Home Travel Kuliner Sampai Kapan Daging Kurban Aman Disimpan?

Sampai Kapan Daging Kurban Aman Disimpan?

TELENEWS.ID – Idul Adha atau lebaran haji 1442 Hijriah jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Pada hari raya tersebut, biasanya masyarakat mendapatkan daging kambing, domba, sapi atau kerbau dari pihak yang melaksanakan ibadah kurban.

Namun bagi yang menerima, tidak semuanya langsung mengolah dan mengkonsumsi daging kurban tersebut. Lalu yang jadi pertanyaan adalah berapa lama daging kurban aman disimpan?

Dilansir dari salah satu media lokal, dr Raissa Edwina Djuanda yang merupakan Dokter spesialis gizi mengatakan bahwa daging kurban aman disimpan hingga dua sampai tiga bulan.

Namun sebagai catatan penting yaitu daging kurban yang belum diolah, disimpan di freezer atau lemari pembeku di dalam kulkas.

Kemudian dr Raissa Edwina Djuanda menjelaskan bahwa daging kurban yang disimpan di dalam kulkas (bukan freezer) hanya bertahan selama satu atau dua hari kecuali diolah terlebih dulu.

Jika daging kurban yang belum diolah disimpan dengan baik, maka kandungan gizinya sama dengan daging kurban segar. Akan tetapi untuk memastikan hal itu, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan saat menyimpan daging kurban.

Yang pertama, masukkan daging kurban ke wadah tertutup sebelum dimasukkan ke freezer. Hal itu untuk menjaga kesegaran daging dan mencegah penguapan.

Kemudian, pastikan sirkulasi udara dalam kulkas cukup baik dengan tidak menumpuk bahan makanan. Jika tidak, daging kurban yang disimpan akan cepat basi atau busuk.

Sebagai informasi tambahan, dilansir dari Food and Drug Administration (FDA) AS, freezer harus diatur pada suhu 0° F (-18° C). (Dhe)

Baca juga :  Membanggakan! Produk Jahe Merah dan Kopi UMKM Jabar Diminati Mancanegara
Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Entrasol Dukung Pencanangan Gerakan Nasional Melawan Osteoporosis

TELENEWS.ID - Memperingati Hari Osteoporosis Nasional (HON) yang jatuh pada 20 Oktober 2021, KALBE Nutritionals melalui Entrasol, nutrisi tinggi kalsium dengan ekstrak buah zaitun yang dapat membantu...

Ketahui Penyebab Sering Bermimpi Buruk dan Cara Efektif untuk Mengatasinya

Telenews.id- Mimpi buruk bisa dialami oleh siapa saja, dari berbagai usia. Ini adalah hal yang wajar, dan sejatinya tak perlu membuat seseorang...

Berapa Kali Baiknya Buang Air Besar dalam Sehari? Dokter Ini Punya Jawabannya Plus Tips agar Bisa BAB Rutin

Telenews.id- BAB atau buang air besar secara rutin dianggap sebagai tanda pencernaan dan perut yang sehat. Mereka yang buang air besar secara...

Inilah 5 Zodiak Paling Jujur dan Apa Adanya Menurut Astrologi, Coba Cek Kamukah Salah Satunya?

Telenews.id- Sikap jujur, blak-blakan dan apa adanya ternyata tak dimiliki oleh semua orang. Namun biasanya orang yang jujur cenderung punya sifat blak-blakan....