Home Gaya hidup Kesehatan Rekomendasi Obat Diare, Penting Diperhatikan Saat Perjalanan Jauh

Rekomendasi Obat Diare, Penting Diperhatikan Saat Perjalanan Jauh

TELENEWS.ID – Hingga sekarang aktivitas liburan ataupun berwisata ke sebuah tempat menarik pastinya membutuhkan persiapan. Tidak menutup kemungkinan seorang traveller mengalami sebuah kondisi dimana sistem pencernaan terganggu karena diare.

Kondisi diare memang harus cepat diatasi karena mampu memberi efek buruk terhadap kesehatan jangka panjang. Meskipun banyak diremehkan, tetap saja diare ini bisa memberi efek buruk pada sistem imunitas dan bisa menyebabkan dehidrasi berat.

Untuk itu, saat Anda melakukan perjalanan jauh dan mengalami diare di tengah jalan tidak perlu panik karena ada rekomendasi obat alami yang bisa dipilih untuk meredakan sekaligus menyembuhkan diare lebih aman.

1.Mengkonsumsi Air Putih
Sebagai satu solusi awal dalam menangani diare pada saat perjalanan jauh menjadi sebuah keputusan utama untuk mengkonsumsi air putih. Mengkonsumsi cairan seperti air putih memang direkomendasikan untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Karena itu, secara bertahap tingkatkan kadar cairan tubuh dengan meminum air putih setidaknya 1 liter per jam selama 1 sampai 2 jam.

Hal ini Anda bisa menghindari konsumsi kafein, alkohol, ataupun cairan lainnya selain air putih tidak direkomendasikan diminum saat kondisi Anda sedang mengalami gangguan diare.

2.Membuat Oralit Sendiri
Kondisi seseorang yang mengalami diare tentu saja harus cepat mendapat penanganan seirus. Sehingga pembuatan oralit sendiri menjadi salah satu keputusan penting untuk bisa mengganti cairan yang keluar bersama feses.

Oralit sendiri menjadi salah satu obat yang berfungsi untuk menggantikan kadar elektrolit dan cairan tubuh yang sudah hilang akibat diare.

Oralit bisa dikatakan sebagai obat manjur untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti diare ataupun mencret. Campuran dari gula dan garam sudah menjadi bagian utama untuk menciptakan mineral elektrolit yang bersifat menahan cairan tetap tersedia di dalam tubuh Anda.

3.Membuat Teh Jahe
Selain oralit, Anda masih bisa membuat teh jahe yang mana bisa membuat perasaan lebih nyaman dalam mengurangi kadar racun dan bakteri penyebab diare.

Baca juga :  Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Dari sini ada rasa mual, ataupun kejang perut bisa terjadi pada penderita diare. Maka dari itu Anda perlu melihat bagaimana manfaat dari teh jahe yang sudah terbukti bisa mengatasi diare secara tepat dan mudah dibuat .

Banyak penelitian dimana jahe dan teh menjadi bahan aktif untuk melawan listeria dan E.Coli. Dilansir dari Hellosehat.com, sudah banyak opsi yang bisa didapatkan untuk melawan bakteri E.Coli dan sebagainya untuk dapat mengurangi gejala sekaligus menyembuhkan diare.

4.Akar Marshmallow
Salah satu bahan aktif dari akar marshmallow ataupun disebut Chamomile juga dikenal sebagai obat mujarab untuk penderita diare. Bahan herbal satu ini bisa dijadikan sebuah obat alami yang mana memberi perhitungan tepat untuk mengatasi perut mual dan kembung.

Tanaman ini memang tidak dikenal luas di Indonesia, hanya saja Anda bisa mendapatkan tanamn ini secara daring.
Sebagai obat alami akar marshmallow ini juga memberi banyak manfaat lain yang sebenarnya bisa diperhitungkan untuk menjadi obat alami dalam menangani diare.

Baca juga :  Pengendara Motor Dilarang Pakai Sandal Jepit, Ternyata Ada 5 Efek Negatif Sering Pakai Sandal untuk Kesehatan

5.Menggunakan Lada Putih
Sampai saat ini lada putih menjadi salah satu bahan alami untuk dapat mengurangi resiko diare menjadi lebih berat. Dari sinilah lada putih sendiri menjadi salah satu poin penting untuk bisa diperhitungkan sebagai obat sakit perut dan diare.

Pengolahan dari biji lada putih ini terbilang mudah salah satunya disangrai sehingga dari manfaat yang diberikan bisa langsung dirasakan saat dikonsumsi.

Sampai saat ini banyak obat alami bisa dipakai saat Anda mengalami diare pada perjalanan jauh. Akan lebih baik Anda membawa obat oral khusus untuk mengatasi diare agar tidak memberi dampak serius saat menjalani aktivitas liburan. (Stefanus Bernadi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...

Pertamina Jadi Perusahaan RI Satu-satunya Masuk ke Fortune Global 500, yuk Simak Faktanya

TELENEWS.ID - Sejumlah prestasi dan kontribusi Pertamina untuk menyediakan energi bagi masyarakat Indonesia masih terus ditingkatkan. Bentuk prestasi Pertamina...

Mentan Sarankan Masyarakat Konsumsi Singkong untuk Gantikan Gandum yang Semakin Mahal

TELENEWS.ID - Kondisi harga gandum secara global mengalami perubahan dan meningkat lebih mahal karena kondisi perang Rusia-Ukraina. Alhasil dari...