Home Nasional Respon PT KCIC Perihal Warga Terimbas Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Respon PT KCIC Perihal Warga Terimbas Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

TELENEWS.ID – PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia China) memberikan responnya terhadap pemberitaan yang beredar perihal dampak yang diterima oleh para warga yang kehilangan mata pencaharian akibat proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Ada beberapa poin yang dituangkan oleh PT KCIC perihal pemberitaan tersebut. Berikut ini adalah 5 poin tersebut.

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional, proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tentu saja akan memberikan imbas yang krusial terhadap mobilitas warga dan bidang transportasi. Selain itu juga proyek tersebut akan bisa meningkatkan kesejahteraan para warga sekitar dengan didirikannya sentra ekonomi warga pada area yang dilewati.

PT KCIC sebagai pemilik dan pengelola KCJB selalu patih terhadap aturan yang berkaitan dengan pembangunan dan juga dampak lingkungannya dalam setiap tahapan pekerjaannya. Kontribusi terhadap masyarakat sekitar juga menjadi salah satu aturan yang harus dipatuhi yang termasuk ke dalam program Community Development. PT KCIC pun mengerti apa yang telah dialami oleh warga sekitar proyek pembangunan KCJB ini.

Fakta tentang Perkebunan Maswati yang terletak di Cikalongwetan, Bandung Barat yang sudah tidak beroperasi dalam 5 tahun terakhir memang benar adanya. PTPN VII menjadi pemilih lahan perkebunan tersebut yang mana perusahaan BUMN tersebut masih menjadi bagian dari pemilik PT KCIC.

Para warga sekitar yang terimbas dari proses pembangunan proyek KCIC ini sebagian besar akan dilibatkan. Keterlibatan ini juga berlaku kepada para warga yang dulunya bekerja sebagai buruh harian di Cikalongwetan. Namun tentu saja para warga yang nantinya terlibat harus sesuai dengan kompetensi dan kebutuhan yang telah diatur PT KCIC selaku kontraktor.

Perihal TOD yang rencananya akan dibangun oleh PT KCIC akan direalisasikan setelah proses pembangunan selesai. Lapangan pekerjaan baik formal maupun informal akan dibuka secara luas dalam proses pengembangan kawasan tersebut. Hal tersebut harus dilakukan karena sejumlah fasilitas area dan bangunan komersil dan juga sejumlah sektor juga akan dibangun. 

Baca juga :  Pandemi Covid-19, Kemendag Pastikan Harga Kebutuhan Pokok Stabil

Dengan adanya respon dari PT KCIC tersebut diharapkan para warga yang terdampak tak punya mata pencaharian karena proyek pembangunan KCJB segera terselesaikan. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...