Home Gaya hidup Ribet Beli Minyak Pakai Peduli Lindungi? Coba yuk 5 Tips Membersihkan Minyak...

Ribet Beli Minyak Pakai Peduli Lindungi? Coba yuk 5 Tips Membersihkan Minyak Setelah Dipakai Menggoreng

TELENEWS.ID – Wacana pembelian minyak goreng pakai kartu Peduli Lindungi mendatangkan pro dan kontra di antara masyarakat. Namun kebanyakan merasa penggunaan Peduli Lindungi terlalu ribet dan sulit, baik untuk pedagang maupun pembeli.

“Ribet banget (pakai aplikasi) kalo di Jakarta,” tutur Ida di Pasar Mandiri, Jakarta Utara. Sementara itu menurut Weria Harniadi pedagang di pasar Sukajadi, banyak pembeli yang belum memiliki aplikasi peduli lindungi.

Selain itu, dia juga mengeluhkan mengenai error saat harus menginput data pembelian minyak goreng. “Kami sudah siapkan QR code untuk di-scan, bisa digunakan, namun masalahnya setiap telah di-scan pun data stok kami tak berkurang. Harusnya itu berkurang 10 kilogram tiap pembelian,” ujarnya.

Meskipun minyak goreng harganya mulai turun dan stocknya mulai banyak, penggunaan aplikasi Peduli Lindungi ini masih butuh penyesuaian dan juga sosialisasi. Sementara itu, tak ada salahnya kamu tetap menghemat penggunaan minyak goreng jika tak ingin ribet saat membeli minyak goreng ini.

Salah satu cara berhemat minyak goreng adalah dengan menggunakan lagi minyak yang telah digunakan sebelumnya. Namun ada kalanya minyak yang telah digunakan untuk menggoreng terlihat keruh dan kotor karena ada serpihan tepung atau remah-remah makanan sisa menggoreng.

  1. Saring dengan kain yang bersih
    Untuk membersihkan minyak dengan kain bersih, biarkan terlebih dahulu minyak mendingin sebelum menyaringnya melalui kain tipis, saringan halus, saringan kopi kertas, atau bahkan handuk kertas. Tujuannya adalah untuk menghilangkan sisa gorengan dalam minyak. Saat menggunakan kembali minyak, partikel makanan ini dapat menyebabkannya makanan menjadi gosong jadi singkirkan sesegera mungkin.
  2. Gunakan tepung maizena
    Tepung jagung atau maizena juga bisa digunakan untuk membersihkan minyak sisa menggoreng. Panaskan campuran minyak dan sedikit tepung maizena dengan api kecil, namun hati-hati jangan sampai mendidih. Aduk terus-menerus dengan spatula tahan panas. Campuran tepung jagung akan mengeras dalam waktu sekitar 10 menit. Setelah itu saring dengan menggunakan saringan kopi.
  3. Tambahkan jeruk lemon
    Kamu juga bisa menggunakan jeruk lemon, untuk membersihkan minyak yang sebelumnya telah digunakan untuk menggoreng. Ambil minyak sisa dan panaskan. Kemudian potong lemon menjadi potongan-potongan kecil, lalu masukkan ke dalam minyak. Partikel hitam pada sisa minyak akan menempel pada lemon, dan kamu dapat mengeluarkannya dan menyaringnya.
  4. Kamu juga bisa menggunakan kentang
    Ternyata, kentang juga bisa digunakan untuk membersihkan minyak goreng sisa loh guys. Pertama bersihkan kentang kemudian potong agak tebal. Masukkan irisan kentang ke dalam minyak goreng panas dan masak selama beberapa menit sampai berwarna cokelat keemasan. Angkat irisan kentang dari minyak. Potongan kentang ini akan menyerap kotoran dan sisa rasa yang terperangkap dalam minyak.
  5. Jauhkan dari panas
    Salah satu cara agar minyak goreng sisa bisa digunakan lagi adalah dengan menjauhkannya dari panas. Karena itulah setelah digunakan dan disaring, simpan minyak di tempat yang tidak terkena matahari langsung. Selain itu, jauhkan juga dari panas, dengan tidak menyimpan minyak sisa ini di dekat kompor atau magic com.
Baca juga :  Tips Anti Gerah dan Tetap Nyaman Tampil Berhijab
Baca juga :  Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

Minyak goreng yang kotor dapat merugikan kita terutama untuk kesehatan kita. Minyak seperti ini dapat menimbulkan lemak trans dalam minyak sehingga meningkatkan tekanan darah, melepaskan racun dalam jumlah tinggi dan bahkan meningkatkan ketengikan minyak.

Namun mengingat harga minyak yang masih belum stabil tentu kita tidak bisa mengganti minyak goreng kita setiap hari. Akan tetapi kita pasti bisa membuatnya lebih bersih dan aman untuk dikonsumsi, dengan berbagai cara di atas guys! (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...