Home Gaya hidup Resep Smoothies Alpukat dan Susu Fermentasi Untuk Menu Diet Sehat

Resep Smoothies Alpukat dan Susu Fermentasi Untuk Menu Diet Sehat

TELENEWS.ID – Alpukat, buah tropis yang satu ini dikenal memiliki rasa lezat yang bisa diolah menjadi jenis makanan apa saja. Bahkan di luar negeri, alpukat dihargai sangat mahal dan menjadi salah satu jenis superfood.

Bahkan beberapa tahun terakhir ini, alpukat menjadi salah satu trend instafood atau tiktokfood, dimana banyak orang mengolah buah ini dengan berbagai cara untuk dikonsumsi sehari-hari. Alpukat memang buah kaya manfaat yang salah satunya membantumu menurunkan berat badan dalam program diet.

Nutrisi dalam alpukat
Alpukat adalah sumber beberapa vitamin, mineral, lemak sehat, dan serat, 3,5 ons (atau berat sekitar 100 gram), atau sekitar setengah buah alpukat, mengandung sekitar 160 kalori. Selain itu kandungan nutrisi lain dalam alpukat seperti:
Vitamin K: 18% dari nilai harian atau daily value (DV)
Folat: 20% dari nilai harian daily value (DV)
Vitamin C: 11% dari nilai harian daily value (DV)
Kalium: 10% dari nilai harian daily value (DV)
Vitamin E: 14% dari nilai harian daily value (DV)

Alpukat juga mengandung cukup banyak niasin, riboflavin, tembaga, magnesium, mangan, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat alpukat untuk menurunkan berat badan
Beda dengan jenis buah-buahan yang lainnya, alpukat merupakan buah yang tinggi kandungan lemaknya. Sekitar 15% dari berat alpukat adalah lemak. Namun jangan khawatir lemak yang terkandung dalam alpukat dalam lemak nabati yang sehat.

Alpukat sebagian besar mengandung lemak tak jenuh tunggal, ditambah sedikit lemak jenuh dan lemak tak jenuh ganda. Sebagian besar lemak tak jenuh tunggal pada buah alpukat adalah asam oleat, atau jenis asam lemak yang sama yang ditemukan dalam buah zaitun dan minyak zaitun. Inilah jenis lemak yang dianggap sangat sehat dan bahkan membantu penurunan berat badan.

Lalu bagaimana alpukat membantu menurunkan berat badan sehingga cocok dijadikan sebagai menu diet sehat?

  1. Menekan nafsu makan. Peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi alpukat bisa membantu menurunkan nafsu makan, sehingga kamu akan kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. “Alpukat mengurangi nafsu makan, setidaknya hingga lima jam setelah mengkonsumsi satu buahnya,” kata ahli gizi Lori Meyer. Dia menyarankan untuk makan alpukat di sekitar waktu makan siang, sehingga kamu akan merasa kenyang lama hingga jam makan malam dan tidak tergoda untuk ngemil.
  2. Alpukat kaya akan serat, yang meningkatkan penurunan berat badan dan kesehatan metabolisme. Satu buah alpukat dengan berat 3,5 ons memiliki 7 gram serat makanan. Jadi dengan makan satu buah alpukat ukuran sedang, sama artinya mengkonsumsi 27% dari jumlah serat harian yang direkomendasikan.
  3. Menurut sebuah penelitian dari University of Illinois Urbana-Champaign, makan sebuah alpukat sehari dapat membantu menyerap lemak perut pada wanita. Mereka yang mengkonsumsi alpukat juga menunjukkan penurunan penumpukan lemak jahat atau visceral fat.
  4. Menjadikan alpukat sebagai asupan harian juga membantu meningkatkan kesuksesan program diet seseorang secara keseluruhan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, makan setengah alpukat ukuran sedang setiap hari berkorelasi dengan peningkatan kualitas diet secara keseluruhan dan 50% pengurangan risiko sindrom metabolik.
Baca juga :  Peringatan Hari Anak Sedunia, Waspadai Gangguan Mental pada Anak Selama Pandemi

Berapa banyak alpukat yang harus dikonsumsi dalam sehari?
Selain membantu menurunkan berat badan, alpukat juga padat nutrisi dan kaya serat dan lemak sehat, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

Lalu berapa banyak alpukat yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari? Menurut Dr. Will Cole, seorang praktisi pengobatan fungsional, mengkonsumsi setengah hingga dua buah alpukat sehari bagus untuk diet sehat yang padat nutrisi.

Baca juga :  Reinkarnasi Tamagotchi, Mainan Anak 90an yang Kini Berubah Bentuk

Namun mereka yang memiliki gangguan pencernaan seperti adanya bakteri berlebihan di usus kecil atau Small intestinal bacterial overgrowth (SIBO), sebaiknya tak mengkonsumsi alpukat lebih dari setengah buah sehari.

Resep smoothies alpukat yang lezat
Alpukat untuk diet bisa diolah menjadi apa saja. Mulai dimakan begitu saja, olesan roti hingga campuran salad. Kamu juga bisa mengkonsumsi alpukat sebagai smoothies yang dikombinasikan dengan YoyiC Fermented Milk.

Bahan-bahan yang kamu butuhkan:
• 1 buah alpukat ukuran sedang, potong-potong dan dinginkan
• 1 buah pisang potong dan dinginkan
• 1 botol YoyiC Fermented Milk
• 3 sendok makan madu murni
• 2 sendok makan cokelat bubuk (optional)

Cara membuat:
• Masukkan alpukat dan pisang beku ke dalam blender
• Tambahkan satu botol YoyiC Fermented Milk dan madu, kemudian blender hingga halus
• Tuangkan ke gelas dan beri taburan cokelat bubuk di atasnya jika mau

Kombinasi alpukat dan YoyiC Fermented Milk tak hanya akan menjadi smoothies lezat yang mengenyangkan, namun juga membantu meningkatkan imun tubuhmu. Ini karena dalam sebotol YoyiC Fermented Milk, mengandung 10 miliar bakteri Lactobacillus Paracasei yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

YoyiC Fermented Milk memiliki rasa segar, menjadikan smoothies alpukat yang kamu buat juga akan semakin lezat dan kaya manfaat kesehatan untuk diet dan meningkatkan imun tubuh. Selamat mencoba! (Yuyun Amalia untuk YoyiC Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Ragam Tradisi Unik Penuh Makna Keluarga Tionghoa Dalam Menyambut Imlek

TELENEWS.ID - Tradisi masyarakat Tionghoa dalam menyambut Imek atau tahun baru China pastinya memberi makna tertentu. Kali ini di tahun 2022, perayaan...

Status Kelurahan Krukut Tidak Lagi Zona Merah Covid 19, Micro Lockdown Dicabut

TELENEWS.ID - Banyak daerah khususnya di DKI Jakarta mendapat status level 2 dan juga menerapkan micro lockdown. Hanya saja semenjak varian Omicron...

Doyan Sindir Anies Baswedan, Wagub DKI Ke Giring: Tunjukkan Kinerja Dan Prestasi

TELENEWS.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara soal aksi saling sindir antara Gubernur Anies Baswedan dengan Ketua Umum...

Tidak Ada Tempat Bagi Koruptor, Indonesia – Singapura Tanda Tangan Perjanjian Ekstradisi

TELENEWS.ID - Sejak tahun 1998, Indonesia dan Singapura telah melakukan berkali-kali untuk mengukuhkan perjanjian ekstradisi untuk kedua negara namun selalu gagal. Diketahui...