Home Otomotif Salah Kaprah! Behel Motor Bukan untuk Pegangan Pembonceng

Salah Kaprah! Behel Motor Bukan untuk Pegangan Pembonceng

TELENEWS.ID – Banyak pengendara sepeda motor yang salah menafsirkan kegunaan behel yang ada di bagian belakang. Ternyata ini bukan sebagai tempat pegangan bagi pembonceng melainkan memiliki fungsi lebih penting dan estetika untuk kendaraan roda dua tersebut.

Ternyata penempatan behel yang ada di bagian belakang jok, ini memiliki fungsi untuk mempermudah pengguna kendaraan roda dua ketika memarkirkan kendaraan dengan standar tengah. Bentuk behel yang cukup lebar dan kuat ini, dipastikan memudahkan untuk menarik kendaraan saat akan di standar tengah yang lebih stabil.

Hal ini dibocorkan langsung oleh Wahan Agus Sani, selaku Head of Safety Riding. Ia mengaku bingung saat semua orang terlebih pembonceng masih menggunakan behel sebagai tempat untuk pegangan, fungsinya lebih banyak dari itu.

“Selama ini memang banyak yang salah, terutama untuk pembonceng. Behel selain untuk tumpuan saat mau standar tengah, juga bisa berfungsi sebagai estetika di bagian belakang kendaraan. Bukan itu saja, saat membawa barang banyak juga lebih dimudahkan, ini juga saat memindahkan motor ketika parkir” ujarnya.

Agus bahkan menghimbau bagi para pembonceng untuk tidak berpegangan pada behel saat kendaraan tengah berjalan, ini akan menyebabkan adanya tumpuan di bagian belakang, sehingga bobot kendaraan tidak stabil dan bisa menyebabkan kendaraan jatuh karena oleng.

Posisi yang paling merugikan adalah ketika pengendara akan berbelok atau melakukan manuver, adanya bobot lebih di bagian belakang akan menyebabkan handling motor tidak stabil. Akibatnya bisa pengendaraan akan kehilangan keseimbangan dan bisa menyebabkan kecelakaan. Itulah sebabnya Agus tidak menyarankan pembonceng untuk berpegangan pada behel karena bisa menimbulkan bahaya.

Ini bukan hanya bahaya untuk pengendaraan kendaraan di depan, namun juga pembonceng itu sendiri. Saat terjadi kecelakaan, pembonceng tidak akan pernah siap karena tidak melihat apa yang terjadi depan, saat berpegangan pada behel, ada kemungkinan akan terpental ke belakang jika terjadi kecelakaan dengan dorongan keras.

Baca juga :  Makan Korban Tewas, Sistem Autopilot Mobil Tesla Jadi Sorotan

Agus juga membagikan tips aman untuk berkendara, terlebih untuk pembonceng. Sebaiknya hindari pembonceng dari salah satu sisi saja atau membonceng samping. Hal ini akan membuat motor jadi kurang stabil, karena masing-masing sisi memiliki bobot berbeda.

Biasanya pembonceng samping adalah wanita yang menggunakan rok atau bawahan dengan model ketat dan sulit untuk membonceng secara normal seperti halnya saat menggunakan celana. Cara ini salah, karena sebaiknya baik pengendara dan pembonceng harus mengharap arah yang sama yaitu menghadap depan.

Cara mengendarai motor dengan hanya mengharap satu arah ke depan ini yang paling nyaman, pasalnya saat berkendara harus dalam kondisi motor stabil dan nyaman sehingga pergerakan kendaraan akan berjalan dengan baik.

Bagi pembonceng disarankan untuk berpegangan pada pengendara di bagian depan, caranya seperti memeluk atau membekap, seperti halnya menyatu. Lantas bagaimana kalau tidak ingin terlalu dekat dengan pengendara? Cara berpegangan yang benar adalah cukup mendekatkan lutut ke pinggang pengendara. Cara ini juga cocok untuk konstruksi motor yang tidak menyatu seperti vespa atau motor Harley-Davidson.

Baca juga :  Valentino Rossi Ulur Gas, Semakin di Belakang

Nah masih berpenganan di behel motor? Ini cara yang salah dan sebenarnya merugikan bagi pembonceng, ada baiknya untuk berpegangan saja pada pengendara seperti memegang pakaian atau berpegangan pada pundak. Ini akan membuat pengendara bisa menjalan kendaraan dengan nyaman dan aman pula bagi pemboncengnya. (Chairunisa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...

Pemerintah Hormati Putusan MK Terkait UU Cipta Kerja

TELENEWS.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah menghormati dan segera melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 91/PUU-XVIII/2020 terkait Undang-Undang (UU) Nomor...

Anies Tunjuk Sekjen IMI Sebagai Ketua Pelaksana Formula E, Ada Apa?

TELENEWS.ID - Ajang Formula E yang sedianya akan dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022 nanti tinggal menunggu waktu. Namun, hingga saat ini...