Home Gaya hidup Sabun Batang vs Sabun Cair, Mana yang Lebih Baik Untuk Kulit? Baca...

Sabun Batang vs Sabun Cair, Mana yang Lebih Baik Untuk Kulit? Baca Jawabannya di Sini!

TELENEWS.ID – Pernahkah kamu bertanya-tanya manakah di antara sabun cair dan sabun batangan yang lebih baik digunakan untuk mandi? Pertama-tama kamu harus tahu bahwa memilih antara sabun batangan atau sabun cair adalah lebih kepada preferensi atau kesukaan.

Kedua semua jenis sabun pada dasarnya melakukan hal yang sama, yaitu menghilangkan kotoran dari permukaan kulit. Perbedaannya terletak pada bahan dan mekanisme untuk menghilangkan kotoran.

Sabun batangan bekerja dengan melarutkan kotoran di permukaan kulit. Saat keringat dan kotoran bercampur dengan minyak alami tubuh, kondisi itu bisa menempel di kulit dan membiakkan bakteri. Sabun batangan memecah lapisan berminyak ini dan mengangkat patogen dari kulit Anda.

Sementara itu sabun cair menggunakan mekanisme pembersihan yang sama untuk menghilangkan kotoran dari kulit, tetapi sering kali mengandung campuran bahan yang dimaksudkan untuk membantu merawat kondisi kulit.

Kekeringan, pori-pori tersumbat, dan pengelupasan kulit; semua dapat diatasi dengan sabun cair. Body wash biasanya mengandung bahan-bahan yang dimaksudkan untuk mengembalikan kelembapan kulit yang dapat terkelupas selama proses pembersihan.

“Perbedaan utama antara sabun batangan dan sabun cair adalah bentuknya dan bagaimana mereka berinteraksi dengan kulit,” kata Dr. Ilyse Lefkowicz, MD, dokter kulit dan spesialis dermatologi umum dan kosmetik.

“Baik sabun batangan dan sabun cair sama-sama akan membersihkan kulit. Namun sabun batangan tertentu mungkin lebih keras daripada sabun cair, dan dapat menghilangkan lipid dan protein esensial atau mengubah tingkat pH kulit yang dapat menyebabkan iritasi” sambungnya lagi.

Untuk orang dengan kulit normal hingga kering atau yang mencari formula produk dengan formula yang lebih ringan, Dr. Lefkowicz mengatakan sabun cair adalah pilihan yang terbaik. Sementara itu untuk orang-orang dengan jenis kulit berminyak, tinggal di tempat yang panas dan lembap, atau mereka yang hanya ingin mandi setelah berolahraga, dia merekomendasikan penggunaan sabun batangan sebagai cara cepat dan mudah untuk membersihkan diri.

Baca juga :  6 Sayuran yang Membantu Kecilkan Perut Buncit, Nomor 5 Bisa Tingkatkan Imun Tubuh Juga

Dr. Lefkowicz juga mengatakan bahwa sabun cair sedikit lebih higienis daripada sabun batangan. Itu karena pada sabun batangan, bakteri dapat hidup pada tempat sabun yang terbuka, dan bisa dengan mudah menyebar jika digunakan oleh beberapa orang sekaligus,

“Untuk menghindari penumpukan bakteri selalu bilas sabun batangan setelah memakainya, dan biarkan mengering hingga benar-benar kering sebelum digunakan lagi,” tambah Dr. Lefkowicz. “Sementara untuk sabun cair, lebih mudah untuk menghindari penumpukan bakteri karena tidak menyentuh kulit saat berada di dalam botol” ujarnya lagi.

Terlepas dari penggunanya, Dr. Lefkowicz menyarankan kita untuk lebih melihat kandungan pada pembersih badan yang kita gunakan tak peduli apakah itu sabun batangan atau sabun cair. Menurut Dr. Lefkowicz, yang terbaik adalah menghindari paraben, triclosan dan ftalat, terutama jika kamu pernah mengalami reaksi negatif terhadap sabun sebelumnya.

“Untuk orang dengan kulit sensitif, saya juga merekomendasikan untuk memperhatikan produk yang memiliki wewangian atau pewarna yang berat, karena ini dapat menyebabkan iritasi,” katanya.

Baca juga :  Manfaat Staycation Bagi Diri Sendiri, Selama Ini Belum Banyak Diketahui

Selain itu salah satu bahan lain yang harus dihindari semua orang adalah microbeads dalam sabun, karena bisa berbahaya bagi lingkungan. “Selain itu untuk orang yang ingin menghindari penggunaan plastik sama sekali, sabun batangan biasanya memiliki kemasan yang lebih sedikit daripada sabun mandi,” tambahnya.

Di sisi lain, Dr. Lefkowicz mengatakan orang harus memperhatikan bahan yang melembapkan, bukan hanya menghidrasi tak peduli apakah mereka lebih menyukai sabun batangan atau sabun cair.

“Saat mencuci tubuh, kamu pasti ingin menggunakan produk yang membantu kulit membaik dari waktu ke waktu, bukan menyakitinya,” katanya. “Sabun yang mengandung glycerine, ceramide, asam hialuronat, dan petrolatum cenderung bekerja dengan baik dan efektif untuk memperbaiki kulit” tambah Dr. Lefkowicz lagi. (Yuyun Amalia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Bukan Beras Merah, Inilah Sumber Karbohidrat Terbaik untuk Perut yang Langsing

TELENEWS.ID - Selama ini nasi merah dianggap sebagai sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi atau beras putih. Memiliki indeks glikemik lebih rendah dari...

5 Resep Kulit Sehat dan Awet Muda ala Cameron Diaz yang Wajib Dicoba Semua Wanita!

TELENEWS.ID - Sebentar lagi usia bintang Hollywood, Cameron Diaz akan genap 50 tahun. Namun ibu satu anak ini masih tampak tetap cantik...

Dialami Almarhum Tjahjo Kumolo, Ini 5 Tanda Kelelahan yang Tak Boleh Diabaikan

TELENEWS.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat, (01/07/2022) pada pukul 11.10 WIB....

Tips Menyimpan Bawang Merah Segar dan Tahan Lama Saat Harganya Mulai Melonjak Naik

TELENEWS.ID - Harga bawang merah dilaporkan perlahan naik. Bahkan di beberapa daerah di tanah air, harga bawang merah dikabarkan menembus angka 95...