Home Internasional Sampel Tanah Bulan Dipamerkan di Hong Kong

Sampel Tanah Bulan Dipamerkan di Hong Kong

TELENEWS.ID – Tabir misterius tentang tanah Bulan akhirnya tersingkap dalam sebuah pameran di Hong Kong hari Sabtu (26-06-2021). Carrie Lam yang menjabat sebagai Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong menuturkan dalam pembukaan acara pameran tersebut bahwa ini adalah pertama kalinya tanah Bulan diperlihatkan di Hong Kong.

Pameran yang menampilkan tanah Bulan ini adalah bagian dari jumlah keseluruhan 1.731 gram sampel yang diperoleh dari permukaan Bulan yang diinisiasi oleh Change’e-5, sebuah wahana penjelajah asal China, pada Desember tahun 2020 lalu. Ini adalah sampel tanah Bulan pertama yang berhasil dibawa ke Bumi sejak 40 tahun yang lalu.

Ilmuwan Hong Kong menjadi aktor-aktor dibalik berhasil diperolehnya tanah Bulan. Seorang professor di PolyU bernama Yang Kai-Leung memimpin tim peneliti ini yang mengembangkan instrument untuk mendapatkan sampel bagi Chang’e-5. Yung pun hadir dalam acara pameran tersebut.

Dirinya menuturkan bahwa mereka tidak bisa pergi ke Beijing karena kondisi pandemi. Yung pun mengakui melihat tanah Bulan untuk pertama kalinya.

Terdapat serpihan halus yang muncul dari regolit yang bisa dilihat di permukaan Bulan. Menurut peneliti, tanah Bulan tersebut tidak terdapat komponen organic dan bersifat sangat kering.

Liu Wai-Chung selaku peneliti geomatika dari Universitas Politeknik Hong Kong (PolyU) mengambil tiga foto tanah Bulan dengan ukuran sebesar koin dan disimpan didalam sebuah wadah Kristal berputar.

Liu menuturkan bahwa tanah yang diperoleh dari lokasi sejauh 380.000 kilometer di luar angkasa adalah sebuah pengalaman yang sangat luar biasa.

Liu sebagai seorang peneliti tentu saja memiliki rasa penasaran yang sangat besar dan diliputi pertanyaan di dalam pikirannya.

Sejumlah ilmuwan dan pejabat turut hadir untuk menikmati acara pembukaan pameran yang digelar di Hong Kong Convention and Exhibition Center. Pada pameran tersebut juga memperlihatkan beberapa jenis wahana penjelajah Bulan dan benda lainnya yang memperlihatkan cerita inspiratif para ilmuwan China dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Baca juga :  Anti-Islam Merebak di Kanada, 4 Anggota Keluarga Muslim Tewas Dibunuh

Pemeran yang yang telah dibuka sejak Minggu (27-06-2021) akan berlangsung selama 13 hari. Antusiasme terasa cukup besar dari kalangan remaja di Hong Kong untuk menyaksikan fenomena ini.

Kepala Sekolah Fukien Secondary School Affiliated School, Eva Charisa Hsu, sangat terkagum-kagum setelah menyaksikan tanah Bulan. Eva pun kembali teringat ketia dirinya dan murid-murid melihat acara peluncuran pesawat luar angkasa Shenzhou-12 dari layar kaca. Eva pun berharap bisa membawa lebih banyak muridnya untuk menyaksikan tanah Bulan. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

New York Rasa Lokal Ada di Broadway Alam Sutera

TELENEWS.ID- Bicara rencana liburan untuk akhir pekan, sepertinya seru untuk dibahas. Bukan tanpa sebab, saat ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) telah...

Berniat Menghibur, Tapi 5 Hal Ini Tak Boleh Dilakukan pada Wanita yang Suaminya Meninggal Dunia

TELENEWS.ID - Betapa hancur hati Nadzira Shafa istri dari almarhum Ameer Azzikra, adik selebgram Alvin Faiz yang tak lain juga putra kedua...

Permohonan Gubernur Anies Baswedan untuk bertemu dengan Bapak Presiden Ir. Joko Widodo

TELENEWS.ID - Saya, Prof. Otto Cornelis Kaligis, Warga Binaan Lapas kelas satu Sukamiskin Bandung, dalam kedudukan saya sebagai praktisi dan ahli hukum,...

Inikah 5 Alasan Nekat Pria Berselingkuh Meski Sudah Punya Pasangan Sempurna?

TELENEWS.ID - Beberapa waktu lalu jagat media sosial dikejutkan dengan kabar YouTuber dan influencer Nessie Judge yang mengakhiri hubungan dengan kekasihnya, Bram...