan ayah juga bisa diisi dengan kegiatan yang mengasyikkan bersama-sama. Kamu bisa menemani ayahmu memancing, berkebun, olahraga bersama atau mengajaknya untuk menikmati makanan kesukaannya di luar rumah. Hal-hal seperti ini menyatukan kalian berdua dan membawamu serta ayahmu dalam kebersamaan dan cinta.
  5. Tunjukkan ketertarikan mengenai kehidupan ayah
    Jika ingin membangun hubungan yang lebih baik dengan ayah, maka kamu perlu menunjukkan minat pada kehidupan sehari-harinya. Tanyakan kepadanya tentang pekerjaannya, teman-temannya, seperti apa dia ketika dia seusia kamu, ke mana dia ingin bepergian, atau apapun yang kamu ingin tahu, dan kemudian dengarkan ceritanya. Dengan begitu, ayahmu akan menghargaimu untuk itu, dan kamu mungkin akan belajar sesuatu dari ceritanya ini.
  6. Tawarkan bantuan padanya
    Sekali waktu kamu bisa menawarkan bantuan untuk ayahmu loh guys. Kamu bisa membantunya di pekerjaannya, atau aktivitas apapun yang sedang ia lakukan. Kalau tidak kamu bisa memasakkan atau membelikan makanan kesukaannya. Untuk membangun hubungan yang baik dan kuat dengan ayah, penting untuk setidaknya menawarkan untuk membantu ayahmu ketika kamu bisa walaupun hanya sesekali saja. Meskipun bukan bantuan yang besar kalau kamu melakukannya dengan ikhlas, maka ayahmu akan sangat menghargai hal tersebut. (Yuyun Amalia)
Baca juga :  Bikin Tamu Terkesan, Yuk Simak 6 Tips untuk Mempersiapkan Rumah Menjelang Natal Ini
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Mengenal Oversharing, Kebiasaan Menggunakan Medsos yang Bisa Membuatmu Kehilangan Privasi

TELENEWS.ID - Di zaman seperti sekarang ini hampir segala sesuatu dibagikan oleh orang-orang di media sosial. Mulai dari aktivitas setelah bangun tidur...

Makanan yang Membantu Mengatasi Selulit Secara Alami

TELENEWS.ID - Sejatinya adalah hal yang normal dan lumrah jika wanita memiliki selulit pada kulit atau tubuh mereka. Namun tak bisa dipungkiri...

Kementerian PUPR Antisipasi Banjir di Mandalika

TELENEWS.ID - Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan berbagai infrastruktur pendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu...

Tetap Cantik Saat Touring, Ini 6 Tips Menjaga Kulit dan Rambut untuk Para Lady Biker

TELENEWS.ID - Kesan garang dan tangguh dari seorang lady biker memang tak bisa untuk dipungkiri. Ini karena touring dengan motor umumnya dilakukan...