Home Internasional Sampel Tanah Bulan Dipamerkan di Hong Kong

Sampel Tanah Bulan Dipamerkan di Hong Kong

TELENEWS.ID – Tabir misterius tentang tanah Bulan akhirnya tersingkap dalam sebuah pameran di Hong Kong hari Sabtu (26-06-2021). Carrie Lam yang menjabat sebagai Kepala Eksekutif Daerah Administratif Khusus (SAR) Hong Kong menuturkan dalam pembukaan acara pameran tersebut bahwa ini adalah pertama kalinya tanah Bulan diperlihatkan di Hong Kong.

Pameran yang menampilkan tanah Bulan ini adalah bagian dari jumlah keseluruhan 1.731 gram sampel yang diperoleh dari permukaan Bulan yang diinisiasi oleh Change’e-5, sebuah wahana penjelajah asal China, pada Desember tahun 2020 lalu. Ini adalah sampel tanah Bulan pertama yang berhasil dibawa ke Bumi sejak 40 tahun yang lalu.

Ilmuwan Hong Kong menjadi aktor-aktor dibalik berhasil diperolehnya tanah Bulan. Seorang professor di PolyU bernama Yang Kai-Leung memimpin tim peneliti ini yang mengembangkan instrument untuk mendapatkan sampel bagi Chang’e-5. Yung pun hadir dalam acara pameran tersebut.

Dirinya menuturkan bahwa mereka tidak bisa pergi ke Beijing karena kondisi pandemi. Yung pun mengakui melihat tanah Bulan untuk pertama kalinya.

Terdapat serpihan halus yang muncul dari regolit yang bisa dilihat di permukaan Bulan. Menurut peneliti, tanah Bulan tersebut tidak terdapat komponen organic dan bersifat sangat kering.

Liu Wai-Chung selaku peneliti geomatika dari Universitas Politeknik Hong Kong (PolyU) mengambil tiga foto tanah Bulan dengan ukuran sebesar koin dan disimpan didalam sebuah wadah Kristal berputar.

Liu menuturkan bahwa tanah yang diperoleh dari lokasi sejauh 380.000 kilometer di luar angkasa adalah sebuah pengalaman yang sangat luar biasa.

Liu sebagai seorang peneliti tentu saja memiliki rasa penasaran yang sangat besar dan diliputi pertanyaan di dalam pikirannya.

Sejumlah ilmuwan dan pejabat turut hadir untuk menikmati acara pembukaan pameran yang digelar di Hong Kong Convention and Exhibition Center. Pada pameran tersebut juga memperlihatkan beberapa jenis wahana penjelajah Bulan dan benda lainnya yang memperlihatkan cerita inspiratif para ilmuwan China dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Baca juga :  Wacana 2025: Pemerintah Singapura Larang Penjualan Kendaraan Baru Bermesin Diesel

Pemeran yang yang telah dibuka sejak Minggu (27-06-2021) akan berlangsung selama 13 hari. Antusiasme terasa cukup besar dari kalangan remaja di Hong Kong untuk menyaksikan fenomena ini.

Kepala Sekolah Fukien Secondary School Affiliated School, Eva Charisa Hsu, sangat terkagum-kagum setelah menyaksikan tanah Bulan. Eva pun kembali teringat ketia dirinya dan murid-murid melihat acara peluncuran pesawat luar angkasa Shenzhou-12 dari layar kaca. Eva pun berharap bisa membawa lebih banyak muridnya untuk menyaksikan tanah Bulan. (Neidi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yoyic Dairy Indonesia

Most Popular

Startup Indonesia Lakukan PHK Besar, Ada Apa?

TELENEWS.ID – Beberapa hari lalu, perusahaan startup Indonesia seperti LinkAja, Zenius, SiCepat, dan JD.ID melakukan pemutusan hubungan kerja kepada sejumlah karyawannya. Hal...

Elon Musk Batal Bangun Pabrik Tesla di India, Peluang Indonesia Semakin Besar

TELENEWS.ID – Dikutip dari India Times dan ABP Live, Elon Musk memutuskan untuk tidak berinvestasi di India dalam membangun pabrik mobil Tesla...

Ibukota Akan Pindah, Bagaimana Pertahanan Udaranya?

TELENEWS.ID - Pemindahan Ibukota negara ke Penajam, Paser Utara, Kalimantan Timur harus dibarengi dengan pertahanan udara yang maksimal. Karena, posisi Ibukota tersebut...

Pemprov DKI Mengandalkan SPAM untuk Mengatasi Akses Air Bersih

TELENEWS.ID - Untuk mengatasi masalah banjir dan juga menanggulangi masalah air bersih di DKI Jakarta, Pemprov DKI Jakarta mendapatkan kucuran dana dari...