Home Property SAH ! KPR Rumah Dp Rp 0 Mulai 1 Maret 2021

SAH ! KPR Rumah Dp Rp 0 Mulai 1 Maret 2021

TELENEWS.ID – Angin segar datang ke sektor properti, Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan kebijakan relaksasi rasio loan to value (LTV) atau Financing to Value (FTV), ini khusus diberikan untuk Kredit Pembiayaan Perumahan (KPR) hingga maksimal 100 persen.

Kebijakan ini akan mulai diberlakukan pada 1 Maret 2021. Hal ini membuat pengajuan KPR tidak lagi membutuhkan down payment (DP).

Hal ini dipaparkan Perry Warjiyo, Gubernur BI, mengatakan adanya relaksasi untuk sektor properti, ini diperlukan untuk mendorong pemulihan, apalagi ini merupakan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021.

Dikatakan Ferry setelah menjalani Rapat Dewan Gubernur BI pada Kamis (18/2/2021), memperhatikan sektor properti dimana memiliki backward dan forward linkage yang cukup tinggi terhadap pemulihan perekonomian.

Adanya relaksasi rasio LTV/FTV ini diharapkan memberikan keringanan pada calon pembeli properti, karena bisa membeli properti tanpa adanya uang muka, dalam artian DP 0 persen.

Nantinya seluruh pembiayaan properti yang harusnya dibebankan pada konsumen dengan pemanfaatkan fasilitas kredit kepemilihan rumah (KPR) atau kredit kepemilihan apartemen (KPA), akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak perbankan.

Kebijakan pelonggaran ini juga berlaku untuk pembelian semua jenis properti yang sebelumnya memiliki tanggungan rasio LTV/FTV, ini termasuk rumah susun, rumah toko (ruko), rumah tapak hingga rumah kantor (rukan).

Relaksasi ini mulai berjalan pada 1 Maret 2021 dan akan berakhir pada 31 Desember 2021, nantinya program relaksasi tersebut akan mendapatkan evaluasi dalam setahun sekali.

Perry menambahkan, adanya kebijakan pelonggaran LTV/FTV merupakan langsung BI berkaitan dengan tindak lanjut sinergi kebijakan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK).

Selain itu, ini juga masuk dalam program PEN 2021.

Hal penting yang harus anda ketahui, kebijakan ini memang memberikan kelonggaran LTV/FTV 100 persen, namun ini hanya diberikan pada bank dengan risiko non-performing loan (NPL) atau non-financing loan (NPF) dengan persentase kurang dari 5 persen.

Sementara untuk bank dengan NPL/NPF lebih dari 5 persen, tetap mendapatkan kelonggaran tersebut hanya berkisar 90-95 persen saja.
Namun Perry tetap memberikan rambu-rambu pada bank untuk tetap memegang prisip kehati-hatian dengan mengedepankan manajemen risiko dalam pemberian pembiayaan untuk properti inden.

Kelonggaran yang diberikan BI hanya untuk rumah tapak dan rusun dengan ukuran dimensi 21 hingga 70 meter persegi saja, aturan yang sama untuk rukan.

Baca juga :  Tips Milenial Beli Rumah Sebelum Umur 30, Cash Tanpa Ngutang

Namun jika properti kurang dari tipe 21, maka akan tetap diberikan kelonggaran LTV/FTV 100 persen, ini hanya bisa diberikan oleh bank yang memiliki risiko NPL/NPF lebih dari 5 persen.

Kebijakan ini meliputi pembiayaan semua tipe properti, seperti rumah tapak, ruko, rusun dan rukan, baik yang memiliki wawasan lingkungan maupun tidak.

Ukuran dan Harga Rumah Subsidi Pemerintah 2021

Bagi anda yang tertarik untuk membeli rumah dengan adanya subsidi dari pemerintah, sebaiknya ketahui terlebih dahulu harga rumah subsidi yang sudah diatur pemerintah.

Pasalnya calon konsumen tidak bisa menentukan sendiri, sudah ada penyelenggaraan rumah subsidi dan sudah ditentukan juga skema Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Ini sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat No 535/KPTS/M/2019, tentang Batasan Harga Jual Rumah Sejahtera Tapak yang Diperoleh Melalui Pembiayaan Pemilikan Rumah Bersubsidi.

Terdapat lima wilayah yang menjadi lokasi pengembangan rumah subsidi, ini sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No 242/KPTS/M/2020.

Berikut pembagian pada 5 wilayah pengembangan rumah subsidi :

  1. Pulau Jawa dan Sumatera
Baca juga :  Rumah Incaran Generasi Milenial

Rumah yang mendapatkan subsidi memiliki nilai jual maksimal Rp 150.500.000

Namun terdapat pengecualian di wilayah Jawa, khususnya daerah Jakarta, Depok, Bekasi, Bogor, dan Tangerang.

Sedangkan wilayah Sumatera pengecualian wilayah di Kep. Riau, Kepulauan Mentawai dan Bangka Belitung.

  1. Kalimantan

Rumah yang mendapatkan subsidi memiliki nilai jual maksimal Rp 164.500.000

Namun terdapat pengecualian di Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Mahakam Ulu.

  1. Sulawesi

Rumah yang mendapatkan subsidi memiliki nilai jual maksimal Rp 156.500.000

Namun terdapat pengecualian di Kepulauan Anambas

  1. Maluku, Maluku Utara, Bali dan Nusa Tenggara

Rumah yang mendapatkan subsidi memiliki nilai jual maksimal Rp 168.000.000

  1. Papua dan Papua Barat

Rumah yang mendapatkan subsidi memiliki nilai jual maksimal Rp 219.000.000

Sudah ada 38 bank yang menjadi pelaksanaan penyaluran KPR FLPP di tahun 2021, dimana ada 9 bank nasional dan 29 Bank Pembangunan Daerah.

Pemerintah sendiri menargetkan FLPP tahun ini dapat mencapai 157.000 unit.

Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti program subsidi KPR dari pemerintah, sebaiknya mulai berdiskusi dengan bank bagaimana prosedur pelaksanaannya.

Pasalnya banyak bank nasional yang sudah ditunjuk pemerintah, nantinya tinggal merelaksasi sesuai dengan kebijakan yang sudah ditetapkan. (Chairunisa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Desa Wisata Ini Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022, Yuk Simak Apa Saja Daftarnya

TELENEWS.ID - Banyak solusi ketika Anda ingin mencari destinasi liburan bersama keluarga ataupun teman-teman dengan tema desa wisata. Saat ini trend mengunjungi...

Pemerintah Enggan Rekrut CPNS di Tahun 2022, Ternyata Ini Alasannya

TELENEWS.ID - Banyak informasi mengenai Pemerintah yang tidak akan melakukan perekrutan CPNS di tahun 2022. Kemudian dari aspek penambahan jumlah ASN juga...

Salah Satunya Bikin Awet Muda, 5 Alasan Kamu Harus Pakai Serum Vitamin C Mulai Dari Sekarang!

TELENEWS.ID - Serum menjadi salah satu skincare yang sekarang menjadi salah satu kebutuhan wanita masa kini. Rasanya perawatan wajah tak akan lengkap...

Berkaca Dari Supir Kecelakaan Maut Balikpapan, Ini 5 Tips Agar Tak Bangun Kesiangan

TELENEWS.ID - Berbagai fakta mengejutkan terungkap pasca kecelakaan maut yang terjadi di tanjakan Rapak, Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (21/1/2022) pagi. Salah satunya,...