Home Travel Kuliner Sampai Kapan Daging Kurban Aman Disimpan?

Sampai Kapan Daging Kurban Aman Disimpan?

TELENEWS.ID – Idul Adha atau lebaran haji 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Pada hari raya tersebut, biasanya masyarakat mendapatkan daging kambing, domba, sapi atau kerbau dari pihak yang melaksanakan ibadah kurban.

Namun bagi yang menerima, tidak semuanya langsung mengolah dan mengkonsumsi daging kurban tersebut. Lalu yang jadi pertanyaan adalah berapa lama daging kurban aman disimpan?

Dilansir dari salah satu media lokal, dr Raissa Edwina Djuanda yang merupakan Dokter spesialis gizi mengatakan bahwa daging kurban aman disimpan hingga dua sampai tiga bulan.

Namun sebagai catatan penting yaitu daging kurban yang belum diolah, disimpan di freezer atau lemari pembeku di dalam kulkas.

Kemudian dr Raissa Edwina Djuanda menjelaskan bahwa daging kurban yang disimpan di dalam kulkas (bukan freezer) hanya bertahan selama satu atau dua hari kecuali diolah terlebih dulu.

Jika daging kurban yang belum diolah disimpan dengan baik, maka kandungan gizinya sama dengan daging kurban segar. Akan tetapi untuk memastikan hal itu, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan saat menyimpan daging kurban.

Yang pertama, masukkan daging kurban ke wadah tertutup sebelum dimasukkan ke freezer. Hal itu untuk menjaga kesegaran daging dan mencegah penguapan.

Kemudian, pastikan sirkulasi udara dalam kulkas cukup baik dengan tidak menumpuk bahan makanan. Jika tidak, daging kurban yang disimpan akan cepat basi atau busuk.

Sebagai informasi tambahan, dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) AS, freezer harus diatur pada suhu 0° F (-18° C). (Dhe)

Baca juga :  Harga Sembako Kota Bogor Stabil Jelang Bulan Puasa

Most Popular

Dispatch Bongkar Rahasia Kencan Idol Korea

TELENEWS.ID - Bagi kamu pecinta industri hiburan Korea tentu sudah tidak asing dengan media yang cukup fenomenal yakni Dispatch. Layaknya Lambe Turah...

Maeda Tadashi, Samurai Jepang yang Membantu Kemerdekaan Indonesia

TELENEWS.ID - Kemerdekaan Republik Indonesia tidak lepas dari peran penting beberapa tokoh tanah air yang ingin bebas dari belenggu penjajah. Namun, jangan...

Pemprov DKI Menghentikan Pembiayaan Ajang Formula E

TELENEWS.ID - Penyelenggaraan Formula E yang sedianya dilaksanakan tahun ini harus tertunda akibat adanya pandemi Covid-19. Tidak kunjung mendapatkan kejelasan, pihak DKI...

Pengadaan Rapid Test, Pemprov DKI Melakukan Pemborosan 1,19 Miliar

TELENEWS.ID - BPK merilis Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) mengenai laporan keuangan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hasilnya, dalam laporan tersebut Pemprov DKI Jakarta...