Home Travel Kuliner Sampai Kapan Daging Kurban Aman Disimpan?

Sampai Kapan Daging Kurban Aman Disimpan?

TELENEWS.ID – Idul Adha atau lebaran haji 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Pada hari raya tersebut, biasanya masyarakat mendapatkan daging kambing, domba, sapi atau kerbau dari pihak yang melaksanakan ibadah kurban.

Namun bagi yang menerima, tidak semuanya langsung mengolah dan mengkonsumsi daging kurban tersebut. Lalu yang jadi pertanyaan adalah berapa lama daging kurban aman disimpan?

Dilansir dari salah satu media lokal, dr Raissa Edwina Djuanda yang merupakan Dokter spesialis gizi mengatakan bahwa daging kurban aman disimpan hingga dua sampai tiga bulan.

Namun sebagai catatan penting yaitu daging kurban yang belum diolah, disimpan di freezer atau lemari pembeku di dalam kulkas.

Kemudian dr Raissa Edwina Djuanda menjelaskan bahwa daging kurban yang disimpan di dalam kulkas (bukan freezer) hanya bertahan selama satu atau dua hari kecuali diolah terlebih dulu.

Jika daging kurban yang belum diolah disimpan dengan baik, maka kandungan gizinya sama dengan daging kurban segar. Akan tetapi untuk memastikan hal itu, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan saat menyimpan daging kurban.

Yang pertama, masukkan daging kurban ke wadah tertutup sebelum dimasukkan ke freezer. Hal itu untuk menjaga kesegaran daging dan mencegah penguapan.

Kemudian, pastikan sirkulasi udara dalam kulkas cukup baik dengan tidak menumpuk bahan makanan. Jika tidak, daging kurban yang disimpan akan cepat basi atau busuk.

Sebagai informasi tambahan, dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) AS, freezer harus diatur pada suhu 0° F (-18° C). (Dhe)

Baca juga :  Kicak, Takjil Khas Yogyakarta yang Hanya Hadir Saat Ramadan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Deretan Destinasi Incaran Wisatawan Berkonsep Alam dan Budaya di Papua, Simak Daftarnya

TELENEWS.ID - Berbicara seputar deretan tempat wisata unggulan sekaligus menjadi incaran semua wisatawan lokal sampai mancanegara pastinya memberi penawaran menarik.

Dianggap Berjasa, Layakkah Brigadir Yoshua Diangkat Sebagai Pahlawan?

TELENEWS.ID - Pengacara Brigadir Nopriansyah Yoshua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak meminta Presiden Joko Widodo untuk mengangkat Brigadir Josua sebagai pahlawan pada peringatan HUT...

Sebelum Harga Mie Instan Naik 3 Kali Lipat, Yuk Cobain 5 Tips Makan Mie yang Sehat dan Bergizi

TELENEWS.ID - Harga mie instan dikabarkan akan mengalami kenaikan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut ada kemungkinan bahwa makanan cepat saji favorit...

Terbukti, Gigi Putih Bersih Bikin Kamu Terlihat Awet Muda dan Menarik di Mata Lawan Jenis

TELENEWS.ID - Gigi yang putih dan bersih memang menyenangkan untuk dilihat. Mereka yang memiliki gigi putih, bersih dan rapi menjadi penanda bahwa...