Home Property Rumah Rumah Incaran Generasi Milenial

Rumah Incaran Generasi Milenial

TELENEWS.ID, Jakarta – Saat ini istilah Milenial sering kita dengar seiring dengan kehadiran generasi Y yang lahir di era tahun 1980-an hingga 1990-an. Tak terkecuali dalam dunia properti. Istilah Rumah Milenial pun saat ini semakin akrab terdengar di telinga masyarakat.

Hal ini dikarenakan para pengembang properti berusaha menarik perhatian kaum milenial tersebut agar mau membeli dan memiliki properti yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan generasi tersebut.

Sehingga, untuk membedakan dengan konsep perumahan-perumahan sebelumnya, para pengembang seperti sepakat menggunakan istilah rumah milenial untuk perumahan yang dibangun dan ditujukan bagi generasi Y tersebut.

Wajar jika para pengembang saling berlomba membangun perumahan dengan tujuan menyasar generasi kaum milenial ini.

Karena, berdasarkan statistik BPS, prosentase jumlah kaum milenial pada tahun 1998 adalah sebesar 33,75% dari total jumlah penduduk Indonesia yang sebanyak 270 jutaan.

Sehingga, bisa dikatakan generasi kaum milenial adalah pangsa pasar yang gemuk bagi para pengembang properti untuk menjual proyek rumah hunian pribadi.

Apa itu Rumah Milenial?

Walaupun masyarakat sudah sering mendengar istilah rumah milenial, namun banyak yang belum mengetahui seperti apakah sebenarnya yang dimaksud dengan rumah milenial.

Berikut adalah konsep rumah yang bisa dikategorikan sebagai tipe rumah milenial:

  1. Berdesain Sederhana

Generasi milenial bertumbuh kembang di era teknologi yang terus berjalan dengan pesat serta di zaman yang serba instan. Hingga akhirnya jiwa generasi milenial terbentuk menjadi generasi yang berpikiran praktis.

Dampak dari hal tersebut adalah mereka menjadi lebih menyukai rumah yang berdesain sederhana sebagai piliihan untuk melepas lelah setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Maksud dari desain sederhana di sini adalah rumah dengan sekat yang minimal dan praktis sehingga terlihat luas walaupun dengan ukuran rumah yang kecil.

Walaupun berdesain sederhana, apabila interior dibuat nyaman maka pasti akan membuat betah penghuninya.

  1. Furniture yang Serbaguna

Karena dibangun pada lahan yang terbatas, rumah milenial haruslah disiasati dengan pemilihan perabotan rumah yang dapat berfungsi ganda.

Hal ini bertujuan untuk membuat suasana rumah terkesan lebih luas. Tak hanya itu. Ini juga bisa menghindari keadaan yang menyesakkan jika rumah diisi dengan perabotan yang konvensional.

Beberapa contoh perabotan yang bisa digunakan pada rumah milenial adalah sofa bed, meja lipat atau tempat tidur yang menyatu dengan lemari, atau dipan laci minimalis.

  1. Dekat dengan Transportasi Publik

Selain berdesain sederhana dan cantik, lokasi perumahan juga harus dekat dengan fasilitas transportasi publik.

Baca juga :  SAH ! KPR Rumah Dp Rp 0 Mulai 1 Maret 2021

Karena jika tidak, maka jangan terlalu berharap para generasi milenial akan memilih rumah tersebut.

Hal ini untuk mendukung banyaknya aktivitas kaum milenial yang cenderung memiliki mobilitas yang tinggi.

Sehingga tidak masalah walaupun lokasinya berada di luar kota Jakarta, yang penting ditunjang dengan kemudahan bertransportasi.

  1. Memiliki Fasilitas yang Mendukung Kerja Secara Online

Generasi kaum milenial tumbuh pada masa teknologi yang berkembang demikian pesat.

Sehingga mereka akhirnya akrab dengan aktivitas bekerja dari rumah yang mengandalkan jaringan internet.

Terlebih di masa pandemi Covid 19 sekarang ini, maka aktivitas bekerja mereka lebih banyak dilakukan dari rumah.

Untuk itu rumah milenial juga harus bisa menunjang aktivitas mereka bekerja secara online.

Ada beberapa faktor yang dapat menunjang kenyamanan dalam bekerja daring pada rancangan rumah milenial sebagai berikut:
a. Memiliki area kerja yang nyaman
b. Mempunyai area terbuka hijau atau taman kecil yang berguna memberi suasana yang menyegarkan
c. Adanya sirkulasi udara yang lancar dan pencahayaan sinar matahari yang cukup pada setiap ruangan di dalam rumah melalui disain rumah yang memiliki jendela yang cukup besar
d. Memiliki jaringan koneksi internet broadband

  1. Berharga Terjangkau
Baca juga :  Tips Milenial Beli Rumah Sebelum Umur 30, Cash Tanpa Ngutang

Tak bisa dipungkiri gaya hidup generasi kaum milenial saat ini yang relatif konsumtif. Sehingga banyak biaya yang harus mereka keluarkan.

Hal ini membuat mereka agak sulit untuk menabung guna keperluan membeli rumah hunian pribadi.

Ditambah lagi dengan tingginya harga lahan saat ini yang membuat harga properti khususnya rumah hunian semakin mahal di pasaran. Apalagi jika lokasi rumah hunian tersebut berada di dalam kota.

Untuk itu pengembang menyiasatinya dengan cara membangun rumah milenial berluas lahan yang tidak begitu besar tetapi memiliki fungsi ruang yang dibutuhkan.

Sehingga harga jualnyapun bisa terjangkau bagi generasi kaum milenial.

Hal ini adalah point terpenting dari 4 kriteria di atas sebelumnya.

Karena pada umumnya kaum milenial akan menganggarkan dana untuk membeli rumah berkisar antara Rp300 juta sampai dengan Rp600 juta. Jadi jika harga rumah yang ditawarkan lebih dari itu, maka rumah tersebut adalah target yang tidak masuk akal bagi mereka.

Semakin banyak pengembang yang kini berlomba menawarkan konsep rumah milenial tersebut.

Namun, semuanya kembali kepada kebutuhan dan kemampuan para generasi milenial untuk memilih rumah hunian pribadi yang seperti apa yang cocok bagi mereka. (MG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Bisa Memicu Jerawat, Ini 5 Efek Buruk Makanan Pedas Bagi Kesehatan

TELENEWS.ID-Orang Indonesia dikenal sebagai pencinta makanan pedas. Rasanya makan tak lengkap tanpa menambahkan satu sendok sambal,atau menambahkan banyak cabai dalam masakan. Bahkan...

Lesty-Billar Sembunyikan Pernikahan Siri, Ternyata Ada Manfaat Dari Menikah Diam-diam

TELENEWS.ID-Berita mengejutkan datang dari pasangan muda Rizky Billar dan Lesty Kejora. Setelah isu Lesty berbadan dua sebelum resmi menikah, pasangan ini pun...

Ingin Punya Kulit Glowing Seperti Tasya Farasya? Coba Santap Buah-buahan Segar ini

TELENEWS.ID-Tasya Farasya belum lama ini merilis brand kosmetiknya sendiri, yang langsung laris manis bak kacang goreng. Wanita cantik berdarah Timur Tengah ini...

Ditemukan Klaster Sekolah, Ini Tips Tingkatkan Imun Anak Agar Siap PTM Terbatas

TELENEWS.ID-Ditemukannya klaster sekolah belum lama ini tentu membuat banyak orangtua merasa was-was. Apalagi memang anak-anak di beberapa wilayah akan segera masuk sekolah...